Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pendangkalan sungai yang terjadi di sekitar Yogyakarta akibat banjir lahar dingin dari letusan Gunung Merapi. Pendekatan geografi untuk mengkaji hal tersebut adalah ...

Pendangkalan sungai yang terjadi di sekitar Yogyakarta akibat banjir lahar dingin dari letusan Gunung Merapi.

Pendekatan geografi untuk mengkaji hal tersebut adalah ...

  1. Pendekatan korologi

  2. Pendekatan deskripsi

  3. Pendekatan ekologi

  4. Pendekatan keruangan

     

  5. Pendekatan kompleks wilayah

Iklan

D. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Ada 3 (tiga), yakni: Pendekatan spasial/keruangan , pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan. Pendekatan ekologi/kelingkungan , penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam. Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan , permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan. Soal ini membahas mengenai pendangkalan sungai di sekitar Yogyakarta akibat banjir lahar dingin dari letusan Gunung Merapi dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan keruangan, karena dalam soal yang dibahas terfokus pada faktor fisik alam dan tidak melampaui daerah administratif DIY Yogyakarta, sehingga pendekatan keruangan lebih tepat dalam mengkaji masalah tersebut.

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Ada 3 (tiga), yakni:

  • Pendekatan spasial/keruangan, pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan.
  • Pendekatan ekologi/kelingkungan, penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam.
  • Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan, permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan.

Soal ini membahas mengenai pendangkalan sungai di sekitar Yogyakarta akibat banjir lahar dingin dari letusan Gunung Merapi dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan keruangan, karena dalam soal yang dibahas terfokus pada faktor fisik alam dan tidak melampaui daerah administratif DIY Yogyakarta, sehingga pendekatan keruangan lebih tepat dalam mengkaji masalah tersebut.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

11

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada tahun 2015, Indonesia dilanda kemarau panjang yang disebabkan oleh ElNino di Samudra Pasifik.Mengapa untuk mengkaji fenomena tersebut menggunakanpendekatan keruangan ?

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia