Roboguru

Penyebab runtuhnya kekuasaan Samudera Pasai ?

Pertanyaan

Penyebab runtuhnya kekuasaan Samudera Pasai ?

Pembahasan Soal:

Samudera Pasai merupakan kerajaan Islam yang berdiri pada sekitar tahun 1267 Masehi. Kerajaan Samudera Pasai terletak di pesisir pantai Sumatera bagian utara. Akar keruntuhan Samudera Pasai telah terlihat pada masa pemerinthan Sultan Malik Az-Zahir sekitar pertengahan abad ke-14 Masehi. Keruntuhan Samudera Pasai disebabkan oleh dua faktor, yaitu internal dan eksternal yang saling berkesinambungan satu dan yang lainnya. Faktor penyebab runtuhnya kerajaan samudera pasai adalah sebagai berikut.

  1. Kerajaan Majapahit berambisi menyatukan Nusantara, yaitu pada tahun 1339 M Patih Majapahit Gajah Mada menyerang Samudera Pasai.
  2. Berdirinya Bandar Malaka yang letaknya lebih strategis.
  3. Setelah Sultan Malik ath-Thahir meninggal tidak ada penggantinya yang cakap dan terkenal sehingga peran penyebaran agama Islam diambil alih oleh Kerajaan Aceh.
  4. Terjadi Perebutan kekuasaan yakni pemberontakan yang dilakukan oleh sekelompok orang pada masa Sultan Zainal Abidin Bahian Syah Malik al-Tahir.
  5. Serangan bangsa portugis yang memanfaatkan konflik intern yang terjadi saat itu.

Dengan demikian, keruntuhan kerajaan Samudera Pasai disebabkan oleh 2 faktor yakni Faktor internal dan eksternal. Faktor internal keruntuhan Samudera Pasai, yaitu: konflik di lingkungan istana dan munculnya pemberontakan. Faktor eksternal keruntuhan Samudera Pasai, yakni : serangan kerajaan Majapahit, munculnya Kesultanan Malaka dan serangan Portugis terhadap kawasan Malaka.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam catatan sejarah, Kerajaan Samudera Pasai mengalami kemunduran setelah terjadi peristiwa ...

Pembahasan Soal:

Kesultanan Samudera Pasai yang berdiri pada abad ke-13 masehi dan berakhir pada abad ke-16 masehi, merupakan salah satu Kesultanan Islam di Nusantara. Kehadirannya di Ujung Pulau Sumatera, sempat menjadi wilayah penting dalam aktivitas perdagangan dunia, sebab secara geografis dekat dengan pelabuhan Selat Malaka sebagai pelabuhan penting perdagangan maritim pada masanya.
Adapun titik kemorosotan Kesultanan Samudera Pasai, sejatinya dimulai ketika tahun 1514, ketika Samudera Pasai berada di bawah pimpinan Sultan Zainan Abidin IV. Hal tersebut bermula ketika pada tahun 1511, armada Portugis tiba di Selat Malaka dan mulai mendominasi aktivitas perdagangan di sana, dalam arti menganggu stabilitas perekonomian Samudera Pasai. Ambisi Portugis untuk terus menguasai dan memperluas pengaruhnya memuncak pada tahun 1521, ketika ia melakukan serangan dan sekaligus menaklukan Kesultanan Samudera Pasai, mengakhiri Kesultanan Samudera Pasai yang telah berlangsung sekitar 300 tahun.

Dengan begitu, opsi jawaban benar adalah A.

1

Roboguru

Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kemunduran Kerajaan Samudera Pasai!

Pembahasan Soal:

Kerajaan Samudera Pasai merupakan salah satu kerajaan Islam tertua dan terbesar di Indonesia. Kerajaan Samudera Pasai diperkirakan tumbuh dan berkembang pada tahun 1270-1275 M. Kerajaan tersebut didirikan oleh Sultan Malik as-Saleh. Sumber-sumber mengenai kerajaan Samudera Pasai tertulis dalam catatan perjalanan Tome Pires serta sejumlah hikayat. Faktor penyebab keruntuhan kerajaan Samudra Pasai karena permasalahan internal dan eksternal. Faktor internal yang dimaksud adalah perang antar saudara di dalam tubuh kerajaan, yakni kaitannya dengan perebutan kekuasaan. Selain itu, faktor eksterna penyebab keruntuhan kerajaan Samudra Pasai karena kedatangan Portugis ke Nusantara, adanya penaklukan oleh Gajah Mada pada masa kekuasaan Sultan Ahmad Malik Az-Zahir, serta tidak mampu bersaing dengan Kesultanan Aceh yang berkembang pada abad ke-16 M.

Dengan demikian, faktor penyebab kemunduran kerajaan Samudera Pasai adalah adanya konflik internal, serangan dari Majapahit, kedatangan Portugis, serta kalah bersaing dengan Kesultanan Aceh.

0

Roboguru

Kemukakan beberapa hal yang menyebabkan kemunduran kerajaan Samudra Pasai!

Pembahasan Soal:

Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan runtuhnya kerajaan Sriwijaya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

Faktor Internal :

  1. Pemimpin yang kurang cakap setelah Sultan Malik Al Tharir. Sultan Malik Al Tharir adalah pembawa kejayaan Kerajaan Samudra Pasai. Sepeninggal Sultan Malik Al Tharir, kerajaan berpindah pada penerusnya. Namun, karena kinerja yang kurang cakap, Kerajaan Samudera Pasai terus mengalami kemunduran.
  2. Terjadinya perebutan kekuasaan. Perebutan kekuasaan dan pemberontakan yang terjadi pada zaman pemerintahan Sultan Zainal Abidin membuat kekuatan kerajaan ini melemah. Pemberontakan ini sempat ditulis di dalam berita-berita Cina sumber sejarah kerajaan ini.

Faktor Eksternal :

  1. Penyerangan dari Kerajaan Majapahit. Tekad Mahapatih Gajah Mada untuk menyatukan seluruh wilayah Nusantara dalam sumpah Palapa membuat Majapahit juga menyerang Samudra Pasai. Beberapa bagian kerajaan Samudra Pasai tidak dapat dipertahankan dan akhirnya jatuh ke tangan Majapahit.
  2. Kalah saing dengan Pelabuhan Malaka. Semenjak pusat perdagangan beralih ke Selat Malaka, Pelabuhan Pasai mulai sepi dan mengalami kerugian, karena komoditas utamanya yaitu lada batal untuk dikirim.
  3. Penyerangan dari Portugis. Akhir riwayat dari kerajaan ini adalah penyerangan Portugis yang memanfaatkan konflik internal yang terjadi. Kerajaan Samudra Pasai runtuh sekitar tahun 1500 karena penyerangan ini.

Dengan demikian, faktor yang menyebabkan runtuhnya kerajaan Samudera Pasai seperti faktor internal yaitu pemimpin yang kurang cakap setelah Sultan Malik Al Tharir dan terjadinya perebutan kekuasaan. Faktor eksternal yaitu penyerangan dari Kerajaan Majapahit, kalah saing dengan Pelabuhan Malaka dan penyerangan dari Portugis.

0

Roboguru

Sejarah Kerajaan Samudera Pasai...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Samudera Pasai didirikan oleh Sultan Malik al-Saleh sekitar tahun 1267. Pada masa pemerintahannya Kerajaan Samudera Pasai beribu kota di Pasai, yang berada di pesisir. Hal ini membuat kerajaan tersebut lebih mengembangkan sektor perdagangan, terlebih lagi dengan posisi yang strategis berdekatan dengan Selat Malaka. Setelah Sultan Malik al-Saleh wafat, posisinya digantikan oleh Sultan Muhammad. Selama pemerintahannya, Pasai telah memiliki hubungan dagang dengan Tiongkok, Gujarat, dan Benggala. Adapun komoditas utama perdagangannya yaitu lada, kapur, barus dan emas. Pada masa berikutnya setelah Sultan Muhammad wafat, posisinya digantikan oleh anaknya Mahmud az-Zahir. Pada masa pemerintahannya Pasai mencapai masa keemasan. Selain itu aktivitas perdagangan di Pasai pun berkembang pesat. Pasai menjelma menjadi pusat perdagangan Internasional yang ramai dikunjungi oleh para pedagang dari Asia, Afrika dan Eropa. Kemajuan perekonomian membawa dampak pada kehidupan sosial masyarakat. Kehidupan sosial di Kerajaan Pasai diatur menurut aturan dan hukum Islam. Sebagai Kerajaan Islam pertama, Pasai juga memiliki kontribusi besar dalam pengembangan dan penyebaran Islam di Nusantara.
Setelah Mahmud Malik az-Zahir wafat, pemerintahan dilanjutkan oleh Ahmad Malik az-Zahir. Namun pada masa pemerintahannya terjadi serangan dari Kerajaan Majapahit, Pasai pun kalah dan rakyatnya tercerai-berai. Namun Kerajaan Samudera Pasai akhirnya bisa bangkit kembali setelah dipimpin oleh Zain al-Abidin Malik az-Zahir. Hingga pada awal abad XVI, terjadi beberapa pemberontakan internal yang mengakibatkan perang saudara. Lalu pada tahun 1524, wilayah Pasai menjadi bagian dari Kesultanan Aceh.

Dengan demikian, sejarah dari Kerajaan Samudera Pasai dimulai pada tahun 1267 dan berakhir pada 1524. Kerajaan ini bercorak maritim niaga, dan mencapai masa kejayaannya dibawah pemerintahan dari Sultan Mahmud Az-Zahir. Hingga akhirnya runtuh dan menjadi bagian dari Kesultanan Aceh.

0

Roboguru

Faktor2 apa saja yang membuat SAMUDRA PASAI mengalami kemunduran?

Pembahasan Soal:

Runtuhnya kerajaan Samudra Pasai adalah disebabkan karena masalah internal dan eksternal. Adapun faktor internal yang dimaksud adalah perang antar saudara di dalam tubuh kerajaan, yakni kaitannya dengan perebutan kekuasaan. Selain itu, penyebab keruntuhan kerajaan Samudra Pasai yang kedua adalah karena kedatangan Portugis ke Nusantara. Kerajaan Samudra Pasai dikuasai oleh Portugis pada tahun 1924 selama tiga tahun Di mana Selat Malaka yang dikuasai Portugis itu adalah lingkup wilayah Samudra Pasai yang kemudian dengan mudahnya Portugis masuk ke wilayah kerajaan. Selanjutnya, pada tahun 1345, Gajah Mada memimpin pasukan Majapahit untuk menaklukkan kekuasaan Sultan Ahmad Malik Az-Zahir. Dengan demikian, faktor penyebab runtuhnya Samudra Pasai adalah perebutan kekuasaan di dalam kerajaan, serangan dari Portugis dan serangan dari Kerajaan Majapahit.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved