Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pasangan data yang berhubungan dengan tepat adalah ...

Pasangan data yang berhubungan dengan tepat adalah ...

  1. Bahan makanan : A

    Jenis karbohidrat : glukosa

    Hasil identifikasi : hasil uji Fehling menghasilkan ester dan Cu subscript 2 O

  2. Bahan makanan : B

    Jenis karbohidrat : galaktosa

    Hasil identifikasi : tidak terbentuk warna merah-ungu saat uji Molisch

  3. Bahan makanan : C

    Jenis karbohidrat : amilum

    Hasil identifikasi : hasil uji Fehling menghasilkan Cu subscript 2 O

  4. Bahan makanan : D

    Jenis karbohidrat : selulosa

    Hasil identifikasi : diperoleh dari hidrolisis amilum dengan enzim

  5. Bahan makanan : E

    Jenis karbohidrat : sukrosa

    Hasil identifikasi : direaksikan dengan tes Fehling tidak menghasilkan Cu subscript 2 O

Iklan

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Uji Molisch merupakan uji umum untuk karbohidrat. Semua karbohidrat bereaksi positif dengan membentuk cincin merah-ungu. (opsi Bsalah) Hidrolisis merupakan reaksi penguraian suatu molekul oleh air menjadi molekul yang lebih sederhana. Selulosa merupakan polisakarida, sehingga selulosa dapat di hidrolisis menjadi molekul monosakarida, yaitu glukosa. (opsi D salah) Uji Fehling merupakan suatu uji identifikasi untuk gula pereduksi yang mengandung gugus aldehid atau keton bebas. Senyawa monosakarida (glukosa, fruktosa, galaktosa) dan disakarida (laktosa dan maltosa) bereaksi positif terhadap Fehling dengan membentuk endapan merah bata, Cu 2 O dan asam karboksilat. (opsi A salah) Amilum merupakan polisakarida yang tidak mengandung gugus keton maupun aldehid bebas, sehingga amilum tidak bereaksi positif terhadap Fehling. (opsi Csalah) Sukrosa merupakan disakarida yang tidak memiliki gugus aldehid dan keton bebas yang dapat dioksidasi lebih lanjut dengan pereaksi Fehling (CuO) sehingga tidak dapat menghasilkan endapan merah bata (Cu 2 O). Sukrosa bukan merupakan gula pereduksi karena sifat ini. (opsi E benar) Hubungan yang tepat antara bahan makanan dan jenis karbohidrat yang terkandung serta hasil identifikasi yang tepat tersaji dalam tabel berikut.

  • Uji Molisch merupakan uji umum untuk karbohidrat. Semua karbohidrat bereaksi positif dengan membentuk cincin merah-ungu. (opsi B salah)
  • Hidrolisis merupakan reaksi penguraian suatu molekul oleh air menjadi molekul yang lebih sederhana. Selulosa merupakan polisakarida, sehingga selulosa dapat di hidrolisis menjadi molekul monosakarida, yaitu glukosa. (opsi D salah)
  • Uji Fehling merupakan suatu uji identifikasi untuk gula pereduksi yang mengandung gugus aldehid atau keton bebas. Senyawa monosakarida (glukosa, fruktosa, galaktosa) dan disakarida (laktosa dan maltosa) bereaksi positif terhadap Fehling dengan membentuk endapan merah bata, Cu2O dan asam karboksilat. (opsi A salah)
  • Amilum merupakan polisakarida yang tidak mengandung gugus keton maupun aldehid bebas, sehingga amilum tidak bereaksi positif terhadap Fehling. (opsi C salah)
  • Sukrosa merupakan disakarida yang tidak memiliki gugus aldehid dan keton bebas yang dapat dioksidasi lebih lanjut dengan pereaksi Fehling (CuO) sehingga tidak dapat menghasilkan endapan merah bata (Cu2O). Sukrosa bukan merupakan gula pereduksi karena sifat ini. (opsi E benar)

Hubungan yang tepat antara bahan makanan dan jenis karbohidrat yang terkandung serta hasil identifikasi yang tepat tersaji dalam tabel berikut.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pasangan data yang berhubungan dengan tepat adalah ....

7

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia