Roboguru

Pembelahan sel secara meiosis dengan ciri-ciri sebagai berikut. 1. Kromosom homolog yang berada pada ekuator bergerak memisahkan diri. 2. Setiap kromosom menuju kutub yang berlawanan. 3. Benang spindel dan seluruh isi sel agak memanjang. Kegiatan-kegiatan di atas termasuk fase ....

Pertanyaan

Pembelahan sel secara meiosis dengan ciri-ciri sebagai berikut.

1. Kromosom homolog yang berada pada ekuator bergerak memisahkan diri.

2. Setiap kromosom menuju kutub yang berlawanan.

3. Benang spindel dan seluruh isi sel agak memanjang.

Kegiatan-kegiatan di atas termasuk fase ....space

  1. metafase I

  2. metafase II

  3. anafase I

  4. anafase II

  5. interfase

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada tahap anafase I, kromosom homolog yang berjajar berhadapan dan berpasangan mulai memisahkan diri dari pasangan homolognya serta masing-masing bergerak ke arah kutub-kutub yang berlawanan. Benang spindel dan seluruh isi sel agak memanjang.space

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ciri-ciri fase pembelahan meiosis adalah....

Pembahasan Soal:

Terdapat dua proses pembelahan sel yang terjadi pada makhluk hidup, salah satunya adalah meiosis. Meiosis disebut juga sebagai pembelahan reduksi, karena menghasilkan keturunan dengan jumlah kromosom separuh dari kromosom induk. Meiosis terjadi sebanyak dua kali sehingga terdapat meiosis I dan II. Tahapan pembelahan meiosis I dimulai dari profase I yang terdiri dari 5 fase yaitu leptoten, zigoten, pakiten, diploten, dan diakinesis. Metafase I, anafase I, telofase I, dan sitokinesis I. Selanjutnya terjadi Interkinesis dan meiosis II dimulai dari profase II, metafase II, anafase II, telofase II, dan sitokinesis II. Ciri-ciri fase pembelahan meiosis yaitu:

  • terjadi pada sel kelamin (sel gamet) makhluk hidup
  • jumlah kromosom sel anakan separuh dari jumlah kromosom sel induk
  • terjadi dua kali pembelahan yaitu meiosis I dan meiosis II

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut menunjukkan pembelahan sel pada fase ...

Pembahasan Soal:

Gambar pada soal menunjukkan tahap pembelahan sel pada fase anafase I, anafase I pertama terjadi pada saat pembelahan meiosis I, adapun peristiwa yang terjadi pada fase anafase I sebagai berikut :
1. Kromosom homolog ditarik oleh benang spindle kearah kutup pembelahan sehingga tetrad berpisah dan kromosom bergerak menuju kutup yang berlawanan.
2. Membran sel mulai melekuk di bagian tengah
3. Terjadi pembagian isi kromosom dari diploid menjadi haploid.
Gambar dibawah ini saat saat sel tahap anafase I

1

Roboguru

Pada pembelahan meiosis terjadi peristiwa berikut: Pemisahan kromatid yang membentuk kromosom Gerakan kromatid ke kutub-kutub yang letaknya berlawanan  Peristiwa tersebut terjadi pada tahap ...

Pembahasan Soal:

Meiosis merupakan salah satu jenis pembelahan sel yang terjadi pada organisme yang bereproduksi secara seksual untuk memproduksi sel gamet seperti sperma maupun sel telur. Pembelahan secara meiosis terjadi di sel gamet atau sel kelamin. Proses pembelahan meiosis  terdiri dari meiosis I dan II, dengan hasil akhir 4 sel. Tahapan proses meiosis I diantaranya:

  1. Profase I, pada tahap ini terdiri dari 5 fase yang berbeda-beda yaitu fase leptoten, fase zigoten, fase pakiten, fase diploten dan Diakinesis.
  2. Metafase I, kromosom homolog mulai tersusun rapi di bagian ekuator. Di dalam metafase 1, kromosom tersusun di atas lempeng metafase. Selain itu, serat spindle menempel pada dua sentromer di masing-masing kromosom homolog.
  3. Anafase I, pada anafase I terjadi pemisahan kromatid yang membentuk kromosom dan kromosom homolog akan bergerak menuju kutub yang berlawanan akibat tarikan dari benang gelendong.
  4. Telofase I, pada telofase I membran inti mulai terbentuk kembali dan terjadi yang disebut dengan sitokinesis. Sitokinesis merupakan kondisi ketika sitoplasma dari satu eukariotik sel membelah menjadi dua sel anak.space 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Sebutkan fase-fase pembelahan meiosis dan jelaskan ciri-ciri setiap fasenya!

Pembahasan Soal:

Sel dapat melakukan proses pembelahan dalam prosesnya berkembangbiak. Salah satu jenis pembelahan sel yang terjadi adalah meiosis. Meiosis disebut juga sebagai pembelahan reduksi, karena menghasilkan keturunan dengan jumlah kromosom separuh dari kromosom induk. Prosesnya pembelahan meiosisnya sendiri terdiri dari meiosis I dan II, dengan hasil akhir 4 sel. Tahapan proses meiosis ini terdiri dari profase 1, metafase 1, anafase 1, telofase 1, lalu profase 2, metafase 2, anafase 2, dan telofase 2. Tahapannya dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Profase I
    Profase 1 ini terdiri dari 5 fase yang berbeda-beda. Fase yang pertama disebut dengan leptoten. Pada fase leptoten, kromatin berubah menjadi kromosom. Kromosom tersebut terdiri dari 2 kromatid. Setelah fase leptoten ini selesai, fase selanjutnya, yaitu fase zigoten. Pada fase ini, kromosom tersebut kemudian saling berpasangan dengan homolognya. Homolog tersebut disebut sinapsis. Fase selanjutnya disebut dengan pakiten. Di fase pakiten, ada duplikasi kromosom. Fase pakiten juga membentuk kromosom tetrad. Setelah fase pakiten, ada yang namanya fase diploten. Di fase diploten ini terjadi pindah silang pada kiasma. Setelah proses pindah silang ini terjadi, fase selanjutnya, yaitu fase diakinesis, terjadi. Pada fase diakinesis ini membran inti menghilang. Dengan berakhirnya fase diakinesis, maka profase 1 selesai. 
  2. Metafase I
    Proses setelah profase 1 disebut dengan metafase 1. Pada metafase 1, kromosom homolog mulai tersusun rapi di bagian ekuator. Di dalam metafase 1, kromosom tersusun di atas lempeng metafase. Selain itu, serat spindle menempel pada dua sentromer di masing-masing kromosom homolog.
  3. Anafase I
    Proses selanjutnya bernama anafase 1. Pada anafase 1, kromosom homolog akan bergerak menuju kutub yang berlawanan akibat tarikan dari benang gelendong. Selain itu, juga akan terjadi reduksi kromosom. 
  4. Telofase I
    Proses selanjutnya setelah anafase 1 adalah telofase 1. Pada telofase 1, membran inti mulai terbentuk kembali dan terjadi yang disebut dengan sitokinesis. Sitokinesis merupakan kondisi ketika sitoplasma dari satu eukariotik sel membelah menjadi dua sel anak. Pada telofase 1, selnya membelah 2 dengan kromosom haploid (n). 
  5. Interkinesis
    Tahap antara meiosis I dan II.
  6. Profase II
    Pada tahap profase 2 ini, sentrosom membelah menjadi 2 sentriol yang akan bergerak ke kutub sel yang berlawanan. Kemudian, kromosom akan mulai memendek dan menebal serta membran inti sel mulai menghilang. Akan tetapi, pada tahap ini pula mulai terbentuk benang-benang spindel. Benang-benang spindel ini adalah bagian kromosom yang berfungsi menggerakan kromosom pada saat sel mulai membelah. 
  7. Metafase II
    Di fase metafase 2 ini, kromosom mulai tersusun rapi pada bidang ekuator. Mulai tersusun benang-benang spindel yang salah satu ujungnya melekat pada sentromer, sedangkan ujung lainnya melekat pada kutub pembelahan yang arahnya berlawanan. 
  8. Anafase II
    Proses selanjutnya bernama anafase 2. Pada fase anafase 2, terjadi pemisahan kromatid dengan cara ditarik menuju kutub yang berlawanan. Kemudian, kromatid yang sudah dipisah ini resmi disebut sebagai kromosom.
  9. Telofase II
    Pada telofase 2, benang-benang spindel menghilang dan membran inti mulai terlihat. Pada fase ini juga terjadi proses yang namanya sitokinesis atau pembelahan sitoplasma. Hasil dari proses ini adalah 4 sel anakan.

Jadi, pembelahan meiosis terjadi sebanyak dua kali sehingga terjadi dua kali pembelahan dan memiliki ciri setiap fasenya.space

0

Roboguru

Apa yang dilakukan benang-benang spindel selama mitosis dan meiosis?

Pembahasan Soal:

Pembelahan sel bertujuan untuk menghasilkan sel baru. Pembelahan mitosis dan meiosis umumnya terjadi pada makhluk hidup eukariota. Mitosis adalah peristiwa pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak dengan jumlah kromosom yang sama seperti sel induknya. Meiosis disebut juga sebagai pembelahan reduksi, karena menghasilkan keturunan dengan jumlah kromosom separuh dari kromosom induk. Pada pembelahan mitosis dan meiosis terdapat tahap anafase. Tahap anafase pada pembelahan mitosis dan meiosis dimulai ketika pasangan kromosom berpisah dan mulai bergerak ke arah kutub pembelahan yang berlawanan. Hal tersebut diakibatkan oleh tarikan benang spindel ke arah masing-masing kutub. Benang spindel adalah bagian kromosom yang berfungsi menggerakkan kromosom pada proses pembelahan sel. Benang spindel akan menarik kromosom ke masing-masing kutub.space 

Dengan demikian, benang-benang spindel berfungsi menggerakkan kromosom dan menarik kromosom ke masing-masing kutub.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved