Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dia mengatakan ketika kita harus menanamkan rasa kecintaan terhadap kebudayaan juga menghargai berbagai jenis kebudayaan itu. Apabila hal ini tidak dilakukan, mereka tidak akan pernah tertarik apalagi mencintai kebudayaan milik negaranya sendiri.space

Perbaikan kata penghubung yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah...

Perbaikan kata penghubung yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah...space

  1. bahkan, tetapi, agarspace

  2. jika, namun, agarspace

  3. bahkan, karena, untukspace

  4. bahwa, juga, sertaspace

  5. bahwa, dan, untukspace

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan E.

jawaban yang tepat adalah pilihan E.space

Iklan

Pembahasan

Konjungsi merupakan kata atau ungkapan yang berfungsi sebagai penghubung antarkata, antarklausa, atau antarkalimat. Penggunaan konjungsi dalam sebuah kalimat atau paragraf berfungsi agar susunan kata atau kalimat memiliki koherensi (keterkaitan). Konjungsi atau kata penghubung memiliki beberapa contoh, diantaranya: Menyatakan penjelasan: bahwa . Menyatakan hubungan syarat: jika, kalau, bila, manakala, apalagi. Menyatakan hubungan waktu: ketika, setelah itu, sehingga, sampai. Menyatakan tujuan: biar agar, supaya, untuk . Menyatakan hubungan penyebaban: karena, sebab, oleh karena. Menguatkan keadaan yang dinyatakan sebelumnya: bahkan . Menyatakan keadaan pertentangan dengan keadaan sebelumnya: tetapi, namun. Berfungsi sebagai pernyataan "gabungan biasa" dipakai diantara dua buah kata benda: serta. Berfungsi sebagai pernyataan "gabungan biasa" dipakai diantara dua buah kata kerja: dan. Berikut ini adalah analisis penggunaan kata hubung yang sesuai untuk memperbaiki kata penghubung yang tercetak miring pada paragraf di atas, yaitu: Pada kata "mengatakan" membutuhkan objek penjelasan di sebelahnya sehingga apabila diikuti kata penghubung " jika" , objek tidak muncul pada kalimat tersebut. Oleh karena itu, harus diganti dengan kata penghubung " bahwa " untuk menjelaskan objek tersebut. Pada kata penghubung " juga" karena termasuk kata adverbia (kata keterangan) sehingga tidak tepat jika diletakkan di antara dua buah kata kerja yang berbunyi "menanamkan ... menghargai" , yang tepat adalah kata penghubung "dan" . Kata penghubung "apalagi" merupakan kata hubung yang menyatakan syarat, sehingga tidak tepat digunakan pada kalimat yang menyataka tujuan, yang tepat adalah kata hubung " untuk " . Berdasarkan analisis di atas, perbaikan kata penghubung yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah kata "bahwa", "dan", "untuk" , sehingga kutipan paragraf tersebut berbunyi "Dia mengatakan bahwa kita harus menanamkan rasa kecintaan terhadap kebudayaan dan menghargai berbagai jenis kebudayaan itu. Apabila hal ini tidak dilakukan, mereka tidak akan pernah tertarik untuk mencintai kebudayaan milik negaranya sendiri. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Konjungsi merupakan kata atau ungkapan yang berfungsi sebagai penghubung antarkata, antarklausa, atau antarkalimat. Penggunaan konjungsi dalam sebuah kalimat atau paragraf berfungsi agar susunan kata atau kalimat memiliki koherensi (keterkaitan).

Konjungsi atau kata penghubung memiliki beberapa contoh, diantaranya:

  • Menyatakan penjelasan: bahwa.
  • Menyatakan hubungan syarat: jika, kalau, bila, manakala, apalagi.
  • Menyatakan hubungan waktu: ketika, setelah itu, sehingga, sampai.
  • Menyatakan tujuan: biar agar, supaya, untuk.
  • Menyatakan hubungan penyebaban: karena, sebab, oleh karena.
  • Menguatkan keadaan yang dinyatakan sebelumnya: bahkan.
  • Menyatakan keadaan pertentangan dengan keadaan sebelumnya: tetapi, namun.
  • Berfungsi sebagai pernyataan "gabungan biasa" dipakai diantara dua buah kata benda: serta.
  • Berfungsi sebagai pernyataan "gabungan biasa" dipakai diantara dua buah kata kerja: dan.

Berikut ini adalah analisis penggunaan kata hubung yang sesuai untuk memperbaiki kata penghubung yang tercetak miring pada paragraf di atas, yaitu:

  • Pada kata "mengatakan" membutuhkan objek penjelasan di sebelahnya sehingga apabila diikuti kata penghubung "jika", objek tidak muncul pada kalimat tersebut. Oleh karena itu, harus diganti dengan kata penghubung "bahwa" untuk menjelaskan objek tersebut.
  • Pada kata penghubung "juga" karena termasuk kata adverbia (kata keterangan) sehingga tidak tepat jika diletakkan di antara dua buah kata kerja yang berbunyi "menanamkan ... menghargai", yang tepat adalah kata penghubung "dan".
  • Kata penghubung "apalagi" merupakan kata hubung yang menyatakan syarat, sehingga tidak tepat digunakan pada kalimat yang menyataka tujuan, yang tepat adalah kata hubung "untuk".

Berdasarkan analisis di atas, perbaikan kata penghubung yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah kata "bahwa", "dan", "untuk", sehingga kutipan paragraf tersebut berbunyi "Dia mengatakan bahwa kita harus menanamkan rasa kecintaan terhadap kebudayaan dan menghargai berbagai jenis kebudayaan itu. Apabila hal ini tidak dilakukan, mereka tidak akan pernah tertarik untuk mencintai kebudayaan milik negaranya sendiri.


Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

213

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Makan telor dan nasi adalah contoh dari kalimat....

23

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia