Pertanyaan

Perhatikan bacaan berikut! (1) Masalah yang dihadapi dalam praktik budi daya padi semakin beragam. (2) Konversi lahan sawah di sentra penghasil padi terus berlangsung. (3) Perubahan iklim global yang berdampak terhadap anomali iklim mendorong perkembangan hama dan penyakit yang mengancam keselamatan produksi padi. (4) Akibatnya, hasil produksi pertanian mengalami penurunan. (5) Penurunan itu terjadi karena biaya perlindungan tanaman padi dari hama penyakit semakin tinggi. (6) Di Indonesia, penyakit penting tanaman padi ialah hawar daun bakteri, penyakit tungro, bercak daun pyricularia , busuk batang, hawar pelepah daun, kerdil hampa, dan kerdil rumput. (7) Kehilangan hasil padi akibat gangguan hawar daun bakteri berkisar 15─24%. Pada tahun 2010, penyakit kerdil hampa dan kerdil rumput mewabah, [...] menyebabkan gagal panen di beberapa sentra penghasil padi Pulau Jawa. (9) Melindungi tanaman padi dari gangguan penyakit merupakan usaha yang tidak […] dari pengelolaan ekosistem pertanian padi. (10) Produksi padi berperan penting untuk memenuhi kebutuhan sehingga kegiatan yang berkaitan dengan perlindungan tanaman harus ditingkatkan dalam sistem produksi. (11) Perlindungan tanaman padi dari gangguan penyakit idealnya berpangkal pada prinsip keseimbangan lingkungan. (12) Dalam usaha perlindungan tersebut tidak terlepas dari kegiatan manusia dalam memanipulasi komponen lingkungan yang memengaruhi perkembangan penyakit itu sendiri. Anda akan menambahkan kalimat berikut pada paragraf 1. Langkah-langkah perbaikan dalam mengatasi hama penyakit diperlukan untuk meningkatkan hasil pertanian. Letak paling tepat untuk kalimat tersebut adalah .... (SBMPTN 2019)

Perhatikan bacaan berikut!


    (1) Masalah yang dihadapi dalam praktik budi daya padi semakin beragam. (2) Konversi lahan sawah di sentra penghasil padi terus berlangsung. (3) Perubahan iklim global yang berdampak terhadap anomali iklim mendorong perkembangan hama dan penyakit yang mengancam keselamatan produksi padi. (4) Akibatnya, hasil produksi pertanian mengalami penurunan. (5) Penurunan itu terjadi karena biaya perlindungan tanaman padi dari hama penyakit semakin tinggi.

   (6) Di Indonesia, penyakit penting tanaman padi ialah hawar daun bakteri, penyakit tungro, bercak daun pyricularia, busuk batang, hawar pelepah daun, kerdil hampa, dan kerdil rumput. (7) Kehilangan hasil padi akibat gangguan hawar daun bakteri berkisar 15─24%. Pada tahun 2010, penyakit kerdil hampa dan kerdil rumput mewabah, [...] menyebabkan gagal panen di beberapa sentra penghasil padi Pulau Jawa.

    (9) Melindungi tanaman padi dari gangguan penyakit merupakan usaha yang tidak […] dari pengelolaan ekosistem pertanian padi. (10) Produksi padi berperan penting untuk memenuhi kebutuhan sehingga kegiatan yang berkaitan dengan perlindungan tanaman harus ditingkatkan dalam sistem produksi. (11) Perlindungan tanaman padi dari gangguan penyakit idealnya berpangkal pada prinsip keseimbangan lingkungan. (12) Dalam usaha perlindungan tersebut tidak terlepas dari kegiatan manusia dalam memanipulasi komponen lingkungan yang memengaruhi perkembangan penyakit itu sendiri.


Anda akan menambahkan kalimat berikut pada paragraf 1.

Langkah-langkah perbaikan dalam mengatasi hama penyakit diperlukan untuk meningkatkan hasil pertanian.space 


Letak paling tepat untuk kalimat tersebut adalah ....undefined 

(SBMPTN 2019)

  1. setelah kalimat 1 

  2. setelah kalimat 2 

  3. setelah kalimat 3 

  4. setelah kalimat 4space 

  5. setelah kalimat 5 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

letak kalimat tersebut yang tepat terdapat pada pilihan jawaban E.

letak kalimat tersebut yang tepat terdapat pada pilihan jawaban E.undefined 

Pembahasan

Kalimat “Langkah-langkah perbaikan dalam mengatasi hama penyakit diperlukan untuk meningkatkan hasil pertanian.” tepat diletakkan setelah kalimat (5) yang membahas tentang sebab penurunan produksi pertanian. Kalimat tersebut berfungsi sebagai pendukung kalimat (5). Pilihan jawaban A tidak tepat karena kalimat (1) membicarakan tentang praktik budi daya padi, sehingga kalimat yang akan ditambahkan tersebut tidak tepat apabila diletakkan setelah kalimat (1). Pilihan jawaban B tidak tepat karena kalimat (2) membicarakan tentang konversi lahan sawah, sehingga kalimat yang akan ditambahkan tersebut tidak tepat apabila diletakkan setelah kalimat (2). Pilihan jawaban C tidak tepat karena kalimat (3) membicarakan tentang perubahan iklim yang secara tidak langsung mengancam produksi padi, sehingga kalimat yang akan ditambahkan tersebut tidak tepat apabila diletakkan setelah kalimat (3). Pilihan jawaban D tidak tepat karena kalimat (4) membicarakan akibat perubahan iklim, sehingga kalimat yang akan ditambahkan tersebut tidak tepat apabila diletakkan setelah kalimat (4). Dengan demikian, letak kalimat tersebut yang tepat terdapat pada pilihan jawaban E.

Kalimat “Langkah-langkah perbaikan dalam mengatasi hama penyakit diperlukan untuk meningkatkan hasil pertanian.” tepat diletakkan setelah kalimat (5) yang membahas tentang sebab penurunan produksi pertanian. Kalimat tersebut berfungsi sebagai pendukung kalimat (5).

Pilihan jawaban A tidak tepat karena kalimat (1) membicarakan tentang praktik budi daya padi, sehingga kalimat yang akan ditambahkan tersebut tidak tepat apabila diletakkan setelah kalimat (1).

Pilihan jawaban B tidak tepat karena kalimat (2) membicarakan tentang konversi lahan sawah, sehingga kalimat yang akan ditambahkan tersebut tidak tepat apabila diletakkan setelah kalimat (2).

Pilihan jawaban C tidak tepat karena kalimat (3) membicarakan tentang perubahan iklim yang secara tidak langsung mengancam produksi padi, sehingga kalimat yang akan ditambahkan tersebut tidak tepat apabila diletakkan setelah kalimat (3).

Pilihan jawaban D tidak tepat karena kalimat (4) membicarakan akibat perubahan iklim, sehingga kalimat yang akan ditambahkan tersebut tidak tepat apabila diletakkan setelah kalimat (4).

Dengan demikian, letak kalimat tersebut yang tepat terdapat pada pilihan jawaban E.undefined 

285

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan bacaan berikut! (1) Menurut salah satu penelitian tahun 2017, partisipasi masyarakat usia 19-24 tahun dalam pendidikan tinggi masih didominasi oleh kelas menengah atas dan 2,6% sisanya...

157

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia