Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan tokoh-tokoh yang berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan! Tuliskan juga peran mereka masing-masing!

Tuliskan tokoh-tokoh yang berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan! Tuliskan juga peran mereka masing-masing!

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

beberapa tokohyang terlibatdalam proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Sukarno yang berperan membacakan teks proklamasi hingga S. Suhud yang bertugas untuk mencari tiang bendera.

beberapa tokoh yang terlibat dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Sukarno yang berperan membacakan teks proklamasi hingga S. Suhud yang bertugas untuk mencari tiang bendera. 

Iklan

Pembahasan

Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 tidak terlepas dari peran tokoh-tokoh yang berjuang untuk memproklamirkan kemerdekaan. Berikut ini tokoh-tokoh yang terlibat dalam persitiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia. Soekarno, atau Bung Karno, lahir di Surabaya tanggal 6 Juni 1901 dalam kaitannya dengan proklamasi, beliau merupakan sosok perumus teks proklamasi dan juga bersamaMoh. Hatta, diberi kepercayaan membacakan teks proklamasi sebagai pernyataan Kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Sukarno dikenal sebagai pahlawan proklamator Moh. Hatta , melibatkan diri secara langsung dan ikut andil dalam perumusan teks proklamasi. la juga ikut menandatangani teks proklamasi. Pada peristiwa detik-detik proklamasi, Moh. Hatta tampil sebagai tokoh nomor dua dan mendampingi Bung Karno dalam pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Ahmad Subarjo, boleh dikatakan sebagai tokoh yang mengakhiri peristiwa Rengasdengklok. Sebab dengan jaminan nyawa Ahmad Subarjo, akhirnya Ir. Sukarno, Moh.Hatta, dan rombongan diperbolehkan kembali ke Jakarta. Ahmad Subarjo secara langsung berperan aktif dan memberikan andil pemikiran tentang rumusan teks proklamasi. Sukarni , merupakan pelopor penculikan Sukarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Ia juga tokoh yang mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Sukarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Ia ikut memimpin pertemuan untuk membahas strategi penyebarluasan teks proklamasi dan berita tentang proklamasi/ Sayuti Melik , menyaksikan penyusunan teks proklamasi di ruang makan rumah Maeda. Bahkan akhirnya ia dipercaya untuk mengetik teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Sukarno. B.M Diah, sangat berperan dalam upaya penyebarluasan berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Latief Hendraningrat . Pada saat pelaksanaan proklamasi, setelah menyiapkan barisan, ia mempersilakan Sukarno membacakan teks proklamasi. Kemudian, Latief Hendraningrat dengan dibantu S. Suhud mengibarkan Sang Saka Merah Putih Sutan Sjahrir . Pada masa akhir pendudukan Jepang dan menjelang proklamasi termasuk pemuda yang aktif untuk ikut mendesak Bung Hatta dan Bung Karno agar segera memerdekakan Indonesia, karena ia dapat mendengarkan radio bahwa Jepang telah menyerah. Setelah merdeka, pada awal perjuangan mempertahankan kemerdekaan Syahrir diangkat sebagai Perdana Menteri RI S. Suhud adalah pemuda yang ditugasi mencari tiang bendera dan mengusahakan bendera Merah Putih yang akan dikibarkan. Oleh karena gugup dan tegang, tiang yang digunakan adalah sebatang bambu, padahal tidak terlalu jauh dari rumah Sukarno ada tiang bendera dari besi. S. Suhud bersama Latif Hendraningrat adalah pengibar bendera Merah Putih di halaman rumah Sukarno pada saat Proklamasi 17 Agustus 1945. Dengan demikian, beberapa tokohyang terlibatdalam proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Sukarno yang berperan membacakan teks proklamasi hingga S. Suhud yang bertugas untuk mencari tiang bendera.

Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 tidak terlepas dari peran tokoh-tokoh yang berjuang untuk memproklamirkan kemerdekaan. Berikut ini tokoh-tokoh yang terlibat dalam persitiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

  1. Soekarno, atau Bung Karno, lahir di Surabaya tanggal 6 Juni 1901 dalam kaitannya dengan proklamasi, beliau merupakan sosok perumus teks proklamasi dan juga bersama Moh. Hatta, diberi kepercayaan membacakan teks proklamasi sebagai pernyataan Kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Sukarno dikenal sebagai pahlawan proklamator
  2. Moh. Hatta, melibatkan diri secara langsung dan ikut andil dalam perumusan teks proklamasi. la juga ikut menandatangani teks proklamasi. Pada peristiwa detik-detik proklamasi, Moh. Hatta tampil sebagai tokoh nomor dua dan mendampingi Bung Karno dalam pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
  3. Ahmad Subarjo, boleh dikatakan sebagai tokoh yang mengakhiri peristiwa Rengasdengklok. Sebab dengan jaminan nyawa Ahmad Subarjo, akhirnya Ir. Sukarno, Moh.Hatta, dan rombongan diperbolehkan kembali ke Jakarta. Ahmad Subarjo secara langsung berperan aktif dan memberikan andil pemikiran tentang rumusan teks proklamasi.
  4. Sukarni, merupakan pelopor penculikan Sukarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Ia juga tokoh yang mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Sukarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Ia ikut memimpin pertemuan untuk membahas strategi penyebarluasan teks proklamasi dan berita tentang proklamasi/
  5. Sayuti Melik, menyaksikan penyusunan teks proklamasi di ruang makan rumah Maeda. Bahkan akhirnya ia dipercaya untuk mengetik teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Sukarno.
  6. B.M Diah, sangat berperan dalam upaya penyebarluasan berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
  7. Latief Hendraningrat. Pada saat pelaksanaan proklamasi, setelah menyiapkan barisan, ia mempersilakan Sukarno membacakan teks proklamasi. Kemudian, Latief Hendraningrat dengan dibantu S. Suhud mengibarkan Sang Saka Merah Putih
  8. Sutan Sjahrir. Pada masa akhir pendudukan Jepang dan menjelang proklamasi termasuk pemuda yang aktif untuk ikut mendesak Bung Hatta dan Bung Karno agar segera memerdekakan Indonesia, karena ia dapat mendengarkan radio bahwa Jepang telah menyerah. Setelah merdeka, pada awal perjuangan mempertahankan kemerdekaan Syahrir diangkat sebagai Perdana Menteri RI
  9. S. Suhud adalah pemuda yang ditugasi mencari tiang bendera dan mengusahakan bendera Merah Putih yang akan dikibarkan. Oleh karena gugup dan tegang, tiang yang digunakan adalah sebatang bambu, padahal tidak terlalu jauh dari rumah Sukarno ada tiang bendera dari besi. S. Suhud bersama Latif Hendraningrat adalah pengibar bendera Merah Putih di halaman rumah Sukarno pada saat Proklamasi 17 Agustus 1945.

Dengan demikian, beberapa tokoh yang terlibat dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Sukarno yang berperan membacakan teks proklamasi hingga S. Suhud yang bertugas untuk mencari tiang bendera. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

44

'felicia'

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan 5 tokoh Nasionaldan masing masing perannya dalam persiapan kemerdekaan Indonesia

17

3.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia