Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pemerintah Indonesia melancarkan operasi militer untuk menumpas pemberontakan Permesta di wilayah timur. Operasi militer yang dilakukan untuk menumpas pemberontakan Permesta adalah ...

Pemerintah Indonesia melancarkan operasi militer untuk menumpas pemberontakan Permesta di wilayah timur. Operasi militer yang dilakukan untuk menumpas pemberontakan Permesta adalah ...

  1. - Operasi Tegas
    - Operasi Sadar

  2. - Operasi Merdeka
    - Operasi 17 Agustus

  3. - Operasi Saptamarga I
    - Operasi 17 Agustus

  4. - Operasi Merdeka
    - Operasi Saptamarga I

  5. - Operasi Sadar
    - Operasi Merdeka

Iklan

R. Nugroho

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Perjuangan Semesta atau Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta) dideklarasikan oleh Letkol Ventje Sumual pada 2 Maret 1957.Gerakan Permesta menginginkan perhatian pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah.Pasukan Permesta melakukan pemberontakan terhadap pemerintah Republik Indonesia dengan cara bergerilya. Pemerintah Republik Indonesia meresepon gerakan pemberontakan Permesta dengan mengadakan operasi militer. Operasi militer yang dilakukan yaitu: Operasi Merdeka yang dipimpin Letkol Rukmito Hendratimena. Tujuan utama Operasi Merdeka adalah merebut Sulawesi Utara dengan ibukotanya Manado dan merebut daerah sekitarnya yaitu Gorontalo, Sangir, Talaud, Morotai, Jailolo, Palu, dan Donggala. Operasi Saptamarga I yang dipimpin Letkol Soemarsono. Sasaran Operasi Saptamarga I yaitu daerah Sulawesi Utara bagian tengah. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Perjuangan Semesta atau Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta) dideklarasikan oleh Letkol Ventje Sumual pada 2 Maret 1957. Gerakan Permesta menginginkan perhatian pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah. Pasukan Permesta melakukan pemberontakan terhadap pemerintah Republik Indonesia dengan cara bergerilya.
Pemerintah Republik Indonesia meresepon gerakan pemberontakan Permesta dengan mengadakan operasi militer. Operasi militer yang dilakukan yaitu:

  • Operasi Merdeka yang dipimpin Letkol Rukmito Hendratimena. Tujuan utama Operasi Merdeka adalah merebut Sulawesi Utara dengan ibukotanya Manado dan merebut daerah sekitarnya yaitu Gorontalo, Sangir, Talaud, Morotai, Jailolo, Palu, dan Donggala.
  • Operasi Saptamarga I yang dipimpin Letkol Soemarsono. Sasaran Operasi Saptamarga I yaitu daerah Sulawesi Utara bagian tengah.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Dea

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penumpasan pemberontakan Permesta di­selesaikan melalui operasi militer dan per­undingan damai. Uraikan jalannya penumpasan pemberontakan Permesta tersebut!

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia