Roboguru

Pertanyaan

Pendangkalan sungai yang terjadi di sekitar Yogyakarta akibat banjir lahar dingin dari letusan Gunung Merapi.

Pendekatan geografi untuk mengkaji hal tersebut adalah ....
 

  1. pendekatan korologi

  2. pendekatan deskripsi

  3. pendekatan ekologi

  4. pendekatan keruangan

     

  5. pendekatan kompleks wilayah

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pendekatan keruangan, pada soal hanya dijelaskan terjadinya banjir lahar dingin dari letusan gunung merapi di yogyakarta, hal itu termasuk fenomena alam karena tanpa ada campur tangan manusia.

Pembahasan

Ada tiga pendekatan Geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki kata kunci Oleh karena itu dalam penentuannya tidak ada kesalahan, berikut pengertiannya masing-masing:

  • Pendekatan ekologi, adalah pendekatan yang sangat menyoroti fenomena alam yang terjadi disebabkan oleh adanya kegiatan manusia. Contohnya: Di Jakarta terjadi kemacetan yang disebabkan karena luapan jumlah pemakai kendaraan bermotor.
  • Pendekatan keruangan, adalah pendekatan yang sangat menyoroti fenomena alam yang terjadi tanpa adanya kegiatan manusia. Contohnya: Gempa yang terjadi di Banten pada pertengahan tahun kemarin disebabkan karena adanya pergerakan lempeng didalam laut, kedalaman gempanya sampai 10 km.
  • Pendekatan kompleks wilayah, adalah cara untuk menyelesaikan permasalahan geosfer. Contohnya : Erosi yang terjadi didaerah garut memakan korban jiwa, disebutkan permasalahan tersebut disebabkan karena curah hujan yang terus menerus mengguyur daerah garut, pemerintah setempat sudah menyelesaikan permasalahan tersebut dengan membuat tenda-tenda evakuasi untuk korban yang tertimpa hasil erosi.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah pendekatan keruangan, pada soal hanya dijelaskan terjadinya banjir lahar dingin dari letusan gunung merapi di yogyakarta, hal itu termasuk fenomena alam karena tanpa ada campur tangan manusia.

21

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Aktivitas masyarakat Nusa Tenggara Barat dominan pada aktivitas peternakan khususnya kuda. Hal itu sangat sesuai dengan bioma sabana di daerah tersebut akibat intensitas curah hujan yang relatif sedik...

36

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia