Iklan

Iklan

Pertanyaan

undefined 

Penyebab tingginya kriminalitas dan pelanggaran norma hukum di Indonesia adalah...

Penyebab tingginya kriminalitas dan pelanggaran norma hukum di Indonesia adalah... 

  1. pesatnya perkembangan penduduk Indonesiaundefined 

  2. tingkat kemiskinan yang masih tinggiundefined 

  3. rendahnya kesadaran warga negara terhadap hukum undefined 

  4. tuntutan kehidupan yang semakin meningkatundefined 

  5. penetapan sanksi hukum yang ringan undefined 

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Kriminalitas dalam KBBI berartiperbuatan yang melanggar hukum pidana, kejahatan. Dari pengertian tersebut bisa diketahui bahwa kriminalitas merupakan segala tindakan atau sesuatu yang dilakukan individu, kelompok, ataupun komunitas yang melanggar hukum atau suatu tindakan kejahatan, sehingga mengganggu keseimbangan atau stabilitas sosial dalam masyarakat.Kriminalitassebagai masalah sosial merupakan segala sesuatu perbuatan yang melanggar hukum dan melanggar norma-norma sosial. Contoh kriminalitas yang ada didalam kehidupan masyarakat seperti korupsi, perampokan dan lain-lain. Kriminalitasdisebabkan oleh berbagai faktor seperti faktor demografis (pertambahan penduduk), faktor ekologik (penyebaranruang pemukiman), faktor ekonomi (kemiskinan, pengangguran) dan faktor sosial (ekonomi, keluarga,pendidikan, politik, dan agama). Selain beberapa faktor tersebut kurangnya kesadaran hukum juga mempengaruhi kriminalitas dalam kehidupan masyarakat. Karena jika masyarakat sadar dengan adanya hukum yang berlaku, maka masyarakat dapat mengkontrol perilaku dan tindakan dalam kehidupan sosialnya. Karena hukum adalah pedoman perilaku masyarakat. Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Kriminalitas dalam KBBI berarti perbuatan yang melanggar hukum pidana, kejahatan. Dari pengertian tersebut bisa diketahui bahwa kriminalitas merupakan segala tindakan atau sesuatu yang dilakukan individu, kelompok, ataupun komunitas yang melanggar hukum atau suatu tindakan kejahatan, sehingga mengganggu keseimbangan atau stabilitas sosial dalam masyarakat. Kriminalitas sebagai masalah sosial merupakan segala sesuatu perbuatan yang melanggar hukum dan melanggar norma-norma sosial. Contoh kriminalitas yang ada didalam kehidupan masyarakat seperti korupsi, perampokan dan lain-lain. 

Kriminalitas disebabkan oleh berbagai faktor seperti faktor demografis (pertambahan penduduk), faktor ekologik (penyebaranruang pemukiman), faktor ekonomi (kemiskinan, pengangguran) dan faktor sosial (ekonomi, keluarga,pendidikan,
politik, dan agama). Selain beberapa faktor tersebut kurangnya kesadaran hukum juga mempengaruhi kriminalitas dalam kehidupan masyarakat. Karena jika masyarakat sadar dengan adanya hukum yang berlaku, maka masyarakat dapat mengkontrol perilaku dan tindakan dalam kehidupan sosialnya. Karena hukum adalah pedoman perilaku masyarakat. 

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.  undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Indonesia termasuk Negara berkembang. Salah satu gejala sosial di negara berkembang diantaranya masih tingginya angka kejahatan. Langkah-langkah apayang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tinggin...

126

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia