Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar di bawah ini. Pada segitiga ABC, BM tegak lurus dengan AC, CN tegak lurus dengan AB. Panjang BM = CN. Tunjukan bahwa △ BCM ≅ △ CBN .

Perhatikan gambar di bawah ini.

Pada segitiga ABC, BM tegak lurus dengan AC, CN tegak lurus dengan AB. Panjang BM = CN. Tunjukan bahwa .

Iklan

D. Enty

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Diketahui : , dan BM = CN Ditanyakan: Untuk membuktikan bahwa dua segitiga kongruen, kita cukup menunjukkan kedua segitiga memenuhi salah satu dari 3 kaidah berikut: a. sisi-sisi-sisi b. sudut-sisi-sudut c. sisi-sudut-sisi Perhatikan bahwa dan adalah segitiga siku-siku yang memiliki sisi miring berimpit yaitu BC dan BM = CN, maka: Artinya, sisi-sisi bersesuaian dari kedua segitiga memiliki panjang yang sama, sehingga memenuhi kaidah kekongruenan sisi-sisi-sisi. Jadi, . Cara lain untuk membuktikan adalah dengan membuktikan ada dua sisi yang sama panjang dan satu sudut apit dari dau sisi yang sama panjang itu sama besar. Jika kita perhatikan gambar diatas bahwa: 1. BM = CN 2. 3. BC = CB (berimpit) Berdasarkan kaidah dua segitiga saling kongruen itu sisi - sudut - sisi maka dapat disimpulkan bahwa .

Diketahui : begin mathsize 14px style BM perpendicular AC end stylebegin mathsize 14px style CN perpendicular AB end style  dan BM = CN

Ditanyakan:

Untuk membuktikan bahwa dua segitiga kongruen, kita cukup menunjukkan kedua segitiga memenuhi salah satu dari 3 kaidah berikut:

a. sisi-sisi-sisi
b. sudut-sisi-sudut
c. sisi-sudut-sisi

Perhatikan bahwa begin mathsize 14px style triangle BCM end style dan begin mathsize 14px style increment CBN end style adalah segitiga siku-siku yang memiliki sisi miring berimpit yaitu BC dan BM = CN, maka:

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell CM squared end cell equals cell BC squared – BM squared end cell row blank blank blank row cell BN squared end cell equals cell BC squared – CN squared end cell row blank blank blank row blank rightwards double arrow cell space CM squared equals BN squared space end cell row cell space CM end cell equals BN end table end style


Artinya, sisi-sisi bersesuaian dari kedua segitiga memiliki panjang yang sama, sehingga memenuhi kaidah kekongruenan sisi-sisi-sisi.
Jadi, begin mathsize 14px style increment BCM approximately equal to increment CBN end style

 

Cara lain untuk membuktikan begin mathsize 14px style increment BCM approximately equal to increment CBN end style adalah dengan membuktikan ada dua sisi yang sama panjang dan satu sudut apit dari dau sisi yang sama panjang itu sama besar. Jika kita perhatikan gambar diatas bahwa: 

1. BM = CN

2. angle B N C equals angle C M B equals 90 degree

3. BC = CB (berimpit)

Berdasarkan kaidah dua segitiga saling kongruen itu sisi - sudut - sisi maka dapat disimpulkan bahwa begin mathsize 14px style increment BCM approximately equal to increment CBN end style.

Latihan Bab

Konsep Kilat

Kekongruenan

Segitiga Kongruen

Kesebangunan

434

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : (i) Ketiga sisi yang bersesuaian sama panjang. (ii) Ketiga sudut yang bersesuaian sama besar. (iii) Dua sisi yang bersesuaian sama panjang dan satu ...

2rb+

4.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia