RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan cerita fantasi berikut!     Fajar berjalan semangat menuju toko buku kecil yang terletak di ujung gang. Peristiwa yang kemarin dialaminya masih tampak jelas sekali dalam ingatannya. Ia masih ingat bagaimana semua benda yang ada di sana mengajaknya bicara. Buku-buku tua yang berjajar rapi di rak, jam dinding, dan seorang gadis kecil yang ada di dalam lukisan. Bahkan, gadis kecil di dalam lukisan itu menceritakan sebuah kisah menarik kepada Fajar. Itulah sebabnya sepagi ini, meski hari libur, Fajar sudah bergegas menuju toko buku itu. Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan di atas adalah ….

Pertanyaan

Perhatikan cerita fantasi berikut!


    Fajar berjalan semangat menuju toko buku kecil yang terletak di ujung gang. Peristiwa yang kemarin dialaminya masih tampak jelas sekali dalam ingatannya. Ia masih ingat bagaimana semua benda yang ada di sana mengajaknya bicara. Buku-buku tua yang berjajar rapi di rak, jam dinding, dan seorang gadis kecil yang ada di dalam lukisan. Bahkan, gadis kecil di dalam lukisan itu menceritakan sebuah kisah menarik kepada Fajar. Itulah sebabnya sepagi ini, meski hari libur, Fajar sudah bergegas menuju toko buku itu.


Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan di atas adalah ….undefined 

  1. campuranundefined

  2. orang pertamaundefined 

  3. orang keduaundefined 

  4. orang ketigaundefined 

H. Hartanto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Pembahasan

Sudut pandang adalah cara yang digunakan pengarang untuk menceritakan ceritanya kepada pembaca. Sudut pandang dibagi menjadi dua jenis, yaitu sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Dengan sudut pandang orang pertama, pengarang turut berperan dalam cerita (ditandai dengan adanya tokoh “Aku”), sedangkan dalam sudut pandang orang ketiga, pengarang berada di luar cerita. Kutipan cerita fantasi di atas menggunakan sudut pandang orang ketiga. Dalam cerita tersebut, pengarang hanya berperan sebagai pencerita dan tidak ikut berperan dalam cerita. Ciri dari sudut pandang orang ketiga adalah penggunaan kata ganti orang ketiga dan penyebutan nama tokoh. Kata ganti yang digunakan pada kutipan di atas adalah ia dan pengarang menyebutkan nama tokohnya, yaitu Fajar. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

294

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks cerita fantasi berikut!    3 Butir Emas Dan Elisa     Di sebuah pondok tua, tinggallah seorang gadis bernama Elisa dengan ibu dan saudara perempuannya. Ayahnya telah meninggal sehing...

403

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia