Roboguru

Pada pembelahan meiosis terjadi peristiwa berikut: Pemisahan kromatid yang membentuk kromosom Gerakan kromatid ke kutub-kutub yang letaknya berlawanan  Peristiwa tersebut terjadi pada tahap ...

Pertanyaan

Pada pembelahan meiosis terjadi peristiwa berikut:

  • Pemisahan kromatid yang membentuk kromosom
  • Gerakan kromatid ke kutub-kutub yang letaknya berlawanan

 Peristiwa tersebut terjadi pada tahap ... 

  1. Metafase I.

  2. Telofase I.

  3. Anafase I.

  4. Metafase II.

  5. Anafase II.

Pembahasan Soal:

Meiosis merupakan salah satu jenis pembelahan sel yang terjadi pada organisme yang bereproduksi secara seksual untuk memproduksi sel gamet seperti sperma maupun sel telur. Pembelahan secara meiosis terjadi di sel gamet atau sel kelamin. Proses pembelahan meiosis  terdiri dari meiosis I dan II, dengan hasil akhir 4 sel. Tahapan proses meiosis I diantaranya:

  1. Profase I, pada tahap ini terdiri dari 5 fase yang berbeda-beda yaitu fase leptoten, fase zigoten, fase pakiten, fase diploten dan Diakinesis.
  2. Metafase I, kromosom homolog mulai tersusun rapi di bagian ekuator. Di dalam metafase 1, kromosom tersusun di atas lempeng metafase. Selain itu, serat spindle menempel pada dua sentromer di masing-masing kromosom homolog.
  3. Anafase I, pada anafase I terjadi pemisahan kromatid yang membentuk kromosom dan kromosom homolog akan bergerak menuju kutub yang berlawanan akibat tarikan dari benang gelendong.
  4. Telofase I, pada telofase I membran inti mulai terbentuk kembali dan terjadi yang disebut dengan sitokinesis. Sitokinesis merupakan kondisi ketika sitoplasma dari satu eukariotik sel membelah menjadi dua sel anak.space 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved