Iklan

Iklan

Pertanyaan

Revolusi hijau membuat bidang pertanian menjadi efisien, tetapi di sisi lain, juga menimbulkan pengangguran di pedesaan. Kondisi ini merupakan dampak modernisasi, yaitu …. (1) kesenjangan sosial dan ekonomi (2) pencemaran lingkungan alam (3) perkembangan IPTEK (4) gaya hidup konsumtif

Revolusi hijau membuat bidang pertanian menjadi efisien, tetapi di sisi lain, juga menimbulkan pengangguran di pedesaan. Kondisi ini merupakan dampak modernisasi, yaitu ….

(1) kesenjangan sosial dan ekonomi

(2) pencemaran lingkungan alam

(3) perkembangan IPTEK

(4) gaya hidup konsumtif

  1. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar

  2. jika jawaban 1 dan 3 benar

  3. jika jawaban 2 dan 4 benar

  4. jika hanya jawaban 4 yang benar

  5. jika semua jawaban benar

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Revolusi hijau adalah sebutan tidak resmi yang dipakai untuk menggambarkan perubahan mendasar dalam pemakaian teknologi budidaya pertanian yang dimulai pada tahun 1950-an hingga 1980-an di banyak negara berkembang, terutama di Asia. Revolusi hijau dapat meningkatkan hasil produksi dalam bidang pertanian. Revolusi hijau berkembang karena sejalan dengan perkembangan IPTEK, khususnya teknologi pertanian. Teknologi pertanian menghasilkan proses mekanisasi, yakni berkembangnya teknologi mesin dan menggantikan tenaga manusia sehingga berakibat pada persoalan pengangguran di pedesaan. Selanjutnya, revolusi hijau ternyata juga menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial dan ekonomi di pedesaan karena revolusi hijau hanya menguntungkan petani yang memiliki tanah lebih dari setengah hektar dan petani kaya di pedesaan.

Revolusi hijau adalah sebutan tidak resmi yang dipakai untuk menggambarkan perubahan mendasar dalam pemakaian teknologi budidaya pertanian yang dimulai pada tahun 1950-an hingga 1980-an di banyak negara berkembang, terutama di Asia. Revolusi hijau dapat meningkatkan hasil produksi dalam bidang pertanian.
Revolusi hijau berkembang karena sejalan dengan perkembangan IPTEK, khususnya teknologi pertanian. Teknologi pertanian menghasilkan proses mekanisasi, yakni berkembangnya teknologi mesin dan menggantikan tenaga manusia sehingga berakibat pada persoalan pengangguran di pedesaan. Selanjutnya, revolusi hijau ternyata juga menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial dan ekonomi di pedesaan karena revolusi hijau hanya menguntungkan petani yang memiliki tanah lebih dari setengah hektar dan petani kaya di pedesaan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor penyebab terjadinya revolusi industri di inggris adalah.... 1. kolonialisasi Inggris di India dan Malaysia 2. ketersediaan bahan-bahan tambang 3. imperialisme Inggris di Amerika dan As...

42

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia