Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada tahun 2015, Indonesia dilanda kemarau panjang yang disebabkan oleh ElNino di Samudra Pasifik.Mengapa untuk mengkaji fenomena tersebut menggunakanpendekatan keruangan ?

Pada tahun 2015, Indonesia dilanda kemarau panjang yang disebabkan oleh El Nino di Samudra Pasifik. Mengapa untuk mengkaji fenomena tersebut menggunakan pendekatan keruangan ?space 

Iklan

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan, fenomena El Nino yang dijelaskan di atas merupakan kajian pendekatan keruangan karena berkaitan dengan penyebarannya di suaturuang.

dapat disimpulkan, fenomena El Nino yang dijelaskan di atas merupakan kajian pendekatan keruangan karena berkaitan dengan penyebarannya di suatu ruang.space 

Iklan

Pembahasan

Pendekatan geografi terbagi menjadi tiga, yaitu pendekatan keruangan, pendekatan kelingkungan, dan kompleks wilayah. Fenomena yang terjadi di Indonesia pada tahun 2015 yaitu terjadinya kemarau panjang yang disebabkan oleh El Nino di Samudra Pasifik merupakankajian dari pendekatan keruangan. Pendekatan keruangan merupakan suatu kajian yang menganalisis fenomena atau gejala di permukaan bumi berdasarkan penyebarannya dalam ruang. Pada fenomena yang digambarkan dalam soal, fenomena El Nino yang terjadi pada tahun 2015 menggunakan pendekatan keruangan karena penyebarannya terjadi di suatu ruang yaitu Indonesia dan beberapa wilayah di dekatSamudra Pasifik. Jadi dapat disimpulkan, fenomena El Nino yang dijelaskan di atas merupakan kajian pendekatan keruangan karena berkaitan dengan penyebarannya di suaturuang.

Pendekatan geografi terbagi menjadi tiga, yaitu pendekatan keruangan, pendekatan kelingkungan, dan kompleks wilayah. Fenomena yang terjadi di Indonesia pada tahun 2015 yaitu terjadinya kemarau panjang yang disebabkan oleh El Nino di Samudra Pasifik merupakan kajian dari pendekatan keruangan.

Pendekatan keruangan merupakan suatu kajian yang menganalisis fenomena atau gejala di permukaan bumi berdasarkan penyebarannya dalam ruang. Pada fenomena yang digambarkan dalam soal, fenomena El Nino yang terjadi pada tahun 2015 menggunakan pendekatan keruangan karena penyebarannya terjadi di suatu ruang yaitu Indonesia dan beberapa wilayah di dekat Samudra Pasifik.  

Jadi dapat disimpulkan, fenomena El Nino yang dijelaskan di atas merupakan kajian pendekatan keruangan karena berkaitan dengan penyebarannya di suatu ruang.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan yang dimaksud dengan pendekatan keruangan dalam analisis studi geografi!

3

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia