Roboguru

Perhatikan gambar bangun kubus di bawah ini! Garis-garis yang berimpit adalah...

Pertanyaan

Perhatikan gambar bangun kubus di bawah ini!

Garis-garis yang berimpit adalah...

Pembahasan Soal:

Ingat bahwa dua garis dikatakan saling berimpit apabila garis tersebut terletak pada satu garis lurus, sehingga hanya terlihat sebagai satu garis lurus saja. Jadi, pada kubus ABCD. EFGH tidak terdapat garis-garis berimpit.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Putri

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan kubus ABCD.EFGH di bawah ini! Pada gambar di atas, titik P, Q, dan R adalah titik tengah garis AB, AC, dan AH. Diberikan tiga pasangan garis berikut : (i)   AP dan PD (ii)  AQ dan QC ...

Pembahasan Soal:

Ingat bahwa dua garis dikatakan berpotongan jika dua buah garis tersebut mempunyai tak hingga titik persekutuan.

Perhatikan letak titik P, Q, dan R pada kubus ABCD.EFGH sebagai berikut :

 

Garis AP dan garis PD

Perhatikan bahwa garis AP dan garis PD hanya memiliki satu titik persekutuan, yaitu titik P. Sehingga garis AP dan PD adalah dua garis yang berpotongan.

 

Garis AQ dan garis QC

Perhatikan bahwa pada awalnya, ruas garis AQ dan ruas garis QC berpotongan di satu titik persekutuan, yaitu titik Q. Namun, setelah ruas garis diperpanjang, didapat garis AQ dan garis QC yang memiliki tak hingga titik persekutuan. Sehingga garis AQ dan QC adalah dua garis yang berhimpit.

 

Garis DR dan garis RE

Perhatikan bahwa pada awalnya, ruas garis DR dan ruas garis RE berpotongan di satu titik persekutuan, yaitu titik E. Namun, setelah ruas garis diperpanjang, didapat garis DR dan garis RE yang membentuk garis DE. Hal ini berlaku karena titik R adalah titik tengah diagonal AH yang juga merupakan titik tengah diagonal DE.

Sehingga garis DR dan garis RE memiliki tak hingga titik persekutuan. Maka, garis DR dan RE adalah dua garis yang berhimpit.

 

Sehingga pasangan garis yang berimpitan ditunjukkan oleh nomor (ii) dan (iii)

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Berdasarkan gambar di bawah ini, dapar dinyatakan bahwa: (i) sejajar dengan (ii) bersilangan dengan (iii) berimpit dengan (iv) berpotongan dengan Pernyataan-pernyataan di atas yang benar ad...

Pembahasan Soal:

Pada balok ABCD.EFGH,

(i) begin mathsize 14px style top enclose A B end enclose end style sejajar dengan top enclose size 14px E size 14px F end enclose (benar)

(ii) top enclose size 14px B size 14px C end enclose bersilangan dengan top enclose size 14px G size 14px C end enclose (salah, harusnya berpotongan tegak lurus)

(iii) top enclose size 14px A size 14px D end enclose berimpit dengan top enclose size 14px B size 14px C end enclose (salah, harusnya sejajar)

(iv) top enclose size 14px E size 14px F end enclose berpotongan dengan begin mathsize 14px style top enclose G F end enclose end style(benar)

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

 

0

Roboguru

Perhatikan kubus ABCD.EFGH berikut!  d.  Sebutkan pasangan garis yang saling Sejajar Berpotongan Berhimpit Bersilangan

Pembahasan Soal:

Dengan menggunakan konsep kedudukan dua garis. Maka pasangan garis yang 

  • Sejajar : AB dan CD, BC dan FG, AC dan EG, dst.
  • Berpotongan : AB dan BC, FB dan BC, BG dan HG, dst.
  • Berhimpit: GK dan GC, GC dan KC
  • Bersilangan : AC dan HF, AE dan HG, HD dan BC, dstundefined

1

Roboguru

Perhatikan kubus ABCD.EFGH di bawah ini! Pada gambar di atas, titik P, Q, dan R adalah titik tengah garis AB, BG, dan BH. Diberikan tiga pasangan garis berikut : (i)   BQ dan GQ (ii)  AP dan BP ...

Pembahasan Soal:

Ingat bahwa dua garis dikatakan berpotongan jika dua buah garis tersebut mempunyai tak hingga titik persekutuan.

Perhatikan letak titik P, Q, dan R pada kubus ABCD.EFGH sebagai berikut :

 

Garis BQ dan garis GQ

Perhatikan bahwa pada awalnya, ruas garis BQ dan ruas garis GQ terlihat hanya memiliki satu titik persekutuan, yaitu titik Q. Namun, setelah kedua ruas garis diperpanjang, didapat ruas garis BQ dan ruas garis GQ yang memiliki tak hingga titik persekutuan. Sehingga ruas garis BQ dan ruas GQ adalah dua garis yang berhimpit.

 

Garis AP dan garis BP

Perhatikan bahwa pada awalnya, ruas garis AP dan ruas garis BP terlihat hanya memiliki satu titik persekutuan, yaitu titik P. Namun, setelah kedua ruas garis diperpanjang, didapat garis AP dan garis BP yang memiliki tak hingga titik persekutuan. Sehingga garis AP dan BP adalah dua garis yang berhimpit.

 

Garis BH dan garis BR

Perhatikan bahwa ruas garis BR meruapakan bagian dari garis BH, sehingga garis BH dan BR memiliki tak hingga titik persekutuan. Maka garis BH dan garis BR adalah dua garis yang berimpit. Sehingga pasangan garis yang berimpitan ditunjukkan oleh nomori (i), (ii) dan (iii).

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut. Sebuah kubus diletakkan di atas balok seperti tampak pada gambar. Jika rusuk-rusuk pada bangun tersebut dianggap sebagai garis, tentukan: garis yang berimpit dengan !

Pembahasan Soal:

Garis berimpit adalah kedudukan garis yang saling menutupi antara satu dengan lainnya, sehingga garis berimpit tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Garis berimpit dapat terjadi karena posisi garis yang sama, namun 2 garis berimpit belum tentu mempunyai panjang yang sama.

Bila dilihat di gambar, A B C D. E F G H diletakkan di atas balok P Q R S. T B C U sehingga ada garis yang berimpit, garis yang berimpit dengan T B adalah garis A B dan TA. Meskipun T B lebih panjang dari A Bdan TA atau panjangnya tidak sama, namun tetap di sebut sebagai garis berimpit karena saling menutupi antara satu dengan lainnya.

Jadi, garis yang berimpit dengan T B adalah garis A B dan garis TA.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved