Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kutipan drama berikut untuk soal nomor 18 –20. 


Pak Hasan: Ini memang soal penting! Pelajaran penting, masalah agama. Jadi, saya mesti mengoreksinya dengan benar. Kalau guru hanya mengoreksi soal-soal penting dan fundamen seperti ini hanya main-main, apa jadinya murid-muridku nanti? Bisa-bisa jadi rusak generasi bangsa ini. 

Bu Hasan: 'Kan banyak juga guru yang bekerja seadanya, Pak. Yang bekerja tanpa membedakan apakah itu matematika, ekonomi, atau agama. 'Kan sama-sama pelajaran di sekolah. (Sambil bicara, Bu Hasan mengambil sapu dan membersihkan lantai) 

Pak Hasan: Bu, beda! Kalau matematika salah, bisa diperbaiki. 'Kan hanya di kepala. Kalau soal agama, bahaya karena masuk ke dalam hati. Salah sedikit bisa memengaruhi tingkah laku anak. Pelajaran agama itu juga masalah hati, masalah moral bangsa, masalah kehidupan di dunia dan akhirat nanti. Jadi, bukan sekadar angka, tidak bisa disamakan dengan matematika atau pelajaran IPA. 


Dikutip dari: Hamdy Salad, "Tak Ada Bintang di Dadanya" dalam Tak Ada Bintang di Dadanya, Yogyakarta, Interlude, 2016

Paragraf reflektif yang sesuai dengan kutipan drama tersebut adalah ...

Paragraf reflektif yang sesuai dengan kutipan drama tersebut adalah ... 

  1. Sikap jujur yang dimiliki oleh tokoh Pak Hasan sudah jarang ditemui akhir-akhir ini. Kejujuran menjadi sesuatu yang langka. Kejujuran dalam dunia pendidikan juga telah lama luntur. Fenomena ini terlihat saat maraknya bocoran soal Ujian Nasional. Oleh karena itu, sikap yang dimiliki tokoh Pak Hasan patut ditiru.undefined 
     

  2. Sikap peduli tokoh Bu Hasan perlu ditiru. Saat ini sudah jarang ditemui orang yang memedulikan orang di sekitamya. Tokoh Bu Hasan sangat memedulikan murid-murid Pak Hasan. Tokoh Bu Hasan tidak ingin murid-murid tokoh Pak Hasan mendapatkan nilai jelek di semua pelajaran sekolah.undefined 

  3. Sikap keras hati tokoh Bu Hasan perlu ditiru. Sifat keras hati yang dimiliki tokoh Bu Hasan merupakan cermin sikap disiplin diri. Sikap disiplin ini yang membawa kesuksesan seseorang. Oleh karena itu, kita perlu bersikap keras hati agar dapat meraih kesuksesan.undefined 

  4. Sikap teliti tokoh Pak Hasan perlu ditiru. Saat ini sudah jarang murid-murid yang mengerjakan tugas dengan teliti. Banyak murid yang mengerjakan tugas seadanya. Menurut mereka, penilaian bukanlah akhir segalanya. Nilai jelek tidak akan memengaruhi tingkah laku dan moral murid.undefined 
     

  5. Sikap teguh pendirian tokoh Pak Hasan perlu ditiru. Saat ini sudah jarang ditemui orang yang berdedikasi tinggi dengan pekerjaannya. Banyak orang yang mengerjakan tugas seadanya. Tokoh Pak Hasan tidak ingin menyesatkan anak didiknya dengan mengoreksi hasil pekerjaan pelajaran agama murid-muridnya seadanya. undefined 

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepatadalah pilihan E.

jawaban yang tepat adalah pilihan E.space  

Iklan

Pembahasan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , drama adalahkomposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (peran) atau dialog yang dipentaskan. Paragraf reflektif adalahsebuah paragraf yang ditulis sebagai sebuah refleksi (merenungkan) isu-isu ekonomi, politik, regulasi pemerintah dan sebuah isu penting lainnya yang banyak ditulis oleh penulis lain dalam berbagai format tulisan. Pada teks tersebut terdapat kalimat: Pak Hasan: Ini memang soal penting! Pelajaran penting, masalah agama. Jadi, saya mesti mengoreksinya dengan benar. Kalau guru hanya mengoreksi soal-soal penting dan fundamen seperti ini hanya main-main, apa jadinya murid-muridku nanti? Bisa-bisa jadi rusak generasi bangsa ini. Pak Hasan: Bu, beda! Kalau matematika salah, bisa diperbaiki. 'Kan hanya di kepala. Kalau soal agama, bahaya karena masuk ke dalam hati. Salah sedikit bisa memengaruhi tingkah laku anak. Pelajaran agama itu juga masalah hati, masalah moral bangsa, masalah kehidupan di dunia dan akhirat nanti. Jadi, bukan sekadar angka, tidak bisa disamakan dengan matematika atau pelajaran IPA. Paragraf reflektif yang sesuai dengan kutipan drama tersebut adalah sikap teguh pendirian tokoh Pak Hasan perlu ditiru. Saat ini sudah jarang ditemui orang yang berdedikasi tinggi dengan pekerjaannya. Banyak orang yang mengerjakan tugas seadanya. Tokoh Pak Hasan tidak ingin menyesatkan anak didiknya dengan mengoreksi hasil pekerjaan pelajaran agama murid-muridnya seadanya. Dengan demikian, jawaban yang tepatadalah pilihan E.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, drama adalah  komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (peran) atau dialog yang dipentaskan.

Paragraf reflektif adalah sebuah paragraf yang ditulis sebagai sebuah refleksi (merenungkan) isu-isu ekonomi, politik, regulasi pemerintah dan sebuah isu penting lainnya yang banyak ditulis oleh penulis lain dalam berbagai format tulisan.

Pada teks tersebut terdapat kalimat:

  • Pak Hasan: Ini memang soal penting! Pelajaran penting, masalah agama. Jadi, saya mesti mengoreksinya dengan benar. Kalau guru hanya mengoreksi soal-soal penting dan fundamen seperti ini hanya main-main, apa jadinya murid-muridku nanti? Bisa-bisa jadi rusak generasi bangsa ini. 
  • Pak Hasan: Bu, beda! Kalau matematika salah, bisa diperbaiki. 'Kan hanya di kepala. Kalau soal agama, bahaya karena masuk ke dalam hati. Salah sedikit bisa memengaruhi tingkah laku anak. Pelajaran agama itu juga masalah hati, masalah moral bangsa, masalah kehidupan di dunia dan akhirat nanti. Jadi, bukan sekadar angka, tidak bisa disamakan dengan matematika atau pelajaran IPA. 

Paragraf reflektif yang sesuai dengan kutipan drama tersebut adalah sikap teguh pendirian tokoh Pak Hasan perlu ditiru. Saat ini sudah jarang ditemui orang yang berdedikasi tinggi dengan pekerjaannya. Banyak orang yang mengerjakan tugas seadanya. Tokoh Pak Hasan tidak ingin menyesatkan anak didiknya dengan mengoreksi hasil pekerjaan pelajaran agama murid-muridnya seadanya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space  

Latihan Bab

Mengenal Buku Pengayaan (Nonfiksi) dan Buku Drama (Fiksi)

Mengidentifikasi Nilai-Nilai pada Buku Pengayaan (Nonfiksi) dan Buku Drama (Fiksi)

Menulis Buku Pengayaan (Nonfiksi) dan Buku Drama (Fiksi)

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

95

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini pernyataan yang tidak sesuai dengan isi kutipan laporan tersebut yaitu...

62

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia