Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perang Dingin memiliki dampak positif, dalam arti perang ini telah memicu kemajuan di bidang teknologi SEBAB Dalam masa Perang Dingin baik Amerika Serikat maupun Uni Soviet untuk pertama kali berhasil meluncurkan pesawat ke ruang angkasa

Perang Dingin memiliki dampak positif, dalam arti perang ini telah memicu kemajuan di bidang teknologi

SEBAB

Dalam masa Perang Dingin baik Amerika Serikat maupun Uni Soviet untuk pertama kali berhasil meluncurkan pesawat ke ruang angkasa

  1. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat

  2. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

  3. Jika pernyataan benar dan alasan salah

  4. Jika pernyataan salah dan alasan benar

  5. Jika pernyataan dan alasan, keduanya salah

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan benar karena selama masa Perang Dingin berlangsung, baik Blok Barat maupun Blok Timur saling berlomba-lomba untuk mampu mengembangkan teknologinya masing-masing. Teknologi ini dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan di bidang persenjataan maupun pesawat antariksa. Alasan benar karena pada masa Perang Dingin inilah kedua blok dunia ini berhasil meluncurkan pesawat pertamanya ke luar angkasa. Pada Agustus 1957, Uni Soviet berhasil meluncurkan rudal balistik antar benua pertama, dan pada Oktober 1957 juga meluncurkan satelit bumi pertama, Sputnik I . Peluncuran Sputnik I dan Sputnik II menandai awal perlombaan angkasa antar dua negara adidaya. Amerika Serikat juga menandinginya dengan meluncurkan pesawat satelit Explorer I dan Explorer II , Discovere dan Vanguard pada tahun 1958. Uni Soviet lalu mendaratkan Lunik di bulan bersama kosmonot Yuri Gagarin dengan pesawat Vostok I yang berhasil mengitari bumi selama 108 menit. Amerika Serikat menyusul dengan mengirim astronot Alan Bartlett Shepard, dan berada di luar angkasa selama 15 menit. Kemudian Amerika Serikat berhasil unjuk gigi lagi ketika Neil Amstrong dan Edwin Aldrin berhasil mendaratkan kakinya di permukaan bulan melalui misi Apollo 11 pada Juli 1969.

Pernyataan benar karena selama masa Perang Dingin berlangsung, baik Blok Barat maupun Blok Timur saling berlomba-lomba untuk mampu mengembangkan teknologinya masing-masing. Teknologi ini dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan di bidang persenjataan maupun pesawat antariksa.

Alasan benar karena pada masa Perang Dingin inilah kedua blok dunia ini berhasil meluncurkan pesawat pertamanya ke luar angkasa. Pada Agustus 1957, Uni Soviet berhasil meluncurkan rudal balistik antar benua pertama, dan pada Oktober 1957 juga meluncurkan satelit bumi pertama, Sputnik I. Peluncuran Sputnik I dan Sputnik II menandai awal perlombaan angkasa antar dua negara adidaya. Amerika Serikat juga menandinginya dengan meluncurkan pesawat satelit Explorer I dan Explorer II, Discovere dan Vanguard pada tahun 1958. Uni Soviet lalu mendaratkan Lunik di bulan bersama kosmonot Yuri Gagarin dengan pesawat Vostok I yang berhasil mengitari bumi selama 108 menit. Amerika Serikat menyusul dengan mengirim astronot Alan Bartlett Shepard, dan berada di luar angkasa selama 15 menit. Kemudian Amerika Serikat berhasil unjuk gigi lagi ketika Neil Amstrong dan Edwin Aldrin berhasil mendaratkan kakinya di permukaan bulan melalui misi Apollo 11 pada Juli 1969.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

69

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Merkantilisme merupakan praktik ekonomi yang terjadi di Eropa pada abad ke-16 yang ciri utamanya adalah…. (SBMPTN 2017)

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia