Pertanyaan

Perhatikan bacaan berikut! (1) Menurut salah satu penelitian tahun 2017, partisipasi masyarakat usia 19-24 tahun dalam pendidikan tinggi masih didominasi oleh kelas menengah atas dan 2,6% sisanya baru diisi oleh kelas menengah bawah. (2) Hal ini menunjukkan ketidakmerataan akses yang nyata dalam pendidikan serta ketimpangan sosial. (3) Ide pemerintah perihal kredit pendidikan sebagai solusi mengatasi ketidakmerataan akses dan ketimpangan sosial direspons berbagai kalangan. ​​​​​​​ (4) Baru-baru ini ada pula respons positif yang ditelurkan oleh dua peneliti dari suatu lembaga riset. (5) Dalam tulisannya, mereka memaparkan banyak data dan temuan pendukung. (6) Bahkan, rumusan implementasi kredit pendidikan hingga saat ini belum secara gamblang diutarakan oleh pemerintah. (7) Mereka menekankan bahwa pemerintah dalam pelaksanaan kredit pendidikan perlu menerapkan orientasi khusus. (8) Kebijakan itu tentunya tidak menyengsarakan kelas menengah bawah, terutama perempuan. (9) Beban pembayaran kredit dapat diatur untuk mengurangi risiko menunggak. Kalimat yang tidak berhubungan dengan isi bacaan di atas adalah kalimat .... (UM UGM 2019)

Perhatikan bacaan berikut!


    (1) Menurut salah satu penelitian tahun 2017, partisipasi masyarakat usia 19-24 tahun dalam pendidikan tinggi masih didominasi oleh kelas menengah atas dan 2,6% sisanya baru diisi oleh kelas menengah bawah. (2) Hal ini menunjukkan ketidakmerataan akses yang nyata dalam pendidikan serta ketimpangan sosial. (3) Ide pemerintah perihal kredit pendidikan sebagai solusi mengatasi ketidakmerataan akses dan ketimpangan sosial direspons berbagai kalangan.

​​​​​​​    (4) Baru-baru ini ada pula respons positif yang ditelurkan oleh dua peneliti dari suatu lembaga riset. (5) Dalam tulisannya, mereka memaparkan banyak data dan temuan pendukung. (6) Bahkan, rumusan implementasi kredit pendidikan hingga saat ini belum secara gamblang diutarakan oleh pemerintah. (7) Mereka menekankan bahwa pemerintah dalam pelaksanaan kredit pendidikan perlu menerapkan orientasi khusus. (8) Kebijakan itu tentunya tidak menyengsarakan kelas menengah bawah, terutama perempuan. (9) Beban pembayaran kredit dapat diatur untuk mengurangi risiko menunggak.


Kalimat yang tidak berhubungan dengan isi bacaan di atas adalah kalimat .... 

(UM UGM 2019)

  1. (5)undefined 

  2. (6)undefined 

  3. (7)undefined 

  4. (8)undefined 

  5. (9)undefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kalimat yang tidak berhubungan dengan isi bacaan di atas terdapat pada pilihan jawaban B.

kalimat yang tidak berhubungan dengan isi bacaan di atas terdapat pada pilihan jawaban B.undefined 

Pembahasan

Ide pokok paragraf dua tersebut terletak pada kalimat (4), yaitu respons positif mengenai kredit pendidikan oleh dua peneliti. Kalimat (5), (7), (8), dan (9) merupakan kalimat padu yang mendukung ide pokok tersebut, sedangkan kalimat (6) merupakan kalimat tidak padu karena tidak mendukung ide pokok. Pilihan jawaban A, C, D, dan E tidak tepat karena kalimat-kalimat tersebut merupakan kalimat padu dan mendukung ide pokok. Dengan demikian, kalimat yang tidak berhubungan dengan isi bacaan di atas terdapat pada pilihan jawaban B.

Ide pokok paragraf dua tersebut terletak pada kalimat (4), yaitu respons positif mengenai kredit pendidikan oleh dua peneliti. Kalimat (5), (7), (8), dan (9) merupakan kalimat padu yang mendukung ide pokok tersebut, sedangkan kalimat (6) merupakan kalimat tidak padu karena tidak mendukung ide pokok.

  • Pilihan jawaban A, C, D, dan E tidak tepat karena kalimat-kalimat tersebut merupakan kalimat padu dan mendukung ide pokok.

Dengan demikian, kalimat yang tidak berhubungan dengan isi bacaan di atas terdapat pada pilihan jawaban B.undefined 

157

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan bacaan berikut! (1) Masalah yang dihadapi dalam praktik budi daya padi semakin beragam. (2) Konversi lahan sawah di sentra penghasil padi terus berlangsung. (3) Perubahan iklim global ...

285

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia