Roboguru

Peran Sukarno, Mohammad Hatta, Radjiman Widyodiningrat, dan Ahmad Subardjo di sekitar proklamasi. Namun kita juga harus menyadari bahwa selain nama-nama yang disebutkan tadi, sebenarnya ada banyak nama yang tergabung dalam BPUPKI maupun PPKI yang juga berperan di sekitar proklamasi. Selanjutnya kalian bisa menggali informasi secara lebih mendalam mengenai peran mereka, untuk kemudian bisa diangkat dalam narasi singkat tentang sejarah perjalanan bangsa!

Pertanyaan

Peran Sukarno, Mohammad Hatta, Radjiman Widyodiningrat, dan Ahmad Subardjo di sekitar proklamasi. Namun kita juga harus menyadari bahwa selain nama-nama yang disebutkan tadi, sebenarnya ada banyak nama yang tergabung dalam BPUPKI maupun PPKI yang juga berperan di sekitar proklamasi. Selanjutnya kalian bisa menggali informasi secara lebih mendalam mengenai peran mereka, untuk kemudian bisa diangkat dalam narasi singkat tentang sejarah perjalanan bangsa!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Sayuti Melik adalah pemuda inspiratif yang lahir dengan nama Muhammad Ibnu Sayuti pada tanggal 22 November 1908 di Sleman. Ayahnya bernama Partoprawito yang merupakan Kepala Desa di Sleman dan Ibunya bernama Sumilah.  Sayuti Melik juga masuk dalam enam orang yang baru ditambahkan tanpa sepengetahuan Jepang pada Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dibentuk 7 Agustus 1945 dan diketuai oleh Ir. Soekarno. Sayuti Melik juga termasuk dalam kelompok Menteng 31, yang berperan dalam penculikan Sukarno dan Hatta pada 16 Agustus 1945. Dimana penculikan bertujuan agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang. Dalam penyusunan naskah Proklamasi, Sayuti memberi gagasan, yakni agar teks Proklamasi ditandatangani Bung Karno dan Bung Hatta saja, atas nama bangsa Indonesia. Usulnya diterima dan Bung Karno pun segera memerintahkan Sayuti untuk mengetiknya. Ia mengubah kalimat "Wakil-wakil bangsa Indonesia" menjadi "Atas nama bangsa Indonesia".

Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo (lahir di Karawang, Jawa Barat, 23 Maret 1896 – meninggal di Jakarta, 15 Desember 1978 pada umur 82 tahun) adalah tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, dan seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Ia adalah Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Achmad Soebardjo memiliki gelar Meester in de Rechten, yang diperoleh di Universitas Leiden Belanda pada tahun 1933. Semasa masih menjadi mahasiswa, Soebardjo aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui beberapa organisasi seperti Jong Java dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda. Pada bulan Februari 1927, ia pun menjadi wakil Indonesia bersama dengan Mohammad Hatta dan para ahli gerakan-gerakan Indonesia pada persidangan antarbangsa "Liga Menentang Imperialisme dan Penindasan Penjajah" yang pertama di Brussels dan kemudiannya di Jerman. Pada persidangan pertama itu juga ada Jawaharlal Nehru dan pemimpin-pemimpin nasionalis yang terkenal dari Asia dan Afrika.[3] Sewaktu kembalinya ke Indonesia, ia aktif menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dan kemudian Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Dengan demikian, Sayuti Melik adalah Panitia anggota Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dan yang mengetik teks proklamasi sedangkan Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo, ia aktif menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dan kemudian Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan 5 tokoh Nasional dan masing masing perannya dalam persiapan kemerdekaan Indonesia

Pembahasan Soal:

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melibatkan beberapa tokoh di dalamnya.  Masing-masing dari tokoh tersebut juga memiliki peranan penting, diantaranya adalah:

  1. Ir.Soekarno dengan perannya: penyusun teks proklamasi, penulis tek proklamasi dengan tangan, pembaca teks proklamasi, menandatangi teks proklamasi bersama Drs.Moh.Hatta atas nama bangsa Indonesia.
  2. Drs.Mohammad Hatta dengan perannya: penyusun teks proklamasi Pemberi ide kalimat teks proklamasi "hal-hal tentang pemindahan kekuasaan dan lain-lain dilaksanakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya". Menandatangi teks proklamasi bersama Soekarno atas nama bangsa Indonesia
  3. Achmad Soebardjo dengan perannya: membebaskan Soekarno dan Hatta dari Rengasdengklok Penyusunan teks proklamasi Pemberi idel kalimat pada teks proklamasi "kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia".
  4. Sayuti Melik dengan perannya: berjasa mengetik naskah Proklamasi
  5. Sukarni dengan perannya: pemuda yang menjadi tokoh sentral peristiwa Rengasdengklok dan mendesak Soekarno-Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, golongan tua dan golongan muda masing-masing memiliki perang dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 

Roboguru

Tuliskan tokoh-tokoh yang berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan! Tuliskan juga peran mereka masing-masing!

Pembahasan Soal:

  1. Soekarno, atau Bung Karno, lahir di Surabaya tanggal 6 Juni 1901 dalam kaitannya dengan proklamasi, beliau merupakan sosok perumus teks proklamasi dan juga bersama Moh. Hatta, diberi kepercayaan membacakan teks proklamasi sebagai pernyataan Kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Sukarno dikenal sebagai pahlawan proklamator
  2. Moh. Hatta, melibatkan diri secara langsung dan ikut andil dalam perumusan teks proklamasi. la juga ikut menandatangani teks proklamasi. Pada peristiwa detik-detik proklamasi, Moh. Hatta tampil sebagai tokoh nomor dua dan mendampingi Bung Karno dalam pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
  3. Ahmad Subarjo, boleh dikatakan sebagai tokoh yang mengakhiri peristiwa Rengasdengklok. Sebab dengan jaminan nyawa Ahmad Subarjo, akhirnya Ir. Sukarno, Moh.Hatta, dan rombongan diperbolehkan kembali ke Jakarta. Ahmad Subarjo secara langsung berperan aktif dan memberikan andil pemikiran tentang rumusan teks proklamasi.
  4. Sukarni, merupakan pelopor penculikan Sukarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Ia juga tokoh yang mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Sukarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Ia ikut memimpin pertemuan untuk membahas strategi penyebarluasan teks proklamasi dan berita tentang proklamasi/
  5. Sayuti Melik, menyaksikan penyusunan teks proklamasi di ruang makan rumah Maeda. Bahkan akhirnya ia dipercaya untuk mengetik teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Sukarno.
  6. B.M Diah, sangat berperan dalam upaya penyebarluasan berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
  7. Latief Hendraningrat. Pada saat pelaksanaan proklamasi, setelah menyiapkan barisan, ia mempersilakan Sukarno membacakan teks proklamasi. Kemudian, Latief Hendraningrat dengan dibantu S. Suhud mengibarkan Sang Saka Merah Putih
  8. Sutan Sjahrir. Pada masa akhir pendudukan Jepang dan menjelang proklamasi termasuk pemuda yang aktif untuk ikut mendesak Bung Hatta dan Bung Karno agar segera memerdekakan Indonesia, karena ia dapat mendengarkan radio bahwa Jepang telah menyerah. Setelah merdeka, pada awal perjuangan mempertahankan kemerdekaan Syahrir diangkat sebagai Perdana Menteri RI
  9. S. Suhud adalah pemuda yang ditugasi mencari tiang bendera dan mengusahakan bendera Merah Putih yang akan dikibarkan. Oleh karena gugup dan tegang, tiang yang digunakan adalah sebatang bambu, padahal tidak terlalu jauh dari rumah Sukarno ada tiang bendera dari besi. S. Suhud bersama Latif Hendraningrat adalah pengibar bendera Merah Putih di halaman rumah Sukarno pada saat Proklamasi 17 Agustus 1945
Roboguru

Naskah proklamasi kemerdekaan dari Soekarno diketik oleh Sayuti Melik, dengan alasan....

Pembahasan Soal:

Sayuti Melik mengubah kata kalimat “wakil-wakil bangsa Indonesia” dengan  “Atas nama Bangsa Indonesia” dengan menambahkan nama “Soekarno-Hatta” dari tulisan tangan Soekarno. Hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan perbedaan persepsi atas kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, jawabannya adalah A.

Roboguru

Tuliskan beberapa perubahan yang terjadi antara naskah tulisan tangan dan naskah tik proklamasi kemerdekaan Indonesia?

Pembahasan Soal:

Beberapa perubahan naskah proklamasi tulisan tangan dan hasil tik yaitu kata tempoh diganti dengan kata tempo. Penulisan tanggal, bulan, dan tahun yang semula Jakarta, 17-8-’05 diubah menjadi Jakarta, hari 17 bulan 8 tahun ‘05. (Tahun 05 adalah singkatan dari tahun Jepang Sumera, yakni tahun 2605 yang bertepatan dengan tahun 1945 Masehi). Kata-kata Wakil-wakil bangsa Indonesia diganti dengan kata-kata Atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi diketik kemudian ditandatangani oleh Sukarno dan Moh. Hatta. Naskah inilah yang kemudian diketik Sayuti Melik dan disebut teks proklamasi yang otentik.


Dengan demikian beberapa perubahan yang terjadi antara naskah tulisan tangan dan naskah tik proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ata tempoh diganti dengan kata tempo, penulisan tanggal, bulan, dan tahun yang semula Jakarta, 17-8-’05 diubah menjadi Jakarta, hari 17 bulan 8 tahun ‘05 dan kata-kata Wakil-wakil bangsa Indonesia diganti dengan kata-kata Atas nama bangsa Indonesia.

Roboguru

Orang yang melakukan beberapa perubahan naskah teks proklamasi pada saat proses pengetikan adalah ….

Pembahasan Soal:

Dalam perumusan naskah proklamasi terdapat beberapa tokoh yang terlibat. Naskah proklamasi dirumuskan oleh Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Subarjo. Ir. Soekarno juga yang menulis naskah tersebut, naskah ini dekenal dengan nama naskah klad atau naskah asli. Setelah naskah proklamasi berhasil dirumuskan kemudian diketik oleh Sayuti Melik atau naskah autentik yang telah mengalami beberapa perubahan dari naskah. Perubahan ini bertujuan agar tidak ada perbedaan persepsi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved