Roboguru

Perhatikan paragraf berikut!      (1) Ekonomi digital adalah aspek ekonomi yang berbasiskan pada pemanfaatan dan pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi digital. (2) Di Asia Tenggara, ekonomi digital sedang berkembang pesat seiring dengan besarnya potensi pasar. (3) Sebagai salah satu negara di Asia Tenggara, Indonesia merupakan pasar potensial bagi ekonomi digital. (4) Besarnya potensi ekonomi digital di Indonesia dibuktikan dengan nilai investasi sebesar 27 miliar dolar AS. (5) Angka ini membuat Google optimistik [...] 10 tahun lagi ekonomi digital Indonesia akan mencapai nilai lima kali lipat investasi saat ini. (6) Faktor yang dapat mendukung perkembangan tersebut adalah pemanfaatan teknologi dan peningkatan kualitas SDM yang dimiliki Indonesia. (7) Bahkan, menurut analisis salah satu konsultan audit terbesar di dunia, Indonesia diprediksi akan menduduki peringkat ke-5 ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030. (Diadaptasi dari https://www.jaringanprima.co.id/)   Kata sambung yang paling tepat melengkapi kalimat (5) adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan paragraf berikut!
 

   (1) Ekonomi digital adalah aspek ekonomi yang berbasiskan pada pemanfaatan dan pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi digital. (2) Di Asia Tenggara, ekonomi digital sedang berkembang pesat seiring dengan besarnya potensi pasar. (3) Sebagai salah satu negara di Asia Tenggara, Indonesia merupakan pasar potensial bagi ekonomi digital. (4) Besarnya potensi ekonomi digital di Indonesia dibuktikan dengan nilai investasi sebesar 27 miliar dolar AS. (5) Angka ini membuat Google optimistik [...] 10 tahun lagi ekonomi digital Indonesia akan mencapai nilai lima kali lipat investasi saat ini. (6) Faktor yang dapat mendukung perkembangan tersebut adalah pemanfaatan teknologi dan peningkatan kualitas SDM yang dimiliki Indonesia. (7) Bahkan, menurut analisis salah satu konsultan audit terbesar di dunia, Indonesia diprediksi akan menduduki peringkat ke-5 ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030.

(Diadaptasi dari https://www.jaringanprima.co.id/)
 

Kata sambung yang paling tepat melengkapi kalimat (5) adalah ....space 

  1. bahwaspace

  2. kalauspace

  3. jikaspace

  4. saatspace

  5. setelahspace

Pembahasan:

Kalimat (7) adalah Angka ini membuat Google optimistik [...] 10 tahun lagi ekonomi digital Indonesia akan mencapai nilai lima kali lipat investasi saat ini. Bagian rumpang tersebut dapat diisi dengan konjungsi intrakalimat.

Sebelum menentukan konjungsi apa yang tepat untuk diisikan pada bagian tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu hubungan di antara kedua klausanya. Klausa anak 10 tahun lagi ekonomi digital Indonesia akan mencapai nilai lima kali lipat investasi saat ini merupakan penjelas dari klausa induknya. Konjungsi intrakalimat subordinatif yang membentuk hubungan penjelas adalah bahwa.

  • Konjungsi kalau pada pilihan B merupakan konjungsi yang menyatakan syarat.
  • Konjungsi jika pada pilihan C merupakan konjungsi yang menyatakan syarat atau pengandaian.
  • Konjungsi saat pada pilihan D merupakan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu.
  • Konjungsi setelah pada pilihan E merupakan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu.
     

Berdasarkan penjelasan di atas, konjungsi atau kata sambung yang paling tepat melengkapi kalimat (5) adalah bahwa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 06 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut!       (1) Rumah pintar (smart home) adalah istilah yang biasanya digunakan untuk mendefinisikan sebuah tempat tinggal yang menggunakan pengendali jarak jauh (remote control) ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved