Pertanyaan

Pendapat para ahli mengenai tata ruang adalah ...

Pendapat para ahli mengenai tata ruang adalah ...

S. Fauziyah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat kita simpulkan bahwa t ata ruang merupakan salah satu sistem atau proses perencanaan dalam melakukan tata ruang, pemanfaatan ruang, pengendalian ruang, dan lain-lain. Tata ruang memiliki tujuan untukmenentukan strukturruangdan polaruangyang meliputi penyusunan dan penetapan rencana tataruang.

dapat kita simpulkan bahwa tata ruang merupakan salah satu sistem atau proses perencanaan dalam melakukan tata ruang, pemanfaatan ruang, pengendalian ruang, dan lain-lain. Tata ruang memiliki tujuan untuk  menentukan struktur ruang dan pola ruang yang meliputi penyusunan dan penetapan rencana tata ruang.  

Pembahasan

Pembahasan

Di bawah ini adalah pendapat beberapa ahli terkait konsep tata ruang, yaitu sebagai berikut. Sujarto (1992) mengungkapkan bahwa tata ruang adalah wujud sturktural dan pola pemanfaatan ruang yang merupakan wadah kehidupan yang mencakup ruang darat, laut, dan udara yang merupakan kesatuan wilayah tempat makhluk hidup untuk keberlangsungan hidupnya. Rapoport (1980) mengungkapkan bahwa tata ruang adalah penataan lingkungan fisik yang di dalamnya terdapat hubungan organisatoris antara beragam obyek dan manusia yang terpisah dalam ruang tertentu. Wetzling (1978) mengungkapkan bahwa tata ruang terkait segala sesuatu yang berada di dalam ruang sebagai wadah penyelenggaraan kehidupan sehingga menunjukkan distribusi tindakan manusia dan kegiatannya untuk mencapai tujuan. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa t ata ruang merupakan salah satu sistem atau proses perencanaan dalam melakukan tata ruang, pemanfaatan ruang, pengendalian ruang, dan lain-lain. Tata ruang memiliki tujuan untukmenentukan strukturruangdan polaruangyang meliputi penyusunan dan penetapan rencana tataruang.

Di bawah ini adalah pendapat beberapa ahli terkait konsep tata ruang, yaitu sebagai berikut.

  1. Sujarto (1992)  mengungkapkan bahwa tata ruang adalah wujud sturktural dan pola pemanfaatan ruang yang merupakan wadah kehidupan yang mencakup ruang darat, laut, dan udara yang merupakan kesatuan wilayah tempat makhluk hidup untuk keberlangsungan hidupnya.
  2. Rapoport (1980) mengungkapkan bahwa tata ruang adalah penataan lingkungan fisik yang di dalamnya terdapat hubungan organisatoris antara beragam obyek dan manusia yang terpisah dalam ruang tertentu.
  3. Wetzling (1978) mengungkapkan bahwa tata ruang terkait segala sesuatu yang berada di dalam ruang sebagai wadah penyelenggaraan kehidupan sehingga menunjukkan distribusi tindakan manusia dan kegiatannya untuk mencapai tujuan.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa tata ruang merupakan salah satu sistem atau proses perencanaan dalam melakukan tata ruang, pemanfaatan ruang, pengendalian ruang, dan lain-lain. Tata ruang memiliki tujuan untuk  menentukan struktur ruang dan pola ruang yang meliputi penyusunan dan penetapan rencana tata ruang.  

567

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemerintah berupaya meningkatkan industri melalui pembukaan koridor ekonomi. Dengan adanya koridor tersebut diharapkan pusat-pusat industri dapat terhubung. Melalui kebijakan tersebut, pemerintah mamp...

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia