Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar bangun kubus di bawah ini! Garis-garis yang berimpit adalah...

Perhatikan gambar bangun kubus di bawah ini!

Garis-garis yang berimpit adalah...

Iklan

M. Syifa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

garis berimpit pada kubus ABCD.EFGH adalah BP dan BG, CP dan CF, ER dan EG, FR dan FH.

garis berimpit pada kubus ABCD.EFGH adalah BP dan BG, CP dan CF, ER dan EG, FR dan FH.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Ingat bahwa dua garis dikatakan saling berimpit apabila garis tersebut terletak pada bidang yang sama dan memiliki banyak titik persekutuan. coba perhatikan untuk garis diagonal sisi pada kubus tersebut. Ketika perpotongan dari diagonal sisi diberi nama masing-masing yaitu P dan R, maka kita memiliki garis garis yang berimpit pada kubus tersebut. Garis BP dan BG merupakan garis yang saling berimpit karenaerletak pada bidang yang sama yaitu bidang BCGF dan memiliki banyak titik persekutuan. Garis CP dan CFmerupakan garis yang saling berimpit karenaerletak pada bidang yang sama yaitu bidang BCGF dan memiliki banyak titik persekutuan. Garis ERdan EGmerupakan garis yang saling berimpit karenaerletak pada bidang yang sama yaitu bidang EFGH dan memiliki banyak titik persekutuan. Garis FRdan FHmerupakan garis yang saling berimpit karenaerletak pada bidang yang sama yaitu bidang EFGH dan memiliki banyak titik persekutuan. Jadi, garis berimpit pada kubus ABCD.EFGH adalah BP dan BG, CP dan CF, ER dan EG, FR dan FH.

Ingat bahwa dua garis dikatakan saling berimpit apabila garis tersebut terletak pada bidang yang sama dan memiliki banyak titik persekutuan.

coba perhatikan untuk garis diagonal sisi pada kubus tersebut. Ketika perpotongan dari diagonal sisi diberi nama masing-masing yaitu P dan R, maka kita memiliki garis garis yang berimpit pada kubus tersebut.

  1. Garis BP dan BG merupakan garis yang saling berimpit karena erletak pada bidang yang sama yaitu bidang BCGF dan memiliki banyak titik persekutuan.
  2. Garis CP dan CF merupakan garis yang saling berimpit karena erletak pada bidang yang sama yaitu bidang BCGF dan memiliki banyak titik persekutuan.
  3. Garis ER dan EG merupakan garis yang saling berimpit karena erletak pada bidang yang sama yaitu bidang EFGH dan memiliki banyak titik persekutuan.
  4. Garis FR dan FH merupakan garis yang saling berimpit karena erletak pada bidang yang sama yaitu bidang EFGH dan memiliki banyak titik persekutuan.

Jadi, garis berimpit pada kubus ABCD.EFGH adalah BP dan BG, CP dan CF, ER dan EG, FR dan FH.

Prasyarat: Bidang Ruang

Bidang Ruang

Titik, Garis, dan Bidang

Proyeksi

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

382

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut. Sebuah kubus A BC D . EFG H diletakkan di atas balok PQRS . TBC U seperti tampak pada gambar.Jika rusuk-rusuk pada bangun tersebut dianggap sebagai garis, tentukan: g...

218

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia