Roboguru
SD

Biografi singkat dari Ahmad Subarjo adalah ...

Pertanyaan

Biografi singkat dari Ahmad Subarjo adalah ...undefined 

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 Subardjo adalah tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, dan Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir pada tanggal 23 Maret 1896. Ia aktif sebagai anggota dari BPUPKI dan menjadi Menteri Luar Negeri Indonesia pertama setelah Indonesia merdeka.space space 

Pembahasan

Ahmad Subardjo Djoyoadisuryo lahir di Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat, tanggal 23 Maret 1896. Ayahnya bernama Teuku Muhammad Yusuf, masih keturunan bangsawan Aceh dari Pidie. Ibu Ahmad Subardjo Djoyoadisuryo bernama Wardinah. Ia keturunan Jawa-Bugis dan anak dari Camat di Telukagung, Cirebon. Semasa remaja, Subarjo sekolah di Hogere Burger School, Jakarta (Setara dengan Sekolah Menengah Atas) pada tahun 1917. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Leiden, Belanda dan memperoleh ijazah Meester in de Rechten (saat ini setara dengan Sarjana Hukum) di bidang undang-undang pada tahun 1933.

Dalam bidang pendidikan, Subardjo merupakan profesor dalam bidang Sejarah Perlembagaan dan Diplomasi Republik Indonesia di Fakultas Kesusasteraan, Universitas Indonesia.  Ketika menjadi mahasiswa, Subardjo aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui organisasi kepemudaan seperti Jong Jawa dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda.

Subarjo juga pernah menjadi utusan Indonesia bersama dengan Mohammad Hatta pada konferensi antar bangsa "Liga Menentang Imperialisme dan Penindasan Penjajah" yang pertama di Brussels dan kemudiannya di Jerman. Pada persidangan pertama itu juga ia bertemu Jawaharlal Nehru dan pemimpin-pemimpin nasionalis yang terkenal dari Asia dan Afrika. Sewaktu kembalinya ke Indonesia, ia aktif menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Setelah Indonesia merdeka, Subardjo menjadi Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama.

Dengan demikian, Subardjo adalah tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, dan Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir pada tanggal 23 Maret 1896. Ia aktif sebagai anggota dari BPUPKI dan menjadi Menteri Luar Negeri Indonesia pertama setelah Indonesia merdeka.space space 

1rb+

1.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Ahmad Soebardjo adalah salah satu tokoh penting dalam peristiwa Proklamasi. Peran Soebardjo dalam peritiwa Proklamasi adalah….

2rb+

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia