Roboguru
SD

Perhatikan teks cerita fantasi berikut! 3 Butir Emas Dan Elisa     Di sebuah pondok tua, tinggallah seorang gadis bernama Elisa dengan ibu dan saudara perempuannya. Ayahnya telah meninggal sehingga tulang punggung keluarga hanyalah ibunya. Elisa harus meninggalkan sekolah karena ibunya tidak mampu membayar sekolah Elisa. Untuk membantu ibunya, Elisa bekerja di rumah tetangganya. Suatu pagi ketika dia akan bekerja, Elisa melihat seorang kakek tua.     Kakek tua itu tampak sangat lelah dan jatuh di jalan. Kemudian, kakek tersebut meminta bantuan dan Elisa segera membantu kakeknya. Elisa merawat luka kakek tersebut sambil berbicara kepada kakek. Sang kakek bertanya tentang kehidupan Elisa dan Elisa menceritakan semuanya. Setelah cukup istirahat, Elisa menawarkan kepada kakek untuk menginap di rumahnya. Akan tetapi, kakek tua itu menolak. Tiba-tiba, kakek tua itu memberinya sehelai kain.     Di dalam sehelai kain tersebut, ada 3 jagung berwarna emas. Kakek tua itu memberitahukan bahwa jagung tersebut adalah jagung ajaib. Jika ditanam dengan ketulusan dan kesabaran, akan membuahkan hasil yang memuaskan. Elisa berterima kasih dan kembali bekerja. Setelah menyelesaikan pekerjaannya, Elisa pulang ke rumahnya. Elisa memberi tahu ibunya tentang kakek tua dan jagung emas tersebut.     Sang ibu kemudian meminta Elisa untuk menanam jagung tersebut di halaman pondok tua mereka. Setiap pagi Elisa menyirami jagung dan pada sore hari ibunya membantu mengurus jagung emas tersebut. Setelah jagung tumbuh, Elisa terkejut. Ketika dia akan memasak jagung, semua biji jagung ternyata terbuat dari emas. Elisa kemudian memberitahunya kepada ibunya. Keduanya berencana menjual biji jagung emas tersebut.     Jagung emas tersebut selalu membawa keberuntungan sehingga keluarga Elisa hidup dengan baik. Setelah tanaman jagung emas tersebut sudah semakin subur, Elisa, Ibunya, dan saudara perempuannya berbagi biji jagung emas dengan tetangga dan orang yang membutuhkan. Meski sudah merasa cukup, Elisa selalu baik dan senang membantu orang lain. (Diadaptasi dari majalahpendidikan.com pada 7 September 2020) Tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita fantasi “3 Butir Emas dan Elisa” adalah ….

Pertanyaan

Perhatikan teks cerita fantasi berikut!


3 Butir Emas Dan Elisa

    Di sebuah pondok tua, tinggallah seorang gadis bernama Elisa dengan ibu dan saudara perempuannya. Ayahnya telah meninggal sehingga tulang punggung keluarga hanyalah ibunya. Elisa harus meninggalkan sekolah karena ibunya tidak mampu membayar sekolah Elisa. Untuk membantu ibunya, Elisa bekerja di rumah tetangganya. Suatu pagi ketika dia akan bekerja, Elisa melihat seorang kakek tua.

    Kakek tua itu tampak sangat lelah dan jatuh di jalan. Kemudian, kakek tersebut meminta bantuan dan Elisa segera membantu kakeknya. Elisa merawat luka kakek tersebut sambil berbicara kepada kakek. Sang kakek bertanya tentang kehidupan Elisa dan Elisa menceritakan semuanya. Setelah cukup istirahat, Elisa menawarkan kepada kakek untuk menginap di rumahnya. Akan tetapi, kakek tua itu menolak. Tiba-tiba, kakek tua itu memberinya sehelai kain.

    Di dalam sehelai kain tersebut, ada 3 jagung berwarna emas. Kakek tua itu memberitahukan bahwa jagung tersebut adalah jagung ajaib. Jika ditanam dengan ketulusan dan kesabaran, akan membuahkan hasil yang memuaskan. Elisa berterima kasih dan kembali bekerja. Setelah menyelesaikan pekerjaannya, Elisa pulang ke rumahnya. Elisa memberi tahu ibunya tentang kakek tua dan jagung emas tersebut.

    Sang ibu kemudian meminta Elisa untuk menanam jagung tersebut di halaman pondok tua mereka. Setiap pagi Elisa menyirami jagung dan pada sore hari ibunya membantu mengurus jagung emas tersebut. Setelah jagung tumbuh, Elisa terkejut. Ketika dia akan memasak jagung, semua biji jagung ternyata terbuat dari emas. Elisa kemudian memberitahunya kepada ibunya. Keduanya berencana menjual biji jagung emas tersebut.

    Jagung emas tersebut selalu membawa keberuntungan sehingga keluarga Elisa hidup dengan baik. Setelah tanaman jagung emas tersebut sudah semakin subur, Elisa, Ibunya, dan saudara perempuannya berbagi biji jagung emas dengan tetangga dan orang yang membutuhkan. Meski sudah merasa cukup, Elisa selalu baik dan senang membantu orang lain.

(Diadaptasi dari majalahpendidikan.com pada 7 September 2020)


Tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita fantasi “3 Butir Emas dan Elisa” adalah ….undefined 

  1. Keluarga Elisa, tetangga, dan orang yang membutuhkanundefined 

  2. tetangga, orang yang membutuhkan, dan ayah Elisaundefined 

  3. Elisa, kakek tua, dan ibu Elisaundefined 

  4. Elisa, saudara perempuan Elisa, dan jagung emasundefined 

H. Hartanto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan

Tokoh adalah sesuatu atau seseorang yang berperan dalam cerita. Tokoh dalam cerita “3 Butir Emas dan Elisa” adalah Elisa, ibu Elisa, saudara perempuan Elisa, dan kakek tua. Mereka memiliki peran masing-masing dalam cerita "3 Butir Emas dan Elisa".

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

149

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Siapa sajakah tokoh dalam cerita tersebut?

329

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia