Roboguru

Kasus pelecehan seksual yang terjadi di angkutan u...

Kasus pelecehan seksual yang terjadi di angkutan umum menimbulkan keresahan masyarakat terutama kaum perempuan. Berikan solusi Anda untuk meminimalisasi tindak kejahatan pelecehan seksual di angkutan umum!space 
 

  1. ...space 

  2. ...space 

Jawaban:

Kasus pelecehan seksual yang terjadi di angkutan umum menimbulkan keresahan masyarakat terutama kaum perempuan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari pelecehan seksual, yaitu:

  1. Menanggapi Catcalling: Catcalling adalah perlakuan berupa siulan, panggilan, seruan, atau apa pun yang sifatnya verbal dengan tendensi seksual, kepada perempuan (atau gender lain, tapi pada umumnya perempuan) yang sedang lewat. Hal tersebut sulit sekali dihindari, apa lagi jika perempuan tersebut memiliki paras yang cantik atau berpenampilan menarik. Apa bila kamu mengalami hal ini, bersikap tegas dan tujukan ekspresi ketidaksukaan kamu terhadap hal tersebut.
  2. Bersikap tegas dan berani memberikan teguran: Kalau kamu pengguna transportasi umum dimana dalam transportasi tesebut terdapat banyak orang, kamu harus waspada dan selalu berjaga-jaga akan tubuhmu. Biasanya pelecehan seksual berupa sentuhan pada beberapa bagian tubuh kamu dan sebagai perempuan rawan sekali terjadi ketika terdapat banyak orang yang berdesak-desakan seperti di bis atau kereta misalnya. Jika hal ini terjadi, segeralah berganti posisi dan tegur secara tegas dan lantang agar ia merasa dipermalukan dan orang disekitar mu pun akan ikut memperhatikannya.
  3. Bekali diri dengan pengetahuan bela diri: Perempuan harus dapat membela diri apa bila pelecehan seksual yang diterimanya sudah berupa paksaan fisik atau mengarah ke pemerkosaan bahkan penculikan. Apa bila hal seperti ini terjadi, setidaknya kamu bisa melakukan perlawanan seperti menendang alat kemaluannya, mendorong, memukul, dan lain-lain.
  4. Jangan diam, laporkan! : Indonesia memiliki hukum yang sangat ketat dalam menindak perlakuan pelecehan seksual, apa lagi ketika tindakan tersebut sudah mengarah pada ranah kriminal. Jangan takut untuk melaporkan kepada pihak berwajib apabila kamu mengalami pelecehan seksual tersebut, baik yang berupa sentuhan atau raba-an, hingga ketingkat pemaksaan sekalipun. Kalau kamu merasa khawatir melaporkannya langsung kepada pihak berwajib, kamu bisa mengutarakannya terlebih dahulu kepada orang terdekat kamu, orang tua misalnya.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved