Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pegawai VOC yang ditugaskan untuk mempelajari flora dan fauna di kawasanMaluku adalah ...

Pegawai VOC yang ditugaskan untuk mempelajari flora dan fauna di kawasan Maluku adalah ...

  1. Alfred Wallace

  2. Georg Eberhard Rumpf

  3. Max Carl Wilhelm Weber

  4. Gerard Reynst

  5. Laurens Reael

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah B. Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pegawai VOC yang ditugaskan untuk mempelajari flora dan fauna di kawasan Maluku adalahGeorg Eberhard Rumpf.Pada 1652 di usia 25, Rumpf mendaftar sebagai serdadu VOC dan ikut berlayar ke Hindia Timur. Ia tiba di Jawa pada sekitar bulanJuni 1653dan meneruskan perjalanan ke Ambon. Otoritas VOCmelihat bahwa Rumpftak punya keterampilan sebagai tentara. Ia tampak lebih tertarik mempelajari alam dan masyarakat Ambon daripada memanggul senjata. Karenanya, ia lantas dimutasi ke dinas sipil VOC sebagai saudagar muda pada 1657. Rumpf sejakremaja memang sudah punya minat besar dalam humaniora dan ilmu alam.Ia memilihmenetap di Ambon dan mulai membuat survei sistematis flora dan fauna, serta mengumpulkan informasi geografis setempat. Ia melakukan riset sambil tetap bekerja sebagai saudagar senior VOC. Hingga pada 1663, ia menyurati dewan direksi VOC di Amsterdam untuk menjelaskan ambisinya menyusun karya tentang keragaman flora Ambon dan sekitarnya yang kemudian disetujui dan didukung oleh VOC. Meskipun, Ia banyak mengalami musibah hingga kesulitan dalam menyelesaikan naskahrisetnya. Ia akhirnya berhasil menyelesaikan karyanya berjudul Herbarium Amboinense dan mengirimkannya ke Belanda pada tahun pada sekitar tahun 1696.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah B.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pegawai VOC yang ditugaskan untuk mempelajari flora dan fauna di kawasan Maluku adalah Georg Eberhard Rumpf. Pada 1652 di usia 25, Rumpf mendaftar sebagai serdadu VOC dan ikut berlayar ke Hindia Timur. Ia tiba di Jawa pada sekitar bulan Juni 1653 dan meneruskan perjalanan ke Ambon. Otoritas VOC melihat bahwa Rumpf tak punya keterampilan sebagai tentara. Ia tampak lebih tertarik mempelajari alam dan masyarakat Ambon daripada memanggul senjata. Karenanya, ia lantas dimutasi ke dinas sipil VOC sebagai saudagar muda pada 1657. 

Rumpf sejak remaja memang sudah punya minat besar dalam humaniora dan ilmu alam. Ia memilih menetap di Ambon dan mulai membuat survei sistematis flora dan fauna, serta mengumpulkan informasi geografis setempat. Ia melakukan riset sambil tetap bekerja sebagai saudagar senior VOC. Hingga pada 1663, ia menyurati dewan direksi VOC di Amsterdam untuk menjelaskan ambisinya menyusun karya tentang keragaman flora Ambon dan sekitarnya yang kemudian disetujui dan didukung oleh VOC. Meskipun, Ia banyak mengalami musibah hingga kesulitan dalam menyelesaikan naskah risetnya. Ia akhirnya berhasil menyelesaikan karyanya berjudul Herbarium Amboinense dan mengirimkannya ke Belanda pada tahun pada sekitar tahun 1696.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Soal terdiri atas tiga bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Kemenangan partai liberal dalam parlemen Belanda mendesak pemerintah Belanda menerapkan sistem ekonom...

94

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia