Roboguru

Pertanyaan

Kutipan teks eksposisi berikut untuk soal nomor 7—10.


    Secara umum, terdapat dua metode pertanian yaitu metode pertanian konvensional dan metode pertanian modern. Setiap metode memberikan pengaruh yang berbeda terhadap produktivitas hasil pertanian. Perbedaan kedua metode pertanian ini terletak pada konsep pertanian yang diterapkan, alat-alat pertanian yang digunakan, dan sifat ketahanan hasil panen.

    Metode pertanian konvensional banyak diterapkan di negara-negara berkembang dibandingkan negara-negara maju. Alat-alat pertanian yang digunakan pun masih tradisional, seperti tenaga manusia untuk menanam, memanen, dan mengolah hasil-hasil pertanian; tenaga hewan seperti kerbau untuk membajak sawah; cangkul; dan sabit. Konsep pertanian yang diterapkan pada pertanian konvensional umumnya adalah konsep pertanian nonorganik yakni suatu konsep pertanian yang lebih mengandalkan digunakannya bahan-bahan kimia seperti pestisida untuk menjaga dan pupuk kimia untuk mempercepat tumbuh kembang tanaman. Penggunaan bahan kimia pada pertanian konvensional berdampak pada sifat ketahanan hasil panen yang tidak berlangsung lama atau bersifat jangka pendek. [...], negara yang menganut sistem pertanian konvensional cenderung lebih bergantung pada impor karena terbatasnya ketersediaan hasil pertanian.

    Hal ini tentu sangat berbeda dengan metode pertanian modern. Negara-negara maju telah menerapkan metode pertanian modern. Alat-alat pertanian yang digunakan pun jauh lebih modern dibandingkan dengan metode pertanian konvensional, seperti penggunaan robot, sensor suhu dan kelembapan udara, atau teknologi GPS. Konsep pertanian yang diterapkan pada pertanian modern adalah pertanian organik. Sistem pertanian ini mengandalkan penggunaan bahan-bahan alami atau bahan organik dan melarang keras penggunaan bahan kimia dalam proses pertanian. [,... ], penggunaan bahan-bahan alami atau bahan organik membuat ketahanan hasil pertanian lebih bersifat jangka panjang dan kestabilan serta keberlanjutan pertanian pun dapat terjaga.space 


Disadur dari: https://dosenbahasa.com/contoh-paragraf-eksposisiperbandingan-tentang-pertanian, diunduh 23 Januari 2020

Teks tersebut termasuk jenis eksposisi ....space 

  1. perbandinganspace 

  2. klasifikasispace 

  3. ilustrasispace 

  4. definisispace 

  5. prosesspace 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan

Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berisi sebuah informasi yang berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi dan pengetahuan kepada pembaca mengenai suatu hal.

Teks eksposisi terdiri atas beberapa jenis, salah satunya adalah teks eksposisi perbandingan. Metode perbandingan adalah suatu cara untuk menunjukkan kesamaan dan perbedaan antara dua objek atau lebih mempergunakan dasar-dasar tertentu. Dasar-dasar perbandingan adalah menempatkan sesuatu yang belum diketahui dalam kerangka suatu hal yang sudah dikenal pembaca. Jadi, pembaca lebih mudah memahami isi teks eksposisi yang ditulis.

Pada teks tersebut terdapat kalimat:

  • ”Secara umum, terdapat dua metode pertanian yaitu metode pertanian konvensional dan metode pertanian modern.”
  • “Setiap metode memberikan pengaruh yang berbeda terhadap produktivitas hasil pertanian.”
  • “Perbedaan kedua metode pertanian ini terletak pada konsep pertanian yang diterapkan, alat-alat pertanian yang digunakan, dan sifat ketahanan hasil panen.”

Berdasarkan ketiga kalimat tersebut, kita dapat mengetahui bahwa teks tersebut membandingkan metode pertanian konvensional dan metode pertanian modern.

Teks tersebut termasuk jenis eksposisi perbandingan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jenis pengembangan dalam sebuah teks eksposisi yang menjelaskan persamaan dan perbedaan dari suatu objek disebut jenis pengembangan....

22rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia