Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gerakan Permesta sulit ditumpas dibanding pemberontakan lainnya sebab...

Gerakan Permesta sulit ditumpas dibanding pemberontakan lainnya sebab...

Iklan

A. Hadiannur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pemerintah RI melakukan berbagai upaya untuk menumpas pemberontakan, pemerintah melancarkan operasi militer gabungan yang diberi nama Operasi Merdeka, dipimpin oleh Letnan Kolonel Rukminto Hendraningrat. Operasi ini sangat kuat karena musuh memiliki persenjataan modern buatan Amerika Serikat. Terbukti dengan ditembaknya Pesawat Angkatan Udara Revolusioner (Aurev) yang dikemudikan oleh Allan L. Pope seorang warga negara Amerika Serikat. Hal tersebut menunjukan bahwa kesulitan untuk menumpas pemberontakan ini karena adanya keterlibatas asing yaitu Amerika Serikat. Amerika Serikat meningkatkan perhatian bahwa Indonesia akan sangat rapuh di bawah komunisme akibat meningkatnya pengaruh Partai Komunis Indonesia (PKI).Kemudian pada awal tahun 1958, Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA atau Central Intelligence Agency ) mulai mengembangkan jaringan dukungan misi rahasia. Dengan demikian, sulitnya menumpas pemberontakan Permesta dikarenakan adanya keterlibatan asing yaitu Amerika Serikat yang mengkhawatirkan Indonesia semakin terpengaruh oleh ideologi komunis.

Pemerintah RI melakukan berbagai upaya untuk menumpas pemberontakan, pemerintah melancarkan operasi militer gabungan yang diberi nama Operasi Merdeka, dipimpin oleh Letnan Kolonel Rukminto Hendraningrat. Operasi ini sangat kuat karena musuh memiliki persenjataan modern buatan Amerika Serikat. Terbukti dengan ditembaknya Pesawat Angkatan Udara Revolusioner (Aurev) yang dikemudikan oleh Allan L. Pope seorang warga negara Amerika Serikat. Hal tersebut menunjukan bahwa kesulitan untuk menumpas pemberontakan ini karena adanya keterlibatas asing yaitu   Amerika Serikat. Amerika Serikat meningkatkan perhatian bahwa Indonesia akan sangat rapuh di bawah komunisme akibat meningkatnya pengaruh Partai Komunis Indonesia (PKI).Kemudian pada awal tahun 1958, Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA atau Central Intelligence Agency) mulai mengembangkan jaringan dukungan misi rahasia.

Dengan demikian, sulitnya menumpas pemberontakan Permesta dikarenakan adanya keterlibatan asing yaitu Amerika Serikat yang mengkhawatirkan Indonesia semakin terpengaruh oleh ideologi komunis. 

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penumpasan pemberontakan Permesta di­selesaikan melalui operasi militer dan per­undingan damai. Uraikan jalannya penumpasan pemberontakan Permesta tersebut!

8

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia