Roboguru

Pada awalnya norma terbentuk secara tidak sengaja, namun lama-kelamaan norma-norma tersebut dibuat secara bersama-sama untuk tujuan tertentu. Berikut ini adalah beberapa macam norma yang tumbuh dalam masyarakat, kecuali ....

Pertanyaan

Pada awalnya norma terbentuk secara tidak sengaja, namun lama-kelamaan norma-norma tersebut dibuat secara bersama-sama untuk tujuan tertentu. Berikut ini adalah beberapa macam norma yang tumbuh dalam masyarakat, kecuali ....undefined 

  1. norma cara (usage)undefined 

  2. norma kebiasaan (folkways)undefined 

  3. norma tata kelakuan (mores)undefined 

  4. norma adat istiadat (custom)undefined 

  5. norma tindakan (action)undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan jenis-jenis norma sosial di lingkungan masyarakat. 

Dalam kehidupan sosial pasti masyarakat memiliki nilai-nilai sosial dalam mengukur tingkahlaku dan tindakan masyarakat. Dalam nilai sosial akan berkebang menjadi aturan-aturan yang disebut norma sosial yang merupakan Petunjuk  yang harus dijalankan dalam kehidupan masyarakat berisi perintah, larangan, dan anjuran untuk mengatur tindakan dan perilaku masyarakat Sehingga norma sosial  yang membatasi perilaku manusia dalam kehidupan bersama agar dapat mencapai fungsinya untuk keselarasan dan keharmonisan masyarakat. Dalam pembentukannya  awalnya norma terbentuk secara tidak sengaja, namun lama-kelamaan norma-norma tersebut dibuat secara bersama-sama untuk tujuan tertentu. Berikut ini adalah beberapa macam norma yang tumbuh dalam masyarakat :

  1. Norma cara (usage), terlihat pada perbuatan individu dalam masyarakat. Contohnya membuang sampah sembarangan, bersendawa dll.  Sanksi bila melakukan penyimpangan dalam norma cara berupa celaan , tidak akan mendapatkan hukuman berat. 

  2. Norma kebiasaan (folksway), adalah perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dalam bentuk yang sama. Contohnya tidak sopan terhadap orang tua,  Sanksi sosial bila melanggar norma kebiasaan berupa teguran.

  3. Norma tata kelakuan (mores),  norma yang bersumber kepada filsafat, ajaran agama atau ideology yang dianut oleh masyarakat.maka di dalamnya sudah terdapat unsur pengawasan. Contohnya  larangan berzina, berjudi, minum minuman keras. Sanksi sosial, dikucilkan dari lingkungan sosial hingga hukuman dalam lembaga hukum. 

  4. Norma adat istiadat (customs), Tata kelakuan yang semakin kuat mencerminkan kekuatan pola kelakuan masyarakat yang mengikat para anggotanya.Contoh pelaksanaan bersih desa pada suatu daerah. Jika di lannggar maka pada kelompok masyarakat tertentu percaya akan mendapatkan musibah dari nenek moyang mereka sebagai sanksi.

Sehingga yang tidak termasuk ke dalam norma yang tumbuh dalam masyarakat adalah norma tindakan (action).

Jadi, jawaban yang tepat adalah Espace space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Anak mencium tangan orang tuanya sebelum berangkat sekolah, merupakan contoh dari tingkatan norma?

Pembahasan Soal:

Norma meurpakan aturan atau ketentuan yang dibuat berdasarkannilai yang dijunjung oleh masyarakat yang bersifat mengikat dan mengatur anggota masyarakat. Berdasarkan tingkatannya norma dibagi menjadi empat sebagai berikut.

  1. Cara (usage). Norma yang paling lemah daya ikatnya dan orang yang melanggar norma ini akan mendapat ejekan atau cemooh dan sanksi berupa teguran. Contoh: makan dengan berdiri, meludah di sembarang tempat.
  2. Kebiasaan (folkways). perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang yang menjadi bukti bahwa orang yang melakukannya menyadari dan menyukai perilaku tersebut. Contoh: mengetuk pintu sebelum masuk ke rumah,
  3. Tata kelakuan (mores). aturan yang diterima masyarakat dan secara sadar maupun tidak sadar dijadikan sebagai alat kontrol atau pengawas bagi anggota masyarakat. Contoh: larangan minum-minuman keras, larangan mencuri.
  4. Adat istiadat (custom). Norma yang tidak tertulis tetapi memiliki snaksi yang tegas bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Sanksinya dapat berupa penolakan dari masyarakat. Contoh: perzinaan yang mengakibatkan kedua pelaku diusir dari desa.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah kebiasaan (folkways). space

Roboguru

Tasya menghadiri resepsi pernikahan temannya. Pesta pernikahan temannya menerapkan model standing party (makan sambil berdiri). Dalam tradisi atau kebiasaan masayarakat tradisional, perilaku tersebut ...

Pembahasan Soal:

Norma kesopanan yaitu aturan hidup bermasyarakat tentang tingkah laku yang baik dan tidak baik baik, patut dan tidak patut dilakukan, yang berlaku dalam suatu lingkungan masyarakat atau komunitas tertentu. Norma ini biasanya bersumber dari adat istiadat, budaya, atau nilai-nilai masyarakat.

Roboguru

Jenis - jenis norma yang tidak termasuk dari klarifikasi norma dalam masyarakat adalah ....

Pembahasan Soal:

Norma sosial menurut aspek - aspeknya yang ada dalam masyarakat yaitu :

  1. Norma agama
  2. Norma kesusilaan
  3. Norma kesopanan
  4. Norma kebiasaan
  5. Norma hukum

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.space space space

Roboguru

Sebutkan macam-macam norma!

Pembahasan Soal:

Norma Sosial adalah sebuah kebiasaan umum atau aturan yang menjadi pedoman perilaku yang sudah ada dalam suatu kelompok masyarakat dan memiliki batasan wilayah tertentu.

Macam-macam norma sosial dikelompokkan menjadi dua, yaitu berdasarkan tingkatan sanksinya dan berdasarkan sumbernya. Berikut macam-macam norma sosial:

  • Berdasarkan Tingkatan Hukuman/Sanksi:
  1. Cara (usage), perbuatan atau perilaku yang dilakukan seseorang dalam sebuah kelompok masyarakat, tetapi tidak dilakukan secara terus menerus.
     
  2. Kebiasaan (folkways), perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dan memiliki tujuan jelas yang dianggap baik (benar).
     
  3. Tata kelakuan (mores), aturan-aturan yang telah diterima oleh masyarakat.
     
  4. Adat Istiadat (custom), kumpulan tata kelakuan yang bersifat kekal dan menyatu sangat kuat dengan masyarakat yang menganutnya.
  • Berdasarkan Sumber:
  1. Norma Agama, bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa.
     
  2. Norma Kesusilaan (Norma Moral), bersumber dari hati nurani manusia.
     
  3. Norma Kesopanan, bersumber dari pergaulan seseorang di masyarakat.
     
  4. Norma Hukum, norma yang didasarkan pada undang-undang tertulis yang dibuat secara resmi oleh badan negara.
     
  5. Norma Kebiasaan (Norma Kelaziman), bersumber dari tradisi budaya masyarakat.space space 
Roboguru

Andi seorang pelajar SMA, setiap pagi Andy selalu serapan dari rumah sebelum pergi kesekolah, bagi nya serapan kesekolah sebuah kebiasaan dan tanpa pertimbangan dalam melakukannya. Dalam hal tersebut ...

Pembahasan Soal:

Norma kebiasaan : suatu bentuk perbuatan yang dilakukan secara terus menerus dengan bentuk yang sama, seacara sadar dengan tujuan yang jelas dan dianggap baik dan benar. Sehingga, tindakan yang dilakukan oleh Andy termasuk kedalam tindakan dalam menjalankan Norma Kebiasaan. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved