Roboguru

Jelaskan kondisi perekonomian bangsa Indonesia pada masa demokrasi liberal!

Pertanyaan

Jelaskan kondisi perekonomian bangsa Indonesia pada masa demokrasi liberal!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Setelah pengakuan kedaulatan Indonesia sebagai hasil Konferensi Meja Bundar, diikuti dengan pembentukan dan pembubaran RIS, Indonesia yang telah kembali ke bentuk negara kesatuan dan memasuki masa demokrasi liberal mengalami banyak permasalahan ekonomi, antara lain: besarnya jumlah mata uang yang beredar, Tingginya biaya hidup, Hutang luar negeri yang mencapai 1,5 trilyun Rupiah dan hutang dalam negeri yang mencapai 2,8 trilyun Rupiah. Defisit sebesar 5,1 miliar Rupiah yang harus ditanggung pemerintah, dan Pertambahan jumlah penduduk dengan taraf hidup yang rendah. Permasalahan-permasalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: Ekspor Indonesia hanya bergantung pada satu bidang yaitu pertanian dan perkebunan, Politik keuangan pemerintahan Indonesia masih mewarisi peninggalan kolonial, belum banyak pengalaman dalam menata ekonomi, Tenaga ahli dan dana untuk menata ekonomi belum terpenuhi dengan baik. Terjadi banyak pemberontakan di daerah yang menyebabkan tingginya pengeluaran negara untuk bidang keamanan dan militer. Kabinet yang terlalu sering berganti menyebabkan rencana ekonomi yang telah disusun tidak berhasil dieksekusi sampai sempurna. Upaya-upaya pemerintah untuk memperbaiki keadaan ekonomi antara lain:

  1. Kebijakan Gunting Syafruddin.
  2. Sistem Ekonomi Gerakan Banteng.
  3. Nasionalisasi De Javanesche Bank yang sebelumnya dimiliki oleh Belanda menjadi Bank Indonesia untuk menghilangkan hambatan bagi pemerintah dalam menjalankan kebijakan ekonomi dan moneter seperti pemberian kredit.
  4. Sistem Ekonomi Ali Baba, yang bertujuan memajukan pengusaha pribumi (Ali) dengan bekerja sama dengan perusahaan non-pribumi (Baba).
  5. Rencana Pembangunan Lima Tahun (RPLT) yang disusun oleh Biro Perancang Nasional dipimpin oleh Menteri Perancang Nasional, Ir. Djuanda.
  6. Musyawarah Nasional Pembangunan, untuk menghasilkan rencana pembangunan yang menyeluruh untuk jangka panjang.
  7. Pembubaran Uni Indonesia-Belanda untuk melepaskan diri dari keterikatan ekonomi dengan Belanda.

Dengan demikian Ekonomi Indonesia pada masa ekonomi liberal menghadapi banyak permasalahan seperti meningkatnya biaya hidup dan hutang. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Dan pemerintah Indonesia berusaha mengatasi masalah ini dengan melaksanakan berbagai program.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada November 1945, pemerintah Belanda melakukan blokade terhadap Indonesia. Salah satu tujuan tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Setelah kemerdekaan Indonesia, Belanda berambisi ingin menguasai kembali wilayah Indonesia. Keinginan untuk menguasai Indonesia terlihat jelas ketika Belanda melakukan blokade ekonomi sejak bulan November 1945. Dalam pelaksanaannya, Belanda memusatkan blokade di jalur perdagangan laut. Tujuan Belanda untuk melakukan blokade ekonomi antara lain untuk mencegah masuknya senjata dan peralatan militer ke Indonesia.

Dengan demikian salah satu tujuan blokade ekonomi yang dilakukan Belanda adalah untuk untuk mencegah masuknya senjata dan peralatan militer ke Indonesia.

0

Roboguru

Pada 1946 pemerintah Indonesia bersama Bank Negara Indonesia (BNI) memprakarsai ber­dirinya Banking and Trading Corporation (BTC). Pemimpin BTC yaitu ...  dan ....

Pembahasan Soal:

Dr. Soemitro Djojohadikusumo dan Dr. Ong Eng Die adalah dua tokoh yang memimpin BTC diawal kemerdekaan. BTC sendiri didirikan dengan tujuan untuk erusahaan pemerintah untuk mengawasi seluruh kegiatan perdagangan ke luar atau masuk daerah Republik Indonesia. Dengan demikian Dr. Soemitro Djojohadikusumo dan Dr. Ong Eng Die adalah tokoh yang memimpin BTC.undefined 

0

Roboguru

Pemerintah RI pada bulan Oktober 1946 memberlakukan mata uang ORI karena....

Pembahasan Soal:

Pemerintah Indonesia memberlakukan Oeang Republik Indonesia (ORI) secara resmi pada tanggal 30 Oktober 1946. Diresmikan dan diberlakukannya ORI bertujuan untuk membangun perekonomian Indonesia yang dipicu oleh keadaan ekonomi dan politik Indonesia yang memburuk pada masa itu. Banyaknya mata uang yang beredar sehingga diperlukannya regulasi pemberlakuan mata uang tunggal untuk menstabilkan kondisi ekonomi. Pemerintah memandang perlu untuk mengeluarkan uang sendiri yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah tetapi juga sebagai lambang utama negara merdeka.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut!   Masalah yang dibahas dalam Konferensi Ekonomi II pada 6 Mei 1946 ditunjukkan oleh kombinasi ....

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Perhatikan keterangan berikut!   Bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi jangka pendek. Di inisiasi oleh Menteri Kemakmuran A.K. Gani. Keterangan di atas merujuk pada salah satu upaya peme...

Pembahasan Soal:

Salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam mengatasi masalah perekonomian pada masa awal kemerdekaan adalah dengan membentuk Financial Boarding. Program ini diinisiasi oleh Menteri Kemakmuran A.K. Gani dan bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi jangka 2-3 tahun.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved