Roboguru

Pada puisi di atas, imaji auditif/pendengaran terdapat pada baris ....

Pertanyaan

Pada puisi di atas, imaji auditif/pendengaran terdapat pada baris ....space 

  1. Satu space 

  2. Duaspace 

  3. Empatspace 

  4. Limaspace 

  5. Enamspace 

Pembahasan Soal:

Imaji adalah gambaran, kesan, bayang-bayang, atau apa yang ada dalam pikiran ketika kita membayangkan atau mengingat sesuatu. Imaji bisa berupa gambaran visual, suara, bau, rasa, atau gabungan dari semua penginderaan itu. Imaji merupakan unsur yang cukup penting dalam puisi dan termasuk dalam struktur fisik puisi. Imaji membuat puisi menjadi hidup dan bergerak. 

Imaji dapat dibedakan menjadi 3 yaitu:

  1. Imaji visual: Jika kata dalam puisi itu memberi efek pada indera penglihatan 
  2. Imaji auditif: Jika kata dalam puisi itu memberi efek pada indera pendengaran
  3. Imaji taktil: Sesuatu yang dapat kita rasakan, raba ataupun disentuh.

Imaji auditif pada puisi di atas terdapat pada baris kedua yaitu pada kalimat Ada juga kelepak elang menyinggung muram, kalimat tersebut menjelaskan penulis mendengar kelepak burung elang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Citraan yang terdapat pada larik pertama penggalan puisi di atas adalah....

Pembahasan Soal:

Imaji atau citraan adalah kata atau susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi, seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan. lmaji dapat mengakibatkan pembaca seakanakan melihat, mendengar, dan merasakan seperti apa yang dialami penyair. Citraan yang terdapat pada larik pertama penggalan puisi di atas adalah penglihatan. Bulan sabit dan malam dapat kita rasakan melalui indra penglihatan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Citraan pada bait kedua puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Struktur lahir puisi meliputi diksi, imaji, tipografi, rima dan ritme, serta majas yang diungkapkan secara tersurat oleh penyair. Imaji atau citraan adalah pemberi gambaran kepada para pendengar atau pembaca agar seolah-olah dapat melihat, mendengar, merasakan atau mengalami hal-hal yang terkandung dalam puisi. Citraan mempunyai 6 macam, diantaranya citraan penglihatan, pendengaran, penciuman, perasaan, perabaan dan pergerakan. Citraan pada bait kedua puisi tersebut menggunakan citraan peraba melalui kata "tangan terkulai", dan citraan perasaan melalui kata "dikoyak".


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined

0

Roboguru

Citraan yang dominan dalam puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, citraan adalah kesan atau gambaran visual yang ditimbulkan oleh sebuah kata, frasa, atau kalimat, dan merupakan unsur dasar yang khas dalam karya prosa dan puisi. Citraan penglihatan adalah citraan yang mampu memberi rangsangan kepada indera penglihatan sehingga hal-hal yang tidak terlihat menjadi seolah-olah terlihat. Citraan pendengaran adalah citraan yang dihasilkan dengan menyebutkan atau menguraikan bunyi suara, misalnya dengan munculnya diksi sunyi, tembang, dendang, dentum, dan sebagainya. Citraan pendengaran berhubungan dengan kesan dan gambaran yang diperoleh melalui indera pendengaran (telinga).

Bait pertama puisi tersebut menggunakan citraan penglihatan karena memberikan efek kepada indera penglihatan. Hal itu dibuktikan pada kutipan larik "jika rakyat pergi / ketika penguasa pidato" yang memberikan rangsangan kepada indera penglihatan seakan-akan melihat rakyat yang pergi dan penguasa yang berpidato. 

Bait kedua, puisi tersebut menggunakan citraan penglihatan. Pada larik "kalau rakyat bersembunyi / dan berbisik-bisik" memberikan efek seakan-akan kita melihat secara langsung rakyat yang bersembunyi dan berbisi-bisik.

Pada bait ketiga dalam puisi tersebut menggunakan citraan pendengaran. Hal itu terlihat pada kutipan larik "dan bila omongan penguasa / tidak boleh dibantah" yang memberikan efek pada indera pendengaran.

Pada bait keempat juga menggunakan citraan pendengaran untuk memberi kesan tersendiri bagi pembaca. Hal itu dibuktikan pada kutipan larik "suara dibungkam kritik dilarang tanpa alasan" yang memberi rangsangan pada indera pendengaran, seakan-akan pembaca ikut mendengarkan.

Jadi, citraan yang dominan dalam puisi tersebut adalah pendengaran dan penglihatan.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Citraan penulisan puisi tersebut yang dominan adalah ....

Pembahasan Soal:

Pengimajian/Citraan dalam Puisi adalah gambar-gambar dalam pikiran dan bahasa yang menggambarkannya. Setiap gambar pikiran disebut citra atau imaji (image). Adapun gambaran pikiran adalah sebuah efek dalam pikiran yang sangat menyerupai, yang dihasilkan oleh penangkapan kita terhadap sebuah objek yang dapat dilihat oleh mata (indra penglihatan). Jika dilihat dari fungsinya, citraan atau pengimajian lebih cenderung berfungsi untuk mengingatkan kembali apa yang telah dirasakan.

Jenis-jenis pengimajian:

  1. Citraan Penglihatan dalam puisi. Citraan penglihatan ditimbulkan oleh indra penglihatan (mata). Citraan ini merupakan jenis yang paling sering digunakan penyair. Citraan penglihatan mampu memberi rangsangan kepada indra penglihatan sehingga hal-hal yang tidak terlihat menjadi seolah-olah terlihat.
  2. Citraan Pendengaran dalam Puisi. Citraan pendengaran berhubungan dengan kesan dan gambaran yang diperoleh melalui indra pendengaran (telinga). Citraan ini dapat dihasilkan dengan menyebutkan atau menguraikan bunyi suara, misalnya dengan munculnya diksi sunyi, tembang, dendang, suara mengiang, berdentum-dentum, dan sayup-sayup.
  3. Citraan Perabaan dalam Puisi. Citraan perabaan atau citraan tactual adalah citraan yang dapat dirasakan oleh indra peraba (kulit). Pada saat membacakan atau mendengarkan larik-larik puisi, kita dapat menemukan diksi yang menyebabkan kita merasakan rasa nyeri, dingin, atau panas karena perubahan suhu udara.
  4. Citraan Penciuman dalam puisi. Citraan penciuman atau pembauan disebut juga citraan olfactory. Dengan membaca atau mendengar kata-kata tertentu, kita seperti mencium bau sesuatu. Citraan atau pengimajian melalui indra penciuman ini akan memperkuat kesan dan makna sebuah puisi.
  5. Citraan Pencicipan atau Pencecapan dalam puisi. Citraan pencicipan disebut juga citraan gustatory, yakni citraan yang muncul dari puisi sehingga kita seakan-akan mencicipi suatu benda yang menimbulkan rasa asin, pahit, asam, manis, atau pedas.
  6. Citraan Gerak dalam puisi. Dalam larik-larik puisi, kamu pun dapat menemukan citraan gerak atau kinestetik. Yang dimaksud citraan gerak adalah gerak tubuh atau otot yang menyebabkan kita merasakan atau melihat gerakan tersebut. Munculnya citraan gerak membuat gambaran puisi menjadi lebih dinamis.

Didasarkan pada penjelasan di atas, maka citraan yang domina pada puisi di atas adalah citraan penglihatan dan pendengaran. Citraan penglihatan terdapat pada baris Pernah Tuan melihat air berdesah, citraan pendengaran terdapat pada larik Pipit bercicit. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Imaji yang ditimbulkan pada larik barang kali akan segera memutih rambut kami ini adalah ....

Pembahasan Soal:

Imaji dapat diartikan sebagai kata atau serangkaian kata yang dapat membentuk gambaran mental atau dapat membangkitkan pengalaman tertentu.

Contoh bila kita mengatakan bahwa sesuatu itu indah, berarti imaji atau citra yang digunakan adalah penglihatan.

Kita perlu mencari imaji dari larik:

barang kali akan segera memutih rambut kami ini

Imaji yang ditimbulkan pada larik di sana adalah imaji penglihatan. Hal tersebut karena kata memutih hanya bisa dibuktikan dengan indra penglihatan.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved