Roboguru

Contoh yang dapat kita tiru dari penggalan teks cerita fabel tersebut adalah ....

Pertanyaan

Contoh yang dapat kita tiru dari penggalan teks cerita fabel tersebut adalah ....space 

  1. Kupu-kupu menolong Semut.space 

  2. Semut meminta tolong.space 

  3. Kupu-kupu menjulurkan ranting.space 

  4. Kupu-kupu melintas saat Semut melintas.space 

Pembahasan Soal:

Fabel merupakan cerita fiksi dengan tokoh utamanya hewan yang berperilaku seperti manusia.

Fabel bersifat didaktis atau mendidik. Fabel digunakan sebagai kiasan kehidupan manusia dan untuk mendidik masyarakat.

Untuk menentukan contoh yang dapat kita tiru, kita harus membaca teks cerita fabel secara saksama dan menemukan hal atau perilaku baik yang dilakukan tokoh. 

Pada teks tersebut terdapat kalimat:

  • "Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong... tolong..!"
  • “Kemudian, Kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah Semut.”

Berdasarkan kedua kalimat tersebut, kita dapat mengetahui Kupu-kupu membantu Semut yang mau tenggelam dengan menjulurkan sebuah ranting ke arah Semut.

Contoh yang dapat kita tiru dari penggalan teks cerita fabel tersebut adalah Kupu-kupu menolong Semut.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rizky

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Amanat yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Fabel adalah cerita bermoral yang menggambarkan budi dan watak manusia yang diperankan oleh binatang. Fabel sendiri masuk ke dalam cerita fiksi, yang artinya bukan kehidupan nyata.

Amanat adalah sebuah ajaran moral atau pesan yang mau disampaikan oleh pengarang kepada pembaca.

Analisis amanat yang terdapat pada penggalan teks fabel:

“Tolong aku, Kupu-Kupu, aku minta ma’af waktu itu aku sangat sombong sekali bisa bertahan dari badai hanya karena aku berlindung di bawah tanah”. Si Kupu-kupu akhirnya menolong si Semut dan semut pun selamat serta berjanji tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di hutan tersebut.

Amanat yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah janganlah kita bersikap sombong karena akan memberi dampak yang buruk terhadap diri kita kedepannya. Apabila ada orang yang bersikap sombong dan menghina kita, kita tidak perlu membalas orang tersebut dengan melakukan hal yang sama. Justru lakukan hal sebaliknya dengan bersikap baik kepadanya sehingga bisa memberikan dampak yang baik terhadap orang tersebut.

Amanat ini telah disesuaikan dengan penggalan teks fabel tersebut yang menceritakan si Semut yang bersikap sombong dan menghina si Kupu-Kupu saat si Kupu-Kupu sedang kesulitan. Ketika si Semut yang mengalami kesulitan, justru si Kupu-kupu yang menolongnya. Berikut kutipan yang membuktikan hal tersebut:

Si Kupu-kupu akhirnya menolong si Semut dan semut pun selamat serta berjanji tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di hutan tersebut.space 

0

Roboguru

Tuliskan amanat dari cerita di atas!

Pembahasan Soal:

Fabel merupakan cerita yang tokoh utamanya adalah hewan. Sebuah cerita dibangun dengan unsur intrinsik. Salah satu unsur intrinsik adalah amanat. Amanat merupakan pesan yang terkaandung di dalam cerita. Amanat pada cerita di atas adalah kita tidak boleh putus asa dalam menyelesaikan masalah.

Dengan demikian, amanat pada cerita di atas adalah kita tidak boleh putus asa dalam menyelesaikan masalah.space 

0

Roboguru

Amanat cerita tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks fabel adalah teks berisi cerita atau dongeng yang menjadikan binatang sebagai tokoh utama dengan peran dan karakter seperti manusia. Teks fabel bersifat mendidik karena mengandung berbagai amanat atau nilai-nilai kehidupan yang dapat dicontoh oleh pembaca. Teks fabel dibangun atas beberapa unsur intrinsik yaitu (1) tema: ide cerita; (2) tokoh: pelaku dalam cerita; (3) alur: jalan cerita; (4) sudut pandang: cara pengarang menyampaikan cerita; dan (5) amanat: pesan moral yang disampaikan penulis kepada pembaca. Berdasarkan penjelasan ini, unsur intrinsik amanat yang ada pada cuplikan cerita fabel di atas ialah kita tidak boleh memanfaatkan kekurangan orang lain untuk kepentingan pribadi. Hal ini sesuai dengan isi teks fabel berikut yang mengisahkan bahwa monyet menipu kura-kura yang lugu.

Kura-kura yang lugu telah dibohongi demi kepentingan monyet sendiri.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Dalam teks tersebut pengarang ingin menyampaikan pesan kepada pembaca yakni ....

Pembahasan Soal:

Dalam sebuah cerita pengarang akan memasukkan amanat atau pesan moral. 

Amanat adalah suatu pesan moral atau nasihat yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain, baik secara langsung maupun melalui suatu karya.

Di dalam cerita, amanat berarti nasihat yang disampaikan penulis melalui karyanya. Amanat ini bersifat positif dimana semua isinya berkaitan dengan pesan-pesan moral dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mengetahui amanat yang terdapat pada suatu karya maka kita harus mengetahui apa yang menjadi cirinya. Mengacu pada pengertian amanat, adapun ciri-ciri amanat adalah sebagai berikut:

  1. Pesan moral dalam suatu karya biasanya disampaikan pada bagian akhir cerita.
  2. Amanat dapat diketahui secara jelas (eksplisit) dalam bentuk seruan, nasehat, peringatan, saran, anjuran, maupun larangan yang berhubungan dengan tema utama suatu cerita.
  3. Amanat dapat disampaikan secara langsung maupun secara tersirat melalui karakter tokoh atau penokohan dalam suatu cerita.
  4. Pesan moral yang disampaikan oleh pengarang bertujuan agar audiens mau melakukan sesuai dengan amanat di dalam cerita.

Berdasarkan penjelasan tentang amanat dan ciri-cirinya, maka hal yang ingin disampaikan pengarang melalui cerita di atas adalah untuk selalu bersifat gigih dan tidak mudah putus asa. Hal ini terlihat dari kalimat Berkat kegigihan dan tidak mudah putus asa, ia dapat mencapai permukaan daun itu dengan memegang sekuat yang ia bisa.

Dengan demikian, pesan yang ingin disampaikan pengarang adalah jangan mudah menyerah dan putus asa, bersikap gigih untuk mencapai cita-cita.space  

0

Roboguru

Amanat yang dapat kita petik dalam fabel di atas adalah ….

Pembahasan Soal:

Fabel merupakan cerita fiksi dengan tokoh utamanya hewan yang berperilaku seperti manusia.

Salah satu ciri fabel adalah mengandung amanat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, amanat adalah gagasan yang mendasari karya sastra; pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar.

Fabel tersebut menceritakan si landak yang sedang melamun di pinggir sungai dan dihampiri Kuku. Kuku tahu landak sedang mempunyai masalah karena terlihat murung. Kuku memintanya untuk menceritakan masalah tersebut.

Amanat dalam cerpen tersebut adalah janganlah murung karena suatu masalah dan ceritakan masalah pada orang lain karena siapa tahu mereka dapat membantu mengatasinya.

Dengan demikian, amanat yang dapat kita petik dalam fabel di atas adalah janganlah murung karena suatu masalah dan ceritakan masalah pada orang lain karena siapa tahu mereka dapat membantu mengatasinya.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved