Roboguru

Bacalah kutipan teks editorial berikut dengan cermat! Kantong Plastik Tak Lagi Gratis     (1) Kantong plastik kini tidak lagi bisa diperoleh dengan gratis saat berbelanja. Mulai hari ini warga Jakarta diharuskan membeli kantong plastik seharga Rp200 saat berbelanja di ritel-ritel modern. Jika tidak ingin membeli kantong plastik, warga dipersilakan membawa tas belanja dari rumah.     (2) Kemarin, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengumumkan komitmen bersama dengan para anggotanya untuk memberlakukan kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG). Kebijakan ini bertujuan mengedukasi masyarakat untuk mengurangi sampah plastik yang merusak lingkungan.     (3) Sejumlah kota di Indonesia, di antaranya Bogor, Denpasar, Balikpapan, dan Samarinda sudah lebih dulu memberlakukan kebijakan "diet" kantong plastik. Bahkan di kota-kota tersebut kantong plastik sudah tidak disediakan sama sekali. Ketiga paragraf di atas merupakan bagian dari teks editorial yang disebut ....

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks editorial berikut dengan cermat!


Kantong Plastik Tak Lagi Gratis

    (1) Kantong plastik kini tidak lagi bisa diperoleh dengan gratis saat berbelanja. Mulai hari ini warga Jakarta diharuskan membeli kantong plastik seharga Rp200 saat berbelanja di ritel-ritel modern. Jika tidak ingin membeli kantong plastik, warga dipersilakan membawa tas belanja dari rumah.

    (2) Kemarin, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengumumkan komitmen bersama dengan para anggotanya untuk memberlakukan kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG). Kebijakan ini bertujuan mengedukasi masyarakat untuk mengurangi sampah plastik yang merusak lingkungan.

    (3) Sejumlah kota di Indonesia, di antaranya Bogor, Denpasar, Balikpapan, dan Samarinda sudah lebih dulu memberlakukan kebijakan "diet" kantong plastik. Bahkan di kota-kota tersebut kantong plastik sudah tidak disediakan sama sekali.


Ketiga paragraf di atas merupakan bagian dari teks editorial yang disebut ....undefined  

  1. pengenalan isuundefined 

  2. penyampaian pendapatundefined 

  3. penegasan ulangundefined 

  4. simpulanundefined 

  5. saranundefined 

Pembahasan:

Struktur teks editorial terdiri atas tiga bagian, yaitu pengenalan isu, penyampaian pendapat/argumentasi, dan penegasan ulang. Pengenalan isu merupakan bagian pendahuluan pada teks editorial. Bagian ini berfungsi untuk mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas dalam teks. Sesuai dengan judul teks di atas, yaitu “Kantong Plastik Tak Lagi Gratis”, bagian pendahuluan teks tersebut juga harus membahas topik “Kantong Plastik Tak Lagi Gratis”. Topik tersebut disajikan pada paragraf 1—3. Dengan demikian, paragraf 1—3 teks di atas merupakan bagian pengenalan/isu.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut ini!     Lebaran di Indonesia selalu diwarnai dengan kemacetan akibat mudik di berbagai wilayah khususnya pulau Jawa dan Sumatra. Pemerintah telah menyediakan berbaga...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved