Roboguru

Makan telor dan nasi adalah contoh dari kalimat....

Pertanyaan

Makan telor dan nasi adalah contoh dari kalimat.... undefined

  1. Konjungsi undefinedundefined

  2. Disjungsiundefined undefined

  3. Implikasiundefined undefined

  4. Biimplikasi undefinedundefined

  5. Kontraposisi undefinedundefined

Pembahasan Soal:

  • Konjungsi adalah suatu kalimat majemuk yang menggunakan kata hubung "DAN".
  • Disjungsi adalah suatu kalimat majemuk yang menggunakan kata hubung "ATAU".
  • Implikasi adalah kalimat majemuk yang menggunakan kata hubung "JIKA" p "MAKA" q.
  • Biimplikasi adalah kalimat bersyarat ganda yang menggunakan kata hubung "JIKA DAN HANYA JIKA"
  • Kontraposisi adalah kalimat kebalikan dan negasi dari implikasi.

Pada kata "Makan telor dan nasi", kata penghubungnya menggunakan kata "dan", sehingga kalimat tersebut merupakan contoh dari kalimat konjungsi.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbaikan kata penghubung yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Konjungsi merupakan kata atau ungkapan yang berfungsi sebagai penghubung antarkata, antarklausa, atau antarkalimat. Penggunaan konjungsi dalam sebuah kalimat atau paragraf berfungsi agar susunan kata atau kalimat memiliki koherensi (keterkaitan).

Konjungsi atau kata penghubung memiliki beberapa contoh, diantaranya:

  • Menyatakan penjelasan: bahwa.
  • Menyatakan hubungan syarat: jika, kalau, bila, manakala, apalagi.
  • Menyatakan hubungan waktu: ketika, setelah itu, sehingga, sampai.
  • Menyatakan tujuan: biar agar, supaya, untuk.
  • Menyatakan hubungan penyebaban: karena, sebab, oleh karena.
  • Menguatkan keadaan yang dinyatakan sebelumnya: bahkan.
  • Menyatakan keadaan pertentangan dengan keadaan sebelumnya: tetapi, namun.
  • Berfungsi sebagai pernyataan "gabungan biasa" dipakai diantara dua buah kata benda: serta.
  • Berfungsi sebagai pernyataan "gabungan biasa" dipakai diantara dua buah kata kerja: dan.

Berikut ini adalah analisis penggunaan kata hubung yang sesuai untuk memperbaiki kata penghubung yang tercetak miring pada paragraf di atas, yaitu:

  • Pada kata "mengatakan" membutuhkan objek penjelasan di sebelahnya sehingga apabila diikuti kata penghubung "jika", objek tidak muncul pada kalimat tersebut. Oleh karena itu, harus diganti dengan kata penghubung "bahwa" untuk menjelaskan objek tersebut.
  • Pada kata penghubung "juga" karena termasuk kata adverbia (kata keterangan) sehingga tidak tepat jika diletakkan di antara dua buah kata kerja yang berbunyi "menanamkan ... menghargai", yang tepat adalah kata penghubung "dan".
  • Kata penghubung "apalagi" merupakan kata hubung yang menyatakan syarat, sehingga tidak tepat digunakan pada kalimat yang menyataka tujuan, yang tepat adalah kata hubung "untuk".

Berdasarkan analisis di atas, perbaikan kata penghubung yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah kata "bahwa", "dan", "untuk", sehingga kutipan paragraf tersebut berbunyi "Dia mengatakan bahwa kita harus menanamkan rasa kecintaan terhadap kebudayaan dan menghargai berbagai jenis kebudayaan itu. Apabila hal ini tidak dilakukan, mereka tidak akan pernah tertarik untuk mencintai kebudayaan milik negaranya sendiri.


Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Roboguru

Penggunaan konjungsi yang TIDAK tepat terdapat pada kalimat ....

Pembahasan Soal:

Konjungsi (kata penghubung) adalah kata tugas yang fungsinya menghubungkan antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf. Kata penghubung antarklausa biasanya terletak di tengah-tengah kalimat, sedangkan kata penghubung antarkalimat di awal kalimat (setelah tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru), adapun kata penghubung antar paragraf letaknya di awal paragraf.

Penggunaan konjungsi yang tidak tepat terdapat pada kalimat (2) tepatnya pada kata konjungsi "... atau bahkan ...." karena kalimat tersebut merupakan kalimat majemuk setara penegasan sehingga hanya memerlukan konjungsi "bahkan" dan tidak memerlukan konjungsi "atau" yang berisi pemilihan.


Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Perhatikan teks berikut!       (1) Rumah pintar (smart home) adalah istilah yang biasanya digunakan untuk mendefinisikan sebuah tempat tinggal yang menggunakan pengendali jarak jauh (remote control) ...

Pembahasan Soal:

Penggunaan kata sambung yang benar terdapat pada kalimat (5) Rumah pintar dapat mengendalikan sistem secara otomatis, mulai dari kontrol cahaya, suhu ruangan, peralatan multimedia, hingga keamanan. Dalam kalimat (5) tersebut terdapat konjungsi mulai dari dan hingga yang keduanya merupakan konjungsi korelatif. Dengan demikian, penggunaan kata sambung yang benar terdapat pada pilihan jawaban E.

  • Pilihan jawaban A tidak tepat karena kalimat Rumah pintar (smart home) adalah istilah yang biasanya digunakan untuk mendefinisikan sebuah tempat tinggal yang menggunakan pengendali jarak jauh (remote control) untuk mengintegrasi berbagai perangkat yang ada dan otomatis menggunakan konjungsi yang tidak tepat. Pada frasa untuk mengintegrasi berbagai perangkat yang ada dan otomatis, konjungsi dan seharusnya diganti dengan konjungsi secara karena hubungan dalam frasa tersebut adalah cara, bukan penambahan.
  • Pilihan jawaban B tidak tepat karena kalimat Rumah pintar dapat dikatakan sebagai sebuah rumah yang saling terhubung (e-home) dan otomatis. tidak menggunakan konjungsi yang tepat pada frasa terhubung (e-home) dan otomatis. Konjungsi yang tepat adalah secara karena menyatakan hubungan cara.
  • Pilihan jawaban C tidak tepat karena kalimat Rumah tersebut dikatakan cerdas sehingga dapat memonitor seluruh kegiatan melalui sebuah komputer. menggandung konjungsi yang tidak tepat. Konjungsi sehingga tidak tepat karena kalimat tersebut tidak menyatakan hubungan akibat, tetapi sebab. Konjungsi yang tepat untuk menyatakan sebab adalah karena atau sebab.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena kalimat Rumah pintar terdiri atas beberapa perangkat yang saling terhubung agar tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pemilik rumah. tidak menggunakan konjungsi yang tepat. Konjungsi yang dimaksud adalah sehingga. Konjungsi sehingga menyatakan hubungan akibat, sedangkan konjungsi yang diinginkan dalam kalimat tersebut adalah tujuan.
     

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

Roboguru

Perhatikan paragraf berikut!      (1) Ekonomi digital adalah aspek ekonomi yang berbasiskan pada pemanfaatan dan pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi digital. (2) Di Asia Tenggara, ekonomi...

Pembahasan Soal:

Kalimat (7) adalah Angka ini membuat Google optimistik [...] 10 tahun lagi ekonomi digital Indonesia akan mencapai nilai lima kali lipat investasi saat ini. Bagian rumpang tersebut dapat diisi dengan konjungsi intrakalimat.

Sebelum menentukan konjungsi apa yang tepat untuk diisikan pada bagian tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu hubungan di antara kedua klausanya. Klausa anak 10 tahun lagi ekonomi digital Indonesia akan mencapai nilai lima kali lipat investasi saat ini merupakan penjelas dari klausa induknya. Konjungsi intrakalimat subordinatif yang membentuk hubungan penjelas adalah bahwa.

  • Konjungsi kalau pada pilihan B merupakan konjungsi yang menyatakan syarat.
  • Konjungsi jika pada pilihan C merupakan konjungsi yang menyatakan syarat atau pengandaian.
  • Konjungsi saat pada pilihan D merupakan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu.
  • Konjungsi setelah pada pilihan E merupakan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu.
     

Berdasarkan penjelasan di atas, konjungsi atau kata sambung yang paling tepat melengkapi kalimat (5) adalah bahwa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

Roboguru

Terjadinya abarsi yang mengancam kelestarian pantai karena diakibatkan oleh hilngnya hutan bakau di sekitar pantai yang menjadi pelindung alami dari gempuran ombak. Kalimat di atas menjadi kalimat ba...

Pembahasan Soal:

Syarat kebakuan sebuah kalimat adalah kalimat tersebut ditulis dengan ejaan yang benar dan menggunakan kata yang sudah dibakukan serta kalimat tersebut efektif dalam menyampaikan ide. Salah satu syarat kalimat efektif adalah tidak boros atau hemat dalam penggunaan kata. Kalimat yang hemat dalam penggunaan kata dapat diartikan salah satunya adalah dengan tidak menggunakan dua kata yang memiliki fungsi yang sama. Dalam kalimat di atas terdapat penggunaan dua kata yang memiliki fungsi sama, yakni kata karena dan diakibatkan. Oleh karena itu, agar kalimat tersebut efektif, kata karena perlu dihilangkan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved