Roboguru

Perhatikan daftar benda berikut! Benda yang melayang di dalam air adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan daftar benda berikut!

Benda yang melayang di dalam air adalah ...space 

  1. Pspace 

  2. Qspace 

  3. Rspace 

  4. Sspace 

Pembahasan Soal:

Hukum Archimedes adalah sebuah hukum fisika yang menjelaskan hubungan gaya berat dengan gaya keatas pada benda yang dimasukkan ke dalam zat cair. Pada Hukum Archimedes, terdapat tiga keadaan benda ketika benda di celupkan ke dalam zat cair. keadaan tersebut yaitu terapung, melayang dan tenggelam.

Dalam permasalahan ini, untuk menentukan jenis benda yang memiliki keadaan melayang di dalam zat cair dapat dilakukan dengan membandingkan massa jenis benda dengan massa jenis zat cair. Benda yang melayang di dalam zat cair, akan memenuhi ρzatcair=ρbenda. Karena dalam permasalahan ini zat cair yang digunakan yaitu air, yang umumnya memiliki massa jenis 1000 kg/m3 maka agar dapat melayang benda harus memiliki massa jenis yang besarnya sama, benda yang memiliki massa jenis 1000 kg/m3 yaitu benda R.

Dengan demikian, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan jawaban C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Dalilah

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 18 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Agar balon udara dapat melayang di udara, maka ....

Pembahasan Soal:

Balon udara dapat melayang di udara apabila memenuhi dua kondisi berikut ini: 

(i) Massa jenis gas di dalam balon < massa jenis udara yang dipindahkan. Hal ini agar gas pengisi dalam balon lebih ringan dari udara di luar balon sehingga balon dapat naik dan melayang di udara.

(ii) Gaya ke atas pada balon oleh udara lebih besar daripada berat balon. Hal ini sesuai dengan hukum Archimedes, dimana terpenuhi  F subscript A greater than w subscript b a l o n end subscript.

Dengan demikian, agar balon udara dapat melayang di udara, maka massa jenis gas di dalam balon < massa jenis udara yang dipindahkan.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini!  Berdasarkan gambar di atas, massa jenis zat cair, massa jenis balok P, dan massa jenis balok Q yang memungkinkan adalah ....

Pembahasan Soal:

Hukum Archimedes menjelaskan hubungan gaya berat dan gaya ke atas pada suatu benda jika dimasukkan ke dalam air. Dimana, akibat adanya gaya angkat ke atas (gaya apung), benda yang ada di dalam zat cair beratnya akan berkurang. Sehingga benda yang diangkat dalam air akan terasa lebih ringan dibandingkan ketika diangkat di darat.

Apabila suatu benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka ada 3 kemungkinan yang terjadi yaitu tenggelam, melayang, atau terapung.

  1. Benda tenggelam apabila posisi benda selalu berada pada dasar tempat zat cair berada. Keadaan ini terjadi saat massa jenis zat cair lebih kecil daripada massa jenis benda.
  2. Benda melayang di dalam zat cair apabila posisi benda berada di bawah permukaan zat cair dan dari atas dasar tempat zat cair berada. Keadaan ini terjadi saat massa jenis zat cair sama dengan massa jenis benda.
  3. Benda terapung dalam zat cair apabila posisi benda sebagian muncul di permukaan zat cair dan sebagian terbenam dalam zat cair. Keadaan ini terjadi saat massa jenis zat cair lebih besar daripada massa jenis benda.

Pada soal terlihat benda P melayang dan benda Q tenggelam. Maka begin mathsize 14px style rho subscript P equals rho subscript a i r end subscript less than rho subscript Q end style.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Apa yang terjadi bila gelas satu di masukkan garam sebanyak satu sendok, gelas dua sebanyak dua sendok dan gelas tiga sebanyak tiga sendok, lalu semua dilarutkan dan di masukkan telur?

Pembahasan Soal:

Hukum Archimedes menjelaskan hubungan gaya berat dan gaya ke atas pada suatu benda jika dimasukkan ke dalam zat cair. Akibat adanya gaya angkat ke atas (gaya apung), benda yang ada di dalam zat cair beratnya akan berkurang. Sehingga benda yang diangkat dalam air akan terasa lebih ringan dibandingkan ketika diangkat di darat.

Ada tiga keadaan benda saat dicelupkan ke dalam zat cair:

  1. Benda tenggelam, terjadi saat massa jenis zat cair lebih kecil dari massa jenis benda. Contohnya besi atau baja akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air.
  2. Benda melayang, terjadi saat massa jenis zat cair sama dengan massa jenis benda. Contohnya telur yang dimasukkan ke dalam air yang ditambahkan sedikit garam akan melayang karena massa jenis keduanya sama.
  3. Benda terapung, terjadi saat massa jenis zat cair lebih besar daripada massa jenis benda. Contohnya sterofoam atau plastik akan terapung jika dimasukkan ke dalam air.

Dari soal disebutkan bahwa jumlah garam yang dimasukkan ke dalam tiga gelas yang berisi air adalah berbeda-beda. Sehingga, akibat yang terjadi pada telur juga berbeda. Pada gelas pertama, telur masih tenggelam. Pada gelas kedua, telur tenggelam namun sedikit terangkat ke atas. Sedangkan pada gelas ketiga, telur melayang. Hal ini berarti semakin banyak jumlah garam yang diberikan maka semakin mengangkat telur ke atas permukaan gelas.

Jadi, yang terjadi pada telur di ketiga gelas yaitu pada gelas 1, telur tenggelam, sedangkan pada gelas 2, telur tenggelam namun sedikit terangkat, dan pada gelas 3, telur melayang.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan tabel massa jenis beberapa zat yang wujudnya berbeda berikut! Berdasarkan data tersebut, jika keempat zat dimasukkan ke dalam bejana, gambar yang benar adalah ...

Pembahasan Soal:

Hukum Archimedes adalah sebuah hukum fisika yang menjelaskan hubungan gaya berat dengan gaya keatas pada benda yang dimasukkan ke dalam zat cair. Pada Hukum Archimedes, terdapat tiga keadaan benda ketika benda di celupkan ke dalam zat cair. keadaan tersebut yaitu terapung, melayang dan tenggelam. Dalam permasalahan ini, untuk menentukan posisi benda atau zat cair dapat dilakukan dengan membandingkan massa jenis benda dengan massa jenis zat cair atau massa jenis zat cair dengan massa jenis zat cair lain. Ingat untuk dapat terapung benda harus memenuhi syarat ρbenda<ρair, untuk dapat melayang benda harus memenuhi syarat ρbenda=ρair dan untuk dapat tenggelam dalam suatu fluida benda harus memenuhi syarat ρbenda>ρair. Hal ini berarti benda maupun zat cair yang memiliki massa jenis lebih rendah akan menempati posisi diatas zat cair lain. Sehingga apabila membandingkan massa jenis zat cair 1 dan 2, karena nilai massa jenis zat cair 2 lebih kecil dibandingkan massa jenis zat cair 1 (820kg/m3<1000kg/m3) maka posisi zat cair 2 akan berada di atas zat cair 1. Selanjutnya, karena nilai massa jenis benda 4 lebih besar dibandingkan massa jenis benda 1 (2700kg/m3>1000kg/m3) maka benda 4 akan berada pada posisi tenggelam di dalam zat cair 1. dan karena nilai massa jenis benda 3 lebih kecil dari massa jenis zat cair 1 namun lebih besar dibandingkan massa jenis zat cair 2 1000kg/m3>920kg/m3>820kg/m3 maka posisi benda 3 akan terapung pada zat cair 1 namun tenggelam pada zat cair 2 atau dapat disebut melayang diantara 2 zat cair. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan jawaban A.

0

Roboguru

Identifikasikanlah hubungan antara gaya apung dan berat benda sebuah kapal selam ketika berada dalam keadaan terapung, melayang dan tenggelam.

Pembahasan Soal:

Pengertian tentang terapung, melayang dan tenggelam :

  1. Benda dikatakan terapung jika berat jenis benda lebih kecil daripada berat jenis zat cair dan berat benda sama dengan gaya ke atas zat cair.
  2. Benda dikatakan melayang jika berat jenis benda sama dengan berat jenis zat cair dan berat benda sama dengan gaya ke atas zat cair.
  3. Benda dikatakan tenggelam jika berat jenis benda lebih besar daripada berat jenis zat cair dan berat benda lebih besar daripada gaya ke atas zat cair.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada ilustrasi berikut:

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved