Pertanyaan

Apa nama yang mungkin untuk senyawa-senyawa alifatik dengan rumus molekul berikut: (a) C 3 H 8 (b) C 3 H 6 (c) C 3 H 4 (d) CH 4 (e) C 2 H 6

Apa nama yang mungkin untuk senyawa-senyawa alifatik dengan rumus molekul berikut:

(a)  C3H8

(b)  C3H6

(c)  C3H4

(d)  CH4

(e)  C2H6

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

nama senyawa (a) adalah propana, senyawa (b) adalah propena, senyawa (c) adalah propuna, senyawa (d) adalah metana, dan senyawa (e) merupakan etana.

nama senyawa (a) adalah propana, senyawa (b) adalah propena, senyawa (c) adalah propuna, senyawa (d) adalah metana, dan senyawa (e) merupakan etana.

Pembahasan

Tentukan rumus umum yang sesuai untuk masing-masing senyawa, kelompokkan, kemudian beri nama. (a) C 3 H 8 Rumus kimia tersebut mengikuti rumus umum C n H 2n+2 dengan nilai n = 3. Senyawa ini merupakan senyawa alkana. Sesuai aturan penamaan, alkana dengan nilai n = 3 diberi nama propana. (b) C 3 H 6 Rumus kimia tersebut mengikuti rumus umum C n H 2n dengan nilai n = 3. Senyawa ini merupakan senyawa alkena. Sesuai aturan penamaan, alkena dengan nilai n = 3 diberi nama propena. (c) C 3 H 4 Rumus kimia tersebut mengikuti rumus umum C n H 2n-2 dengan nilai n = 3. Senyawa ini merupakan senyawa alkuna. Sesuai aturan penamaan, alkuna dengan nilai n = 3 diberi nama propuna. (d) CH 4 Rumus kimia tersebut mengikuti rumus umum C n H 2n+2 dengan nilai n = 1. Senyawa ini merupakan senyawa alkana. Sesuai aturan penamaan, alkana dengan nilai n = 1diberi nama metana. (e) C 2 H 6 Rumus kimia tersebut mengikuti rumus umum C n H 2n+2 dengan nilai n = 2. Senyawa ini merupakan senyawa alkana. Sesuai aturan penamaan, alkana dengan nilai n = 2diberi nama etana. Jadi, nama senyawa (a) adalah propana, senyawa (b) adalah propena, senyawa (c) adalah propuna, senyawa (d) adalah metana, dan senyawa (e) merupakan etana.

Tentukan rumus umum yang sesuai untuk masing-masing senyawa, kelompokkan, kemudian beri nama.

(a)  C3H8

Rumus kimia tersebut mengikuti rumus umum CnH2n+2 dengan nilai n = 3. Senyawa ini merupakan senyawa alkana. Sesuai aturan penamaan, alkana dengan nilai n = 3 diberi nama propana.

(b)  C3H6

Rumus kimia tersebut mengikuti rumus umum CnH2n dengan nilai n = 3. Senyawa ini merupakan senyawa alkena. Sesuai aturan penamaan, alkena dengan nilai n = 3 diberi nama propena.

(c)  C3H4

Rumus kimia tersebut mengikuti rumus umum CnH2n-2 dengan nilai n = 3. Senyawa ini merupakan senyawa alkuna. Sesuai aturan penamaan, alkuna dengan nilai n = 3 diberi nama propuna.

(d)  CH4

Rumus kimia tersebut mengikuti rumus umum CnH2n+2 dengan nilai n = 1. Senyawa ini merupakan senyawa alkana. Sesuai aturan penamaan, alkana dengan nilai n = 1 diberi nama metana.

(e)  C2H6

Rumus kimia tersebut mengikuti rumus umum CnH2n+2 dengan nilai n = 2. Senyawa ini merupakan senyawa alkana. Sesuai aturan penamaan, alkana dengan nilai n = 2 diberi nama etana.


Jadi, nama senyawa (a) adalah propana, senyawa (b) adalah propena, senyawa (c) adalah propuna, senyawa (d) adalah metana, dan senyawa (e) merupakan etana.

455

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika struktur A 1 dan B 1 merupakan golongan alkana, struktur A 2 dan B 2 merupakan golongan alkena, dan struktur A 3 dan B 3 merupakan alkuna. Jelaskan apakah yang dimaksud golongan alkana, alkena da...

32

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia