Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perang yang dikobarkan Sultan Nuku dari Tidore pada abad ke-18 ditandai persekutuan Nuku dengan ...

Perang yang dikobarkan Sultan Nuku dari Tidore pada abad ke-18 ditandai persekutuan Nuku dengan ...

  1. VOC

  2. lnggris

  3. Spanyol

  4. Portugis

  5. Ternate

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah B. Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: Perang yang dikobarkan Sultan Nuku dari Tidore melawanBelanda pada abad ke-18 ditandai persekutuan Nuku dengan Inggris.Dalam upaya merebut kekuasaan di Kesultanan Tidore dan mengusir Belanda, Sultan Nuku melakukan kerja sama dengan Inggris. Kala itu, di Maluku banyak pedagang Inggris yang berkepentingan, mencari rempah-rempah untuk dijual di wilayah jajahan mereka dan Eropa.Nuku menghasut Inggris dengan mengatakan bahwaBelanda berencana untuk memonopoli seluruh perdagangan rempah-rempah di Maluku sehingga hubungan Belanda dan Inggris bersitegang. Karena merasa kegiatan perdagangannya di Maluku terancam, Inggris mempersenjatai Nuku dengan berbagai perlengkapan perang. Pada 1797 lewat serangan massal pasukannya yang telah ditambah persenjataan oleh Inggris, Tidore yang semula di bawah pengaruh Belanda akhirnya bisa direbut oleh Nuku dan ia kemudian dinobatkan sebagai sultan Tidore.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah B.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Perang yang dikobarkan Sultan Nuku dari Tidore melawan Belanda pada abad ke-18 ditandai persekutuan Nuku dengan Inggris. Dalam upaya merebut kekuasaan di Kesultanan Tidore dan mengusir Belanda, Sultan Nuku melakukan kerja sama dengan Inggris. Kala itu, di Maluku banyak pedagang Inggris yang berkepentingan, mencari rempah-rempah untuk dijual di wilayah jajahan mereka dan Eropa. Nuku menghasut Inggris dengan mengatakan bahwa Belanda berencana untuk memonopoli seluruh perdagangan rempah-rempah di Maluku sehingga hubungan Belanda dan Inggris bersitegang. Karena merasa kegiatan perdagangannya di Maluku terancam, Inggris mempersenjatai Nuku dengan berbagai perlengkapan perang. Pada 1797 lewat serangan massal pasukannya yang telah ditambah persenjataan oleh Inggris, Tidore yang semula di bawah pengaruh Belanda akhirnya bisa direbut oleh Nuku dan ia kemudian dinobatkan sebagai sultan Tidore.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

97

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perjanjian Bongaya menunjukkan kekalahan Kerajaan Makassar pada masa Sultan Hasanuddin melawan VOC. Kemenangan VOC yang diperoleh salah satu faktornya, yaitu bekerjasama dengan ...

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia