Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan grafik berikut. Grafik tersebut menunjukkan hubungan antara nomor atom dengan energi ionisasi. Bagian grafik yang menunjukkan perubahan energi ionisasi unsur-unsur periode ketiga adalah ....

Perhatikan grafik berikut.

Grafik tersebut menunjukkan hubungan antara nomor atom dengan energi ionisasi. Bagian grafik yang menunjukkan perubahan energi ionisasi unsur-unsur periode ketiga adalah ....space 

  1. dari K ke Lspace 

  2. dari L ke Mspace 

  3. dari M ke Nspace 

  4. dari N ke Ospace 

  5. dari O ke Pspace 

Iklan

S. Utari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Energi ionisasi adalah besarnya energi yang diperlukan untuk melepas satu elektron dari suatu atom netral dalam wujud gas sehingga terbentuk ion berwujud gas dengan muatan +1. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, jari-jari atom bertambah besar sehingga gaya tarik inti terhadap elektron terluar semakin lemah. Oleh karena itu, energi ionisasi berkurang. Dalam satu periode, sebagaimana telah dijelaskan ketika membahas jari-jari atom, gaya tarik inti bertambah. Oleh karena itu, energi ionisasi juga bertambah. Dalam energi ionisasi unsur periode ketiga terdapat penyimpangan, hal ini disebabkan adanya pengaruh kestabilan konfigurasi elektron terhadap energi ionisasi, apabila konfigurasi elektron semakin stabil, maka energi ionisasi bertambah, sehingga unsur sulit melepas elektron. Berdasarkan penjelasan diatas, bagian grafik yang menunjukkan perubahan energi ionisasi unsur-unsur periode ketiga adalah dari M ke N . Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Energi ionisasi adalah besarnya energi yang diperlukan untuk melepas satu elektron dari suatu atom netral dalam wujud gas sehingga terbentuk ion berwujud gas dengan muatan +1.

  • Dalam satu golongan dari atas ke bawah, jari-jari atom bertambah besar sehingga gaya tarik inti terhadap elektron terluar semakin lemah. Oleh karena itu, energi ionisasi berkurang.
  • Dalam satu periode, sebagaimana telah dijelaskan ketika membahas jari-jari atom, gaya tarik inti bertambah. Oleh karena itu, energi ionisasi juga bertambah.

Dalam energi ionisasi unsur periode ketiga terdapat penyimpangan, hal ini disebabkan adanya pengaruh kestabilan konfigurasi elektron terhadap energi ionisasi, apabila konfigurasi elektron semakin stabil, maka energi ionisasi bertambah, sehingga unsur sulit melepas elektron.

Berdasarkan penjelasan diatas, bagian grafik yang menunjukkan perubahan energi ionisasi unsur-unsur periode ketiga adalah dari M ke N.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

aku siapa aja deh

Pembahasan lengkap banget

Febriansyah silaen

Ya karena agak lambat Mohon di percepat Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut : Jari-jari atom 4 ​ Be > 3 ​ Li Energi ionisasi 8 ​ O > 7 ​ N Afinitas elektron 5 ​ B > 6 ​ C Keelektronegatifan 8 ​ O > 9 ​ F Energi ionis...

12

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia