Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah paragraf berikut! Hujan salju merupakan fenomena alam yang bisa terjadi karena suatu proses. Hujan salju diawali dengan adanya pembentukan salju. Bagaimana proses terbentuknya hujan salju? Hujan salju terjadi karena sumber air yang ada di bumi terkena sinar matahari sehingga menguap. Uap air tersebut berkumpul ke atmosfer bumi. Kumpulan uap air tersebut mendingin hingga mencapai titik kondensasi (gas berubah wujud menjadi cair atau padat) dan membentuk awan. Ketika terjadi pembentukan awan, massanya jauh Iebih kecil dari massa udara sehingga awan tersebut mengapung di udara.Uap air terus bertambah sehingga massanya pun juga bertarnbah. Ketika udara tidak kuat lagi, awan tersebut akan pecah dengan menyebarkan partikel-partikel air yang sifatnya murni(belum terkontaminasi oleh partikel lain). Air murni tidak langsung membeku pada suhu 0 derajat Celcius. Untuk membuat air murni beku dibutuhkan temperatur lebih rendah dari 0 derajat Celcius yang berada tepat di bawah awan. Untuk membentuk salju, tidak hanya diperlukan temperatur rendah. Ketika partikel air murni tersebut bersentuhan dengan udara, air tersebut akan terkotori oleh partikel-partikel lain yang berfungsi mempercepat pembekuan dan perekat antaruap air sehingga partikel air yang sudah tidak murni akan bergabung dengan partikel lainnya membentuk es yang lebih besar. Apabila temperatur udara tidak sampai melelehkan kristal es tersebut, kristal es akan jauh ke tanah, dan inilah yang kita sebut dengan salju. (Disadur dari: htips://ilmugeografi.com/fenomena-alam/hujan-salju , 15 September 201S) Paragraf tersebut termasuk jenis eksposisi….

Bacalah paragraf berikut!


Hujan salju merupakan fenomena alam yang bisa terjadi karena suatu proses. Hujan salju diawali dengan adanya pembentukan salju. Bagaimana proses terbentuknya hujan salju? Hujan salju terjadi karena sumber air yang ada di bumi terkena sinar matahari sehingga menguap. Uap air tersebut berkumpul ke atmosfer bumi. Kumpulan uap air tersebut mendingin hingga mencapai titik kondensasi (gas berubah wujud menjadi cair atau padat) dan membentuk awan. Ketika terjadi pembentukan awan, massanya jauh Iebih kecil dari massa udara sehingga awan tersebut mengapung di udara.Uap air terus bertambah sehingga massanya pun juga bertarnbah. Ketika udara tidak kuat lagi, awan tersebut akan pecah dengan menyebarkan partikel-partikel air yang sifatnya murni(belum terkontaminasi oleh partikel lain). Air murni tidak langsung membeku pada suhu 0 derajat Celcius. Untuk membuat air murni beku dibutuhkan temperatur lebih rendah dari 0 derajat Celcius yang berada tepat di bawah awan. Untuk membentuk salju, tidak hanya diperlukan temperatur rendah. Ketika partikel air murni tersebut bersentuhan dengan udara, air tersebut akan terkotori oleh partikel-partikel lain yang berfungsi mempercepat pembekuan dan perekat antaruap air sehingga partikel air yang sudah tidak murni akan bergabung dengan partikel lainnya membentuk es yang lebih besar. Apabila temperatur udara tidak sampai melelehkan kristal es tersebut, kristal es akan jauh ke tanah, dan inilah yang kita sebut dengan salju. 

(Disadur dari: htips://ilmugeografi.com/fenomena-alam/hujan-salju, 15 September 201S) 


Paragraf tersebut termasuk jenis eksposisi…. 

  1. definisiundefined 

  2. identifikasiundefined 

  3. klasifikasiundefined 

  4. analisis fungsiundefined 

  5. analisis prosesundefined 

Iklan

M. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Iklan

Pembahasan

Eksposisi analisis proses adalah sebuah metode analisisyang berusaha menjawab pertanyaan "Bagaimana sesuatu bekerja?". Kutipan teks di atas termasuk eksposisi jenis proses karena menjawab pertanyaan "Bagaimana proses terbentuknya hujan salju?" . Jadi, kalimat gagasan utama dan kalimat penjelas teks di atas menceritakan proses terbentuknya hujan salju. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Eksposisi analisis proses adalah sebuah metode analisis yang berusaha menjawab  pertanyaan "Bagaimana sesuatu bekerja?". Kutipan teks di atas termasuk eksposisi jenis proses karena menjawab pertanyaan "Bagaimana proses terbentuknya hujan salju?". Jadi, kalimat gagasan utama dan kalimat penjelas teks di atas menceritakan proses terbentuknya hujan salju.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

28

Anon

bagus

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Paragraf naratif tersebut dikembangkan dengan pola pengembangan ……

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia