Roboguru

Perhatikan data 3 zat terlarut berikut : Zat A: mudah larut dan berupa zat non elektrolit Zat B: mudah larut dan berupa zat elektrolit lemah Zat C: mudah larut dan terionisasi sempurna Jika ketiga zat tersebut di larutkan kedalam air dengan konsentrasi yang sama, bandingkan : c. titik bekunya dan jelaskan kenapa demikian?

Pertanyaan

Perhatikan data 3 zat terlarut berikut :
Zat A: mudah larut dan berupa zat non elektrolit
Zat B: mudah larut dan berupa zat elektrolit lemah
Zat C: mudah larut dan terionisasi sempurna


Jika ketiga zat tersebut di larutkan kedalam air dengan konsentrasi yang sama, bandingkan :

c. titik bekunya dan jelaskan kenapa demikian?
 

Pembahasan:

Percobaan-percobaan menunjukkan bahwa kenaikan titik didih maupun penurunan titik beku tidak tergantung pada jenis zat terlarut, tetapi hanya pada banyaknya partikel zat terlarut dalam larutan. Larutan elektrolit dapat menghasilkan ion-ion sehingga partikel zat terlarutnya lebih banyak dibandingkan larutan nonelektrolit. Hal ini mengakibatkan penurunan titik beku larutan elektrolit lebih besar daripada penurunan titik beku larutan nonelektrolit. Besarnya penurunan titik beku larutan elektrolit memperhatikan nilai faktor van't Hoff (i), dimana: n merupakan jumlah ion yang teterdapat pada larutan tersebut dan alpha adalah derajat disosiasi, yaitu perbandingan mol zat terurai dibanding mol mula-mula.
 

i equals left parenthesis n minus sign 1 right parenthesis alpha plus 1
 

Zat A merupakan nonelektrolit maka penurunan titik bekunya lebih kecil daripada zat B. Zat B merupakan elektrolit lemah yang terionisasi sebagian yang memiliki nilai derajat ionisasi kurang dari 1 left parenthesis 0 less than alpha less than 1 right parenthesis, sehingga penurunan titik bekunya lebih kecil daripada zat C yang terionisasi sempurna, karena zat yang terionisasi sempurna memiliki nilai derajat ionisasi = 1 left parenthesis alpha equals 1 right parenthesis. Karena penurunan titik beku zat C adalah yang paling tinggi dan penurunan titik beku zat A yang paling rendah, maka titik beku zat C < titik beku zat B < titik beku zat A.

Jadi, urutan titik beku larutan adalah zat C > zat B > zat A.space

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 08 November 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Tiga gram zat nonelektrolit dalam 250 gram air mempunyai penurunan titik beku setengah dari penurunan titik beku 5,85 gram garam dapur (Mr​ = 58,5) dalam 500 gram air. Maka massa molekul relatif dari ...

0

Roboguru

Tentukan rumus molekul dari 8 gram suatu zat nonelektrolit yang rumus empirisnya CH2​O jika dilarutkan dalam 250 gram air dan memiliki titik beku larutan -0,331 ! (Kf​ air = 1,86).

0

Roboguru

Berapa massa mentol (C10​H19​OH) yang harus dilarutkan dalam 100 gram sikloheksana (Kf​ sikloheksana = 20,1) agar membeku pada -1,95 . (Ar​H=1,C=12,O=16)

1

Roboguru

Kita harus rajin merawat kendaraan bermotor kepunyaan kita. Glikol (Mr​ = 62) digunakan sebagai antibeku dalam air pendingin radiator kendaraan bermotor daerah beriklim dingin. Supaya cairan pendingin...

0

Roboguru

Kepekatan glukosa dalam air pada suhu 0  adalah 7,5 molal. Jika tetapan penurunan titik beku molal air = 1,86, maka berapa penurunan titik beku larutan glukosa?

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved