Pertanyaan

Pasangkan gambar di sebelah kiri dengan nama struktur hidrokarbonnya kemudian isilah titik-titik sebagai penjelasannya.

Pasangkan gambar di sebelah kiri dengan nama struktur hidrokarbonnya kemudian isilah titik-titik sebagai penjelasannya.
 

 space 

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

nama struktur gambar 1 adalah 3-etil-2-metilpentana, nama struktur pada gambar 2 adalah 3-metil-1-pentuna dan nama struktur gambar 3 adalah 2,5-dimetil-2-heptena .

nama struktur gambar 1 adalah 3-etil-2-metilpentana, nama struktur pada gambar 2 adalah 3-metil-1-pentuna dan nama struktur gambar 3 adalah 2,5-dimetil-2-heptena.space 

Pembahasan

Alkana adalah hidrokarbon jenuh dimana rantai karbonnya semua berikatan tunggal. Dari ketiga gambar pada tabel, gambar 1 merupakan senyawa alkana. Cara memberi nama pada alkana yang memilikirantai karbon bercabang yaitu: Menentukan rantai utama terlebih dahulu, yaitu rantai karbon terpanjang dan diberi nomor urut dari ujung yang paling dekat dengan letak cabang. Pada senyawa gambar 1, rantai utama terdiri dari 5 atom karbon sehingga namanya adalah pentana. Menetapkan gugus cabang yang terikat pada rantai utama. Urutan penyebutan cabang berdasarkan alfabet, sehingga nama senyawa pada gambar 1 adalah 3-etil-2-metilpentana . Alkena adalah hidrokarbon tak jenuh dimana pada rantai karbon terdapat ikatan rangkap dua. Dari ketiga gambar pada tabel, gambar 3 merupakan senyawa alkena. Cara memberi nama pada alkena yang memilikirantai karbon bercabang yaitu: Rantai utama diambil dari rantai terpanjang yang mengandung ikatan rangkap. Penomoran atom karbon dimulai dari ujung yang paling dekat dengan ikatan rangkap. Pada senyawa gambar 3 terdapat 7 karbon dalam rantai utama dan ikatan rangkap berada di atom karbon keduasehingga namanya adalah 2-heptena. Menetapkan gugus cabang yang terikat pada rantai utama. Pada senyawa di atas terdapat dua gugus metilsehingga nama senyawa pada gambar 3 adalah 2,5-dimetil-2-heptena . Alkuna adalah hidrokarbon tak jenuh dimana pada rantai karbon terdapat ikatan rangkap tiga. Dari ketiga gambar pada tabel, gambar 2 merupakan senyawa alkuna. Cara memberi nama pada alkena yang memilikirantai karbon bercabang yaitu: Rantai utama diambil dari rantai terpanjang yang mengandung ikatan rangkap. Penomoran atom karbon dimulai dari ujung yang paling dekat dengan ikatan rangkap. Pada senyawa gambar 2 terdapat 5 karbon dalam rantai utama dan ikatan rangkap berada di atom karbon pertama sehingga namanya adalah 1-pentuna. Menetapkan gugus cabang yang terikat pada rantai utama. Berdasarkan penjelasan di atas, nama senyawa pada gambar 2 adalah 3-metil-1-pentuna . Jadi, nama struktur gambar 1 adalah 3-etil-2-metilpentana, nama struktur pada gambar 2 adalah 3-metil-1-pentuna dan nama struktur gambar 3 adalah 2,5-dimetil-2-heptena .

Alkana adalah hidrokarbon jenuh dimana rantai karbonnya semua berikatan tunggal. Dari ketiga gambar pada tabel, gambar 1 merupakan senyawa alkana. Cara memberi nama pada alkana yang memiliki rantai karbon bercabang yaitu:

  1. Menentukan rantai utama terlebih dahulu, yaitu rantai karbon terpanjang dan diberi nomor urut dari ujung yang paling dekat dengan letak cabang.

     

    Pada senyawa gambar 1, rantai utama terdiri dari 5 atom karbon sehingga namanya adalah pentana.
     
  2. Menetapkan gugus cabang yang terikat pada rantai utama.

     

    Urutan penyebutan cabang berdasarkan alfabet, sehingga nama senyawa pada gambar 1 adalah 3-etil-2-metilpentana.


Alkena adalah hidrokarbon tak jenuh dimana pada rantai karbon terdapat ikatan rangkap dua. Dari ketiga gambar pada tabel, gambar 3 merupakan senyawa alkena. Cara memberi nama pada alkena yang memiliki rantai karbon bercabang yaitu:

  1. Rantai utama diambil dari rantai terpanjang yang mengandung ikatan rangkap. Penomoran atom karbon dimulai dari ujung yang paling dekat dengan ikatan rangkap.

     

    Pada senyawa gambar 3 terdapat 7 karbon dalam rantai utama dan ikatan rangkap berada di atom karbon kedua sehingga namanya adalah 2-heptena.
     
  2. Menetapkan gugus cabang yang terikat pada rantai utama.

     

    Pada senyawa di atas terdapat dua gugus metil sehingga nama senyawa pada gambar 3 adalah 2,5-dimetil-2-heptena.

Alkuna adalah hidrokarbon tak jenuh dimana pada rantai karbon terdapat ikatan rangkap tiga. Dari ketiga gambar pada tabel, gambar 2 merupakan senyawa alkuna. Cara memberi nama pada alkena yang memiliki rantai karbon bercabang yaitu:

  1. Rantai utama diambil dari rantai terpanjang yang mengandung ikatan rangkap. Penomoran atom karbon dimulai dari ujung yang paling dekat dengan ikatan rangkap.

     

    Pada senyawa gambar 2 terdapat 5 karbon dalam rantai utama dan ikatan rangkap berada di atom karbon pertama sehingga namanya adalah 1-pentuna.
     
  2. Menetapkan gugus cabang yang terikat pada rantai utama.

      

    Berdasarkan penjelasan di atas, nama senyawa pada gambar 2 adalah 3-metil-1-pentuna.
     

Jadi, nama struktur gambar 1 adalah 3-etil-2-metilpentana, nama struktur pada gambar 2 adalah 3-metil-1-pentuna dan nama struktur gambar 3 adalah 2,5-dimetil-2-heptena.space 

35

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa nama yang mungkin untuk senyawa-senyawa alifatik dengan rumus molekul berikut: (a) C 3 H 8 (b) C 3 H 6 (c) C 3 H 4 (d) CH 4 (e) C 2 H 6

466

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia