Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut! Letak muatan ketiga agar muatan ketiga tersebut mengalami gaya Coulomb adalah.... ( k = 9.1 0 9 N . m 2 . C − 2 dan μ C = 1 0 − 6 C )

Perhatikan gambar berikut!

Letak muatan ketiga agar muatan ketiga tersebut mengalami gaya Coulomb adalah....

  1. 2,4 dari muatan A

  2. 2,4 dari muatan B

  3. 4,8 dari muatan A

  4. 4,8 dari muatan B

  5. 5,0 dari muatan B

Iklan

A. Qohar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

muatan ketiga berada pada jarak 3,2 cm di kiri muatan kedua (B). Atau berada pada jarak 4,8 cm di kanan muatan pertama (A).

muatan ketiga berada pada jarak 3,2 cm di kiri muatan kedua (B). Atau berada pada jarak 4,8 cm di kanan muatan pertama (A).

Iklan

Pembahasan

Gambar letak muatannya adalah : Supaya muatan ketiga tidak mengalami gaya coulomb, maka besarnya gaya coulomb muatan ketiga terhadap muatan pertama besarnya harus sama dengan gaya coulomb muatan ketiga terhadap muatan kedua. Sehingga : karena muatan pertama dan muatan kedua sejenis (sama-sama muatan positif) maka muatan ketiga harus terletak di antara muatan pertama dan muatan kedua. Apabila muatan pertama dan muatan kedua beda jenis, maka muatan ketiga posisinya harus di kiri muatan pertama atau di kanan muatan ketiga. Cara mudahnya yaitu muatan ketiga posisinya akan jauh lebih dekat dengan muatan yang lebih kecil. Untuk soal ini pun, maka muatan ketiga lebih dekat ke muatan kedua. Maka: Jadi, muatan ketiga berada pada jarak 3,2 cm di kiri muatan kedua (B). Atau berada pada jarak 4,8 cm di kanan muatan pertama (A).

Gambar letak muatannya adalah :

Supaya muatan ketiga tidak mengalami gaya coulomb, maka besarnya gaya coulomb muatan ketiga terhadap muatan pertama besarnya harus sama dengan gaya coulomb muatan ketiga terhadap muatan kedua. Sehingga :

straight F subscript 31 equals straight F subscript 32  straight k fraction numerator straight q subscript 3 straight q subscript 1 over denominator straight r subscript 31 superscript 2 end fraction equals straight k fraction numerator straight q subscript 3 straight q subscript 2 over denominator straight r subscript 32 superscript 2 end fraction

karena muatan pertama dan muatan kedua sejenis (sama-sama muatan positif) maka muatan ketiga harus terletak di antara muatan pertama dan muatan kedua. Apabila muatan pertama dan muatan kedua beda jenis, maka muatan ketiga posisinya harus di kiri muatan pertama atau di kanan muatan ketiga. Cara mudahnya yaitu muatan ketiga posisinya akan jauh lebih dekat dengan muatan yang lebih kecil. Untuk soal ini pun, maka muatan ketiga lebih dekat ke muatan kedua.

Error converting from MathML to accessible text.

 

Maka:

Error converting from MathML to accessible text.

Jadi, muatan ketiga berada pada jarak 3,2 cm di kiri muatan kedua (B). Atau berada pada jarak 4,8 cm di kanan muatan pertama (A).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

106

pradetyara felira

Bantu banget Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut! Jika F 12 ​ adalah gaya yang bekerja pada muatan q 1 ​ karena pengaruh q 2 ​ dan F 13 ​ adalah gaya yang bekerja pada karena pengaruh q 3 ​ , besar resultan gaya yang ...

4

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia