Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan drama berikut!
 

Radin: Ya ... ya ... Begini saja, saya ingin terbuka saja, sekaligus juga rahasia kita berdua. Saya tidak mau menerima suap. Titik. Saya juga tidak mau menerima hadiah yang tidak berharga. Telah banyak hadiah yang kuterima. Apa? Bukan suap? Bukan juga hadiah, lalu apa namanya? Ha! Menjual rumah kepada saya? Ha! Lima miliar? Oke, oke. Begini saja, aku siap membantu Anda. Sekarang buat perjanjian dan kelengkapan hukumnya, bahwa saya telah membeli rumah Saudara dengan harga yang sama ya. Seolah-olah saja. Seolah-olah saya telah membeli rumah Anda. Setuju? Ya, mesti begitu dong. Baik, baik. Sampai jumpa. Oh, ya! Jangan sampai lupa kelengkapan hukumnya! Oke, oke.

(Lalu telepon rumah berdering lagi. Putus. Telepon seluler berdering. juga putus. Telepon rumah berdering lagi. Putus lagi. Kesal. Telepon dibanting. Lampu padam) 

(Musik mengalun. Seorang narator muncul di sudut panggung dan beraksi diantara dua topeng. Bisa juga seperti dalang yang memainkan boneka)

Narator: Para penonton yang terhormat, itu tadi sebagian kecil dari perilaku Radin, pejabat kaya di kota tercinta. Ya, seperti layaknya pejabat terhormat di negeri ini, sudah kaya masih juga minta dipuji, minta dihormati lebih dari manusia. Bahkan, juga masih serakah untuk mendapatkan segala macam harta benda. Dulu, sewaktu ia masih remaja dan hidup di desa, Radin memiliki dua sahabat karib, namanya Yatim dan Kasim. Waktu itu, ketiganya sepakat untuk kuliah ke kota. Akan tetapi, ketika Yatim ini hendak berangkat dan pamit dengan ibunya, ibunya menjawab dengan rasa berat.

Dikutip dari: Hamdy Salad, "Tiga Bayangan" dalam Tak Ada Bintang di Dadanya, Yogyakarta, Interlude, 2016space 

Paragraf reflektif yang sesuai dengan kutipan naskah drama tersebut adalah ...

Paragraf reflektif yang sesuai dengan kutipan naskah drama tersebut adalah ...space 
 

  1. Sifat dapat dipercaya harus dimiliki oleh seorang pemimpin; Tokoh Radin dalam kutipan naskah drama tersebut merupakan tokoh yang dapat dipercaya. Tokoh Radin pandai menyimpan rahasia. Sifat tersebut tampak saat tokoh Radin berbicara dengan lawan bicaranya di telepon. Tokoh Radin menjamin bahwa rahasia antara dirinya dan lawarn bicaranya tersimpan rapat.undefined 

  2. Dalam masyarakat atau keluarga, kita sering dimintai tolong untuk membantu menguruskan sesuatu. Kita berharap saudara atau ternan kita membantu urusan kita. Terman atau saudara kita pun akan membantu kita karena ada perasaan "tidak enak" jika menolak permintaan tersebut, apalagi jika disertai ucapan manis atau janji-janji. Budaya inilah yang menyuburkan korupsi.undefined 

  3. Sifat ingin dipuji dan dihormati merupakan sifat yang tidak patut ditiru. Belum tentu orang yang gila hormat tersebut tingkah lakunya memperlihatkan tindakan yang baik pula. Jadi, kita harus berhati-hati kepada pejabat atau orang yang minta dihormati atau dipuji. Lebih baik kita menyimpan pujian dan rasa hormat kita kepada orang lain yang lebih pantas.undefined 

  4. Perilaku jujur dan terus terang dapat kita lihat pada pribadi tokoh Radin. Tokoh Radin dalam kutipan naskah drama tersebut memperlihatkan perilaku jujur saat ditanya oleh lawan bicaranya ditelepon. Tokoh Radin berterus terarig jika ia dapaf membantu lawan bicaranya yang ada di telepon. Perilaku tersebut sudah jarang ditemui, apalagi dalam diri pejabat dan orang penting di negeri ini.undefined 

  5. Orang sukses adalah orang yang bertindak tegas, contohnya tokoh Radin. Tokoh Radin dalam kutipan naskah drama tersebut qertindak tegas kepada lawan bicaranya di telepon. Sifat tegas dapat membuat orang lain segan kepada kita. Dengan demikian, kita dapat mencegah orang lain berbuat macam-macam kepada kita.undefined 

Iklan

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Paragraf reflektif adalah paragraf yang mendeskiripsikan pikiran seseorang mengenai sesuatu dengan menambahkan unsur refleksi pribadi dan pemberian makna. Pada naskah drama di atas dapat diambil contoh dari perilaku Radin yang serakah, haus akan pujian, dan gila kehormatan sehingga darinaskah drama tersebut kita bisa membuat refleksi bahwa keinginan untuk selalu dipuji dan dihormati adalah sifat yang tidak patut untuk ditiru. Jadi, paragraf reflektif yang sesuai dengan kutipan naskah drama tersebut adalah s ifat ingin dipuji dan dihormati merupakan sifat yang tidak patut ditiru. Belum tentu orang yang gila hormat tersebut tingkah lakunya memperlihatkan tindakan yang baik pula. Jadi, kita harus berhati-hati kepada pejabat atau orang yang minta dihormati atau dipuji. Lebih baik kita menyimpan pujian dan rasa hormat kita kepada orang lain yang lebih pantas. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Paragraf reflektif adalah paragraf yang mendeskiripsikan pikiran seseorang mengenai sesuatu dengan menambahkan unsur refleksi pribadi dan pemberian makna.

Pada naskah drama di atas dapat diambil contoh dari perilaku Radin yang serakah, haus akan pujian, dan gila kehormatan sehingga dari naskah drama tersebut kita bisa membuat refleksi bahwa keinginan untuk selalu dipuji dan dihormati adalah sifat yang tidak patut untuk ditiru. 

Jadi, paragraf reflektif yang sesuai dengan kutipan naskah drama tersebut adalah sifat ingin dipuji dan dihormati merupakan sifat yang tidak patut ditiru. Belum tentu orang yang gila hormat tersebut tingkah lakunya memperlihatkan tindakan yang baik pula. Jadi, kita harus berhati-hati kepada pejabat atau orang yang minta dihormati atau dipuji. Lebih baik kita menyimpan pujian dan rasa hormat kita kepada orang lain yang lebih pantas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Buku Pengayaan (Nonfiksi) dan Buku Drama (Fiksi)

Mengidentifikasi Nilai-Nilai pada Buku Pengayaan (Nonfiksi) dan Buku Drama (Fiksi)

Menulis Buku Pengayaan (Nonfiksi) dan Buku Drama (Fiksi)

Konsep Kilat

442

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada laporan hasil membaca buku drama, kutipan tersebut termasuk bagian...

157

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia