Roboguru

Penulisan kalimat di atas menjadi benar jika diperbaiki dengan cara

Pertanyaan

Penulisan kalimat di atas menjadi benar jika diperbaiki dengan cara 

  1. Menambahkan tanda koma (,) sebelum kata yakni 

  2. Menghilangkan tanda koma (,) setelah kata bekerja 

  3. Menulis kata pimpinan dengan huruf awal kapital 

  4. Menulis kata pabrik rotan dengan huruf awal kapital 

  5. Menulis kata pengawas perusahaan dengan huruf awal kapital 

Pembahasan Soal:

Salah satu fungsi tanda koma (,) adalah memisahkan subjek dengan keterangan penjelas subjek. Dalam hal ini, yakni karyawan yang berprestasi dalam bekerja merupakan anak kalimat perluasan subjek. Selain itu, kata yakni digunakan sebagai kata hubung untuk memerinci keterangan kalimat dengan didahului tanda koma.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bacalah teks berikut!   Rumah itu sudah lama ditinggalkan pemiliknya. Bahkan, beberapa hari yang lalu dipasang plang akan dijual. Namun, rumah besar dan strategik seperti itu tentu berharga sangat ma...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan KBBI V, strategis adalah bentuk baku dari strategik, sedangkan kata yang lain sudah tepat penulisannya.  Maka dari itu, jawaban yang paling tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Ejaan pada kalimat di atas menjadi benar dan sesuai dengan pedoman EYD jika diperbaiki dengan cara ....

Pembahasan Soal:

“Di” pada kata “diantaranya” merupakan partikel preposisi, bukan imbuhan sehingga penulisannya harus dipisah dengan kata yang mengikutinya. Untuk membedakan imbuhan dan preposisi dapat dilakukan dengan menguji pasangan dari imbuhan di­-. Kata berimbuhan di- merupakan bentuk pasif dari kata berimbuhan me- sehingga kata dengan bentukan di- yang digabung seharusnya dapat diganti menjadi me-. Contoh, kata dibuat dapat berubah menjadi membuat. Akan tetapi, kata diantaranya tidak dapat berubah menjadi mengantaranya. Karena kata antara merupakan kata yang menunjukkan posisi, penulisan yang benar memang harus dipisah. Bentukan lain yang tidak memiliki pasangan, tetapi tidak juga dapat dipisah penulisannya adalah kata dikarenakan. Bentuk ini tidak memiliki bentuk aktif mengarenakan, tetapi kata dasarnya bukan berupa tempat sehingga kata tersebut merupakan kata yang tidak baku.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Perbaikilah penulisan kata serapan di bawah ini! energy = ...

Pembahasan Soal:

Kata serapan adalah kata yang berasal dari bahasa daerah maupun bahasa asing yang ejaan, ucapan, dan tulisannya disesuaikan. Kata serapan yang sudah disesuaikan dapat dilihat bentuk baku dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Menurut KBBI, kata energy merupakan bentuk yang tidak baku. Kata yang benar dan baku adalah energi. Penulisan yang benar adalah energi. Kata energi merupakan kata serapan dalam bahasa Indonesia yang berasal dari kata energy (Inggris).

Dengan demikian, penulisan yang benar adalah energi.

0

Roboguru

Apakah kata serapan di bawah ini penulisannya sudah benar? berilah tanda centang (✓) jika kata tersebut sudah tepat penulisannya! __sentral

Pembahasan Soal:

Kata sentral merupakan kata serapan dalam bahasa Indonesia yang berasal dari kata central (Inggris). Menurut KBBI, kata sentral merupakan kata yang benar dan baku. Penulisan yang benar adalah sentral.


Dengan demikian, penulisan kata serapan di atas sudah benar yaitu sentral.space 

0

Roboguru

Perhatikan teks berikut!       (1) Perkembangan teknologi informasi (TI) saat ini ternyata tidak dibarengi dengan filterisasi budaya masyarakat luar yang justru makin mendegradasikan nilai moral anak...

Pembahasan Soal:

Kalimat di atas memuat kesalahan penggunaan tanda baca, yakni di antara kalimat (4), (6), (8), (12), dan (13). Penjelasan masing-masing kalimat tersebut adalah sebagai berikut.
 

  • Kalimat (4) memuat tanda baca koma (,) sebelum kata bahwa. Pemakaian tanda baca tersebut tidak tepat karena salah satu aturan tanda koma adalah dipakai setelah konjungsi pertentangan dalam kalimat majemuk setara. Kata bahkan bukan merupakan konjungsi  Kalimat (4) tidak memenuhi kriteria tersebut. 
  • Kalimat (6) memuat tanda koma (,) setelah kata bahkan dan kata tetapi. Menurut PUEBI, tanda koma dipakai setelah konjungsi antarkalimat atau sebelum konjungsi pertentangan. Kata bahkan merupakan konjungsi antarkalimat, sedangkan kata tetapi merupakan konjungsi pertentangan. Jadi, pemakaian tanda koma pada kalimat (6) sudah tepat.
  • Selain itu, kalimat (6) juga memuat tanda petik (“...”) pada kata wah. Berdasarkan PUEBI, tanda petik dipakai untuk mengapit istilah ilmiah yang kurang dikenal atau kata yang mempunyai arti khusus. Kata wah pada teks di atas memuat arti khusus, bukan arti sebenarnya, yakni ‘hebat’ atau ‘keren’. Jadi, pemakaian tanda petik pada kalimat (6) sudah tepat.
  • Kalimat (8) memuat tanda koma (,) setelah kata sementara. Berdasarkan PUEBI, tanda koma dipakai setelah konjungsi antarkalimat. Kata sementara merupakan konjungsi antarkalimat sehingga pemakaian tanda koma sudah tepat.
  • Kalimat (12) memuat tanda koma (,) di antara bagian seperti film dan sinetron. Pemakaian tanda koma tersebut sudah sesuai PUEBI, yakni tanda koma dipakai untuk mengapit keterangan tambahan atau keterangan aposisi.
  • Kalimat (13) memuat tanda koma (,) setelah kata tampaknya. Salah satu aturan tanda koma adalah dipakai setelah keterangan yang terdapat pada awal kalimat. Kata tampaknya merupakan keterangan yang mengawali kalimat sehingga pemakaian tanda koma sudah tepat.


Berdasarkan penjelasan tersebut, kesalahan penggunaan tanda baca ditemukan pada kalimat (4) Seharusnya disadari bahwa, dunia maya hanya sekadar gambaran dan bukan realita yang diciptakan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved