Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks cerita berikut!


Setiap pagi kalau hendak pergi kerja ke ladang, Si Saroto selalu memperingatkan istrinya agar jangan lupa mengantarkannya ke ladang. Juga jangan lupa untuk membawa air tajin untuk meminumnya. Si Saroto memang gemar sekali minum air tajin karena dengan meminum air tajin ia merasa tenaga bertambah kuat dan badannya sehat. Pada suatu hari ketika istri Si Saroto sedang dalam perjalanan mengantarkan makanan dan air tajin, tiba-tiba dia mendengar nyanyian burung yang aneh sekali. Karena sangat tertarik mendengarnya, berhentilah istri Si Saroto di bawah pohon kayu tempat burung itu bernyanyi. Entah kenapa, lama kelamaan jadi tergerak istri Si Saroto untuk menari mengikuti irama nyanyian burung itu. Tambah lama tambah asyik ia menari sehingga dia tidak sadar air tajin yang dibawanya tertumpah dan dia pun terlambat mengantarkan makanan suaminya. Si Saroto sendiri sudah kelaparan menanti-nanti kedatangan istrinya membawa makanan dan air tajin kegemarannya.undefined 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari kutipan dongeng tersebut adalah....

Pelajaran yang dapat kita ambil dari kutipan dongeng tersebut adalah.... 

  1. Melakukan dengan baik membuat segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancarundefined 

  2. Seorang suami hendaknya selalu memperingatkan istrinya agar tidak lupa melakukan tugasnyaundefined 

  3. Seorang suami hendaknya rajin bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarganyaundefined 

  4. Seekor burung dapat berkicau dengan suara anehundefined 

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A.

jawaban yang benar adalah pilihan A.undefined 

Iklan

Pembahasan

Kutipan cerita di atas termasuk ke dalam dongeng. Dongeng merupakan cerita zaman dahulu yang tidak benar-benar terjadi, ceritanya cenderung aneh, dan mustahil terjadi di kehidupan nyata. Pelajaran yang dapat kita ambil dari kutipan dongeng tersebut adalah melakukan dengan baik membuat segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar , j angan seperti istri Si Saroto yang lalai melakukan tugasnya saat mengantarmakanan dan air tajin kegemaran suaminya tumpah karena asyik dengan kegiatan lain. Hal ini sesuai dengan kutipan kalimat yang berbunyi "Tambah lama tambah asyik ia menari sehingga dia tidak sadar air tajin yang dibawanya tertumpah dan dia pun terlambat mengantarkan makanan suaminya. Si Saroto sendiri sudah kelaparan menanti-nanti kedatangan istrinya membawa makanan dan air tajin kegemarannya." Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.

Kutipan cerita di atas termasuk ke dalam dongeng. Dongeng merupakan cerita zaman dahulu yang tidak benar-benar terjadi, ceritanya cenderung aneh, dan mustahil terjadi di kehidupan nyata.

Pelajaran yang dapat kita ambil dari kutipan dongeng tersebut adalah melakukan dengan baik membuat segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar, jangan seperti istri Si Saroto yang lalai melakukan tugasnya saat mengantar makanan dan air tajin kegemaran suaminya tumpah karena asyik dengan kegiatan lain. Hal ini sesuai dengan kutipan kalimat yang berbunyi "Tambah lama tambah asyik ia menari sehingga dia tidak sadar air tajin yang dibawanya tertumpah dan dia pun terlambat mengantarkan makanan suaminya. Si Saroto sendiri sudah kelaparan menanti-nanti kedatangan istrinya membawa makanan dan air tajin kegemarannya."


Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

17

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Amanat yang terdapat dalam cerita tersebut adalah....

41

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia