Roboguru

Perhatikan beberapa zat berikut: Asam klorida Kalsium klorida Natrium klorida Etanol Kalium sulfat Kelompok zat yang dapat menghantarkan arus listrik dalam bentuk lelehannya adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan beberapa zat berikut:

  1. Asam klorida
  2. Kalsium klorida
  3. Natrium klorida
  4. Etanol
  5. Kalium sulfat

Kelompok zat yang dapat menghantarkan arus listrik dalam bentuk lelehannya adalah ...

Pembahasan Soal:

Daya hantar listrik suatu zat dijelaskan dalam tabel berikut: 


  


Berdasarkan tabel tersebut, hanya senyawa ionik yang dapat menghantarkan listrik dalam bentuk lelehannya. Lelehan dan larutan senyawa ion dapat menghantarkan arus listrik karena ion-ionnya dapat bergerak. Senyawa ion adalah senyawa yang tersusun dari ion-ion dan disatukan oleh suatu ikatan yang disebut ikatan ion. Pada umumnya senyawa ion adalah senyawa garam. Pada soal yang termasuk senyawa garam adalah kalsium klorida, natrium klorida, dan kalium sulfat.

Jadi, senyawa yang dapat menghantarkan arus listrik dalam bentuk lelehannya adalah nomor 2,3, dan 5.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Yassa

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 17 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Garam dapur padat tidak dapat menghantarkan listrik, tetapi lelehan dan larutan garam dapur dalam air dapat menghantarkan arus listrik. Jelaskan mengapa demikian.

Pembahasan Soal:

Suatu senyawa dikatakan dapat menghantarkan arus listrik atau dikenal sebagai senyawa elektrolit jika memenuhi 2 hal berikut:

  1. Senyawa tersebut dapat terionisasi menjadi ion-ionnya
  2. Ion-ion pada senyawa tersebut dapat bergerak bebas 

NaCl (garam dapur) merupakan senyawa ionik yang dapat terionisasi menjadi Na to the power of plus sign space dan space Cl to the power of minus sign. Dalam bentuk lelehan dan larutan, ion-ion NaCl dapat bergerak bebas, namun tidak pada fase padatan. Pada fase ini, ion-ion Na to the power of plus sign space dan space Cl to the power of minus sign terikat kuat satu sama lain sehingga tidak dapat bergerak bebas.

Berikut gambaran NaCl pada fase padatan, lelehan dan larutan:

 


Jadi, garam dapur padat tidak dapat menghantarkan listrik karena ion-ionnya terikat kuat dan tidak bisa bergerak bebas seperti pada lelehan dan larutan garam.space space space

Roboguru

Pada percobaaan uji elektrolit, larutan garam dapur dapat terbukti menghantarkan listrik. Bagaimana daya hantar listrik dari lelehan garam dapur ....

Pembahasan Soal:

Senyawa elektrolit merupakan senyawa yang apabila dilarutkan dalam air dapat menghantarkan listrik karena ion-ionnya bergerak bebas. Senyawa yang merupakan elektrolit adalah senyawa ion dan kovalen polar. Contoh dari senyawa ion yaitu adalah senyawa garam, termasuk garam dapur (NaCl). Senyawa ion dalam fase larutan (aq) dan lelehan (l) dapat menghantarkan arus listrik.

Garam dapur memiliki rumus senyawa NaCl. Ketika garam dapur masih dalam bentuk padatan, ion-ion yang terkandung yaitu begin mathsize 14px style Na to the power of plus sign end style dan begin mathsize 14px style Cl to the power of minus sign end style tidak dapat bergerak bebas. Namun ketika garam dapur dalam bentuk lelehan atau larutan garam dapur akan terurai atau terionisasi dengan reaksi sebagai berikut:


Na Cl open parentheses italic l close parentheses yields Na to the power of plus sign open parentheses italic a italic q close parentheses plus Cl to the power of minus sign open parentheses italic a italic q close parentheses


Ion-ion undefined dan undefined inilah yang akan bergerak bebas dan dapat menghantarkan listrik. Dengan demikian, dalam bentuk lelehannya garam dapur dapat menghantarkan listrik karena terurai menjadi ion-ion yang bergerak bebas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space

Roboguru

Senyawa berikut yang dalam keadaan padat tidak menghantarkan listrik retapi dalam keadaan lelehan dan larutan dapat menghantarkan listrik adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Senyawa yang dalam keadaan padat tidak menghantarkan listrik retapi dalam keadaan lelehan dan larutan dapat menghantarkan listrik adalah senyawaan ionik. Senyawaan ionik terdiri dari logam dan nonlogam. Logam akan meyerahkan elektronnya dan nonlogam akan menerima sehingga keduanya stabil.

  • CaCl2 (senyawaan ionik)
  • C12H22O11CO(NH2)2C2H5OHC6H12O6 (senyawaan kovalen)


Jadi, jawaban yang tepat yaitu A.

Roboguru

Senyawa ionik yang bersifat nonelektrolit adalah ...

Pembahasan Soal:

Senyawa nonelektrolit adalah senyawa yang tidak dapat menghantarkan arus listrik karena di dalam pelarut air tidak dapat terurai menjadi ion-ion. Senyawa ionik dapat menghantarkan arus listrik atau bersifat elektrolit jika berbentuk larutan atau lelehan karena dapat terurai menjadi ion-ionnya. Sehingga, padatan NaCl tidak dapat menghantarkan arus listrik karena tidak terurai menjadi ion-ionnya.

Jadi,  jawaban yang benar adalah C.undefined

Roboguru

Padatan garam dapur tidak dapat menghantarkan listrik sedangkan leburan larutannya dapat menghantarkan listrik. SEBAB Garam dapur merupakan senyawa ion dengan rumus kimia NaCl.

Pembahasan Soal:

Suatu zat dapat menghantarkan listrik jika memiliki ion-ion yang bebas bergerak. Walapun garam dapur merupakan senyawa ion, padatannya tidak dapat menghantarkan listrik. Hal ini disebabkan susunan ion-ion pada padatan bersifat rigid (kaku) dan statis. Sedangkan leburan larutannya dapat menghantarkan listrik karena susunan ion-ionnya renggang dan bebas bergerak. (Pernyataan benar).

Garam dapur merupakan senyawa ion dengan rumus kimia NaCl. Garam (senyawa ion) dapat menghantarkan listrik (pada fasa larutan atau lelehan) karena dapat terion sempurna. (Kalimat sebab benar).

Dengan demilikian kalimat pernyataan dan kalimat sebab keduanya benar dan berhubungan sebab akibat.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved