Roboguru

Penggalan teks editorial tersebut termasuk bagian struktur ....

Pertanyaan

Penggalan teks editorial tersebut termasuk bagian struktur ....space space space 

  1. pernyataan pendapatspace space space 

  2. argumentasispace space space 

  3. argumen pendukungspace space space 

  4. argumen oposisispace space space 

  5. penegasan ulang pendapatspace space space 

Pembahasan Soal:

Struktur teks editorial terdiri dari tiga bagian.

  1. Pernyataan pendapat atau tesis adalah topik yang dibahas oleh tim redaksi digunakan sebagai pembuka teks editorial. Tesis ini berisi teori yang didukung oleh argumen.
  2. Argumentasi adalah alasan atau gagasan yang digunakan penulis untuk memperkuat pernyataan yang dikemukakan penulis. Pada bagian ini penulis bisa mendukung atau menentang hal yang disampaikan di bagian pernyataan pendapat.
  3. Pernyataan ulang pendapat adalah pernyataan pernyataan pendapat yang telah dikemukakan pada bagian pembuka kemudian diulang lagi di bagian ini. Bagian ini juga berfungsi untuk mengakhiri teks sekaligus simpulan teks editorial.


Teks tersebut termasuk ke dalam bagian argumentasi yang mendukung sebab pada teks tersebut berisi fakta yang disertai dengan argumen mengenai keutusan dan sikap politi yang diambil oleh presiden. Salah satu argumen yang disertai fakta yang dikemukakan oleh penulis adalah Pilihan dan sikap politik Presiden itu sah-sah saja karena faktanya gerilya melemahkan KPK banyak datang dari partai pendukung pemerintahan Presiden.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kontroversi dalam teks editorial tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kontroversi memiliki arti perdebatan. Jadi, kontroversi dalam teks editorial diartikan sebagai suatu perdebatan atau permasalahan terhadap suatu topik yang sedang hangat diperbincangkan. Biasanya hal ini menunjukkan bahwa topik tersebut sangat serius.

Berdasarkan penjelasan di atas, kontroversi dalam teks editorial tersebut adalah "Vonis hukuman mati belurn efektif menjera koruptor". Hal ini sesuai dengan kutipan teks kalimat yang berbunyi "Bahkan, hukuman mati pun belum tentu efektif membuat orang jera sepanjang tidak ada upaya pemiskinan bagi pelaku dan keluarganya".


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space

0

Roboguru

Peta konsep berdasarkan isi teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Peta konsep adalah suatu bagan skematis atau ilustrasi grafis untuk mewakili hubungan yang bermakna antara satu konsep dengan konsep lainnya sehingga menjelaskan suatu pengertian konseptual seseorang dalam suatu rangkaian pernyataan.

Peta konsep berdasarkan isi teks tersebut adalah daya tahan virus corona, cara menghindarinya. Menurut WHO, studi menunjukkan COVID 19 dapat bertahan paling lama sampai 72 jam di permukaan tertentu. Oleh karena itu, cara menghindari paparan virus disarankan agar membersihkan permukaan yang sering disentuh dengan disinfektan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Bacalah kutipan artikel berikut!     Para penyuluh yang tergabung dalam Kostratani akan lebih leluasa melakukan penyuluhan tanpa mengabaikan protokol social distancing. Meskipun ada pembatasan kunj...

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Kutipan tersebut termasuk dalam struktur ....

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi dari redaksi terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu bisa meliputi masalah politik, masalah sosial, juga masalah ekonomi. Dengan demikian, struktur umum dari teks ini meliputi:

  1. Tesis (pengenalan Isu) merupakan pendahuluan teks editorial berupa pendapat dan gambar umum mengenai isu yang dikomentari.
  2. Argumen (penyampaian pendapat) ialah pembahasan mendetail mengenai peristiwa yang dikomentari penguatan terhadap pendapat dalam bentuk argumen logis maupun data faktual.
  3. Penegasan (ulang) merupakan saran, rekomendasi, kesimpulan, hingga harapan yang berkaitan dengan solusi ataupun sekedar prediksi ke depan mengenai berita yang dikomentari.

Teks di atas merupakan gambaran dari isu Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang dihadiri oleh presiden dan ibu negara.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan D.space 

 

0

Roboguru

Kutipan tajuk rencana tersebut termasuk struktur ....

Pembahasan Soal:

Teks editorial, disebut juga tajuk rencana adalah artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran yang merupakan pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa (berita) aktual (sedang menjadi sorotan), fenomenal, dan kontroversial (menimbulkan perbedaan pendapat). Struktur teks editorial adalah sebagai berikut:

  1. Pengenalan isu, berisi pendahuluan untuk mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas dalam bagian berikutnya. Pada bagian pengenalan isu disajikan peristiwa persoalan aktual, fenomenal, dan kontroversial.
  2. Penyampaian argumen, berisi pembahasan berupa tanggapan redaksi terhadap isu yang sudah diperkenalkan sebelumnya.
  3. Penegasan, berisi simpulan, saran atau rekomendasi. Di dalamnya juga terselip harapan redaksi kepada para pihak terkait dalam menghadapi atau mengatasi persoalan yang terjadi dalam isu tersebut.

Kutipan teks tersebut berisi pendahuluan berupa mengenalkan isu mencari energi alternatif. Persoalan yang menjadi sorotan saat ini adalah dunia sibuk mencari energi alternatif tersebut. Ternyata, bumi pertiwi kita yang mengandung bahan yang tidak akan habis. Sumber energi tersebut dari gugusan berapi dan curah hujan sehingga membentuk kandungan uap yang disebut geothermal.
Dengan demikian, kutipan tajuk rencana tersebut termasuk struktur pengenalan isu.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved