Roboguru

Pada November 1945, pemerintah Belanda melakukan blokade terhadap Indonesia. Salah satu tujuan tersebut adalah ...

Pertanyaan

Pada November 1945, pemerintah Belanda melakukan blokade terhadap Indonesia. Salah satu tujuan tersebut adalah ...undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Setelah kemerdekaan Indonesia, Belanda berambisi ingin menguasai kembali wilayah Indonesia. Keinginan untuk menguasai Indonesia terlihat jelas ketika Belanda melakukan blokade ekonomi sejak bulan November 1945. Dalam pelaksanaannya, Belanda memusatkan blokade di jalur perdagangan laut. Tujuan Belanda untuk melakukan blokade ekonomi antara lain untuk mencegah masuknya senjata dan peralatan militer ke Indonesia.

Dengan demikian salah satu tujuan blokade ekonomi yang dilakukan Belanda adalah untuk untuk mencegah masuknya senjata dan peralatan militer ke Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada masa awal kemerdekaan perekonomian Indonesia semakin menurun karena kas negara mengalami kekosongan. Mengapa kondisi tersebut dapat terjadi?

Pembahasan Soal:

Pada awal kemerdekaan belum terbentuk sistem penerimaan pajak dan bea dengan baik sehingga pemerintah belum mendapat pendapatan fiskal dengan baik. kondisi lain yang mendorong kondisi tersebut adalah blokade ekonomi oleh Belanda dan Agresi militer. Dengan demikian kondisi fiskal dan faktro eksternal seperti blokade dan agresi militer menyebabkan kekosongan kas pemerintah di awal kemerdekaan.undefined  

0

Roboguru

Salah satu upaya Pemerintah RI untuk mengisi kas negara di awal kemerdekaan adalah....

Pembahasan Soal:

Kekosongan kas negara menjadi salah satu pemicu besarnya inflasi di Indonesia pada awal kemerdekaan. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia berupaya mengatasinya dengan melakukan pinjaman nasional. Pinjaman nasional merupakan kebijakan yang dicetuskan oleh Menteri Keuangan Ir. Surachman dan dilaksanakan atas persetujuan Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP). Untuk mendukung program tersebut, pemerintah membentuk Bank Tabungan Pos yang berguna menyalurkan pinjaman. Banyak rakyat Indonesia yang mendukung kebijakan ini. Rakyat dengan sukarela pergi ke Bank Tabungan Pos dan rumah-rumah pegadaian untuk mengumpulkan uang dan dipinjamkan kepada negara. Pada tahap pertama, pinjaman nasional berhasil mengumpulkan uang sejumlah Rp. 500.000.000,00.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Pada masa awal kemerdekaan Indonesia Belanda memblokade pintu perdagangan bangsa Indonesia. Jelaskan upaya pemerintah Indonesia untuk menembus blokade tersebut!

Pembahasan Soal:

-Melakukan diplomasi beras dengan India

-Melakukan penyelundupan melalui Singapura dengan mendirikan Indoff

-Mendirikan BTC untuk melakukan perdangan dengan Amerika dalam bentuk barter

-Membentuk Kementerian Pertahanan Usaha Luar Negeri

Dengan demikian usaha-usaha tersebut yang dilakukan RI untuk menghadapi Blokade ekonomi.undefined

0

Roboguru

Jelaskan alasan perekonomian Indonesia pasca kemerdekaan memburuk! serta berikan 1 contoh pembuktiannya!

Pembahasan Soal:

Setelah mendapatkan kedaulatan penuh pasca KMB, indonesia menghadapi permasalahan ekonomi akibat perang revolusi, kontrak-kontrak masa kolonial yang kembali berlaku, permasalahan sumber daya manusia, dan hutang luar negeri akibat penandatanganan KMB. Salah satu faktor utama dari permasalahan ekonomi adalah utang luar negeri akibat KMB. Dalam salah satu poin Kesepakatan Ekonomi Keuangan (Financial-Economic Agreement) hasil perundingan KMB, Indonesia bersedia menanggung seluruh utang Pemerintah Hindia-Belanda sebelum perang dan utang NICA pasca-perang. Belanda minta Indonesia menanggung 3 miliar gulden utang dalam negeri dan 3,3 miliar gulden utang luar negeri. Indonesia hanya mau mengambil alih utang dalam negeri sebelum perang. Alasannya, utang pasca-perang sebesar 2 miliar gulden digunakan untuk membiayai agresi militer Belanda terhadap RI. Indonesia bahkan harus menghabiskan hadiah kemerdekaan dari Amerika Serikat berupa pinjaman dari Export-Import Bank sebesar 100 juta dolar AS untuk membayar utang tersebut. Pada masa pemerintahan kabinet Burhanudin Harahap mengirimkan Anak Agung Gde sebagai pimpinan delegasi ke jenewa. Pengiriman tersebut bertujuan untuk merundingkan masalah Finansial Ekonomi antara pihak Indonesia dan Belanda. Akhirnya pada tanggal 7 januari 1956 dicapainya kesepakatan rencana persetujuan Finansial Ekonomi antara pihak Indonesia dan pihak Belanda yang isinya sebagai berikut :

  1. Persetujuan Finek hasil KMB dibubarkan
  2. Hubungan Finek Indonesia dan Belanda didasarakan atas hubungan bilateral
  3. Hubungan Finek didasarkan pada undang-undang nasional, yang tidak boleh diikat oleh perjanjian lain antara kedua belah pihak.

Sikap pemerintah Belanda tidak mau menandatangani rencana persetujuan yang telah dibuat tersebut. Hal ini membuat pemerintah Republik Indonesia harus mengambil langkah sepihak.

Dengan demikian, alasan perekonomian Indonesia pasca kemerdekaan memburuk dan contoh pembuktiannya adalah banyaknya hutang luar negeri yang ditanggung oleh Indonesia sebagai salah satu hasil perundingan KMB. Hal ini membuat Indonesia mengajukan delegasinya untuk merundingkan masalah Finansial Ekonomi (Finek) yang tertuang dalam rencana pesetujuan Finek, namun Belanda tidak mau menandatanganinya.

0

Roboguru

Pada masa awal kemerdekaan Indonesia belum memiliki mata uang sendiri. Langkah yang dilakukan pemerintah untuk menangani per­masalahan tersebut adalah  ....

Pembahasan Soal:

Pada awal kemerdekaan terdapat masalah moneter yaitu hiperinflasi akibat terlalu banyak uang beredar dengan beredarnya Uang jepang, uang NICA, dan uang De Javache Bank. Untuk mengurangi jumlah uang beredar melalui gunting Sjariffudin yang memberlakukan uang NICA namun dalam transaksi digunting setelah digunakan. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved