Pengertian di atas merupakan jenis pola pengembangan . . . .

Pertanyaan

Pola pengembangan ini mendahulukan gagasan utama pada bagian awal yang diuraikan atau dijelaskan dengan bukti, fakta, atau contoh melalui gagasan pendukungnya. space

Pengertian di atas merupakan jenis pola pengembangan . . . .space 

  1. deduktifspace

  2. induktifspace

  3. analogispace

  4. prosesspace

  5. klasifikasispace

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan

Teks Eksposisi adalah teks yang berisi sebuah informasi tentang sesuatu yang benar terjadi atau berdasarkan fakta dan bersifat nonfiksi. Jenis-jenis pola pengembangan teks eksposisi, yaitu :

  1. Pola umum-khusus (deduktif), yaitu pola pengembangan dengan mendahulukan kesimpulan pada  bagian awal. Pada kesimpulan tersebut terdapat gagasan utama yang diuraikan atau dijelaskan dengan bukti, fakta, atau contoh melalui gagasan pendukungnya. 
  2. Pola khusus-umum (induktif) , yaitu pola pengembangan dengan menguraikan data empiris berupa bukti, fakta atau alasan sebagai gagasan penjelas pada awal paragraf, yang diakhiri dengan kesimpulan yang berisi gagasan utama pada bagian akhir. 
  3. Pola perbandingan, yaitu pola pengembangan yangmembandingkan dengan hal yang lain, berdasarkan unsur kesamaan dan perbedaan, kerugian dengan keuntungan, kelebihan dengan kekurangan.
  4. Pola pertentangan, yaitu pola pengembangan yang mempertentangkan dengan gagasan lain.
  5. Pola analogi, yaitu pola pengembangan yang menunjukkan kesamaan-kesamaan antara dua hal yang berlainan kelasnya, tetapi tetap memperhatikan kesamaan segi atau fungsi dari kedua hal tersebut sebagai ilustrasi.
  6. Pola proses. yaitu pola pengembangan yang gagasan utamanya disusun berdasarkan urutan proses terjadinya sesuatu.
  7. Pola klasifikasi, yaitu pola pengembangan dengan cara mengelompokkan hal-hal yang dianggap mempunyai kesamaan-kesamaan tertentu.
  8. Pola contoh, yaitu pola pengembangan dengan menyajikan gagasan utama yang diuraikan menjadi beberapa gagasan penjelas berupa llustrasi, contoh, atau gambaran.
  9. Pola definisi, yaitu pola pengembangan dengan menyajikan gagasan utama yang diuraikan menjadi beberapa gagasan penjelas berupa definisi atau batas pengertian.
  10. Pola sebab - akibat atau akibat - sebab, yaitu pola pengembangan dengan bagian "sebab" bisa bertindak sebagai gagasan utama, sedangkan "akibat" sebagai perincian pengembangannya, atau sebaliknya, "akibat" sebagai gagasan utama, sedangkan untuk memahami sepenuhnya "akibat" itu perlu dikemukakan sejumlah "sebab" sebagai perinciannya.


Dapat disimpulkan, pola pengembangan yang mendahulukan gagasan utama pada bagian awal yang diuraikan atau dijelaskan dengan bukti, fakta, atau contoh melalui gagasan pendukungnya disebut pola deduktif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

3

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jenis pengembangan dalam sebuah teks eksposisi yang menjelaskan persamaan dan perbedaan dari suatu objek disebut jenis pengembangan....

23rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia