Roboguru

Pada awal kemerdekaan Indonesia berhasil melaksanakan Konferensi Asia Afrika pada masa kabinet Ali Sastroamidjojo I. Peran Indonesia pada pelaksanaan KAA I tersebut yaitu....

Pertanyaan

Pada awal kemerdekaan Indonesia berhasil melaksanakan Konferensi Asia Afrika pada masa kabinet Ali Sastroamidjojo I. Peran Indonesia pada pelaksanaan KAA I tersebut yaitu....

  1. Penggagas dan Pengisi Kegiatan

  2. Penggagas dan tuan rumah

  3. Tuan rumah dan Pemimpin Konferensi

  4. Penggagas dan pemimpin Konferensi

Pembahasan Soal:

Pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika yang dilaksanakan di Bandung pada tahun 1955 menghasilkan Dasasila Bandung. Penyelenggara Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 adalah lima negara dalam Konferensi Kolombo sekaligus peserta Konferensi Panca Negara. Adapun lima negara penggagas Konferensi Asia Afrika adalah, Indonesia diwakili oleh Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo, kemudian Ceylon (Srilanka) diwakili oleh Perdana Menteri Sir John Kotelawala, lalu Burma (Myanmar) diwakili oleh Perdana Menteri U Nu, kemudian Pakistan Perdana Menteri Mohammed Ali, dan India diwakili oleh Perdana Menteri Jawaharlal Nehru.

Maka, jawaban yang paling tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Purnasih

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada masa Demokrasi Liberal perhatian pemerintah Indonesia terhadap pendidikan masih rendah. Indikator yang mendukung pernyataan tersebut adalah.....

Pembahasan Soal:

Dapat dikatakan pada masa ini stabilitas politik menjadi sesuatu yang langka, demikian halnya dengan program yang bisa dijadikan tonggak, tidak bisa dideskripsikan dengan baik. Selama masa demokrasi liberal, sekitar sembilan tahun, telah terjadi tujuh kali pergantian kabinet. Kabinet Natsir yang terbentuk tanggal 6 September 1950, menunjuk Dr. Bahder Johan sebagai Menteri Pengajaran Pendidikan dan Kebudayaan (PP dan K). Mulai bulan April 1951 Kabinet Natsir digantikan Kabinet Sukiman yang menunjuk Mr. Wongsonegoro sebagai Menteri PP dan K. Selanjutnya Dr. Bahder Johan menjabat Menteri PP dan K sekali lagi, kemudian digantikan Mr. Mohammad Yamin, RM. Soewandi, Ki Sarino Mangunpranoto, dan Prof. Dr. Prijono. Pada periode ini, kebijakan pendidikan merupakan kelanjutan kebijakan menteri periode sebelumnya. Yang menonjol pada era ini adalah lahirnya payung hukum legal formal di bidang pendidikan yaitu UU Pokok Pendidikan Nomor 4 Tahun 1950.

Maka, jawabannya adalah C.

0

Roboguru

Pernyataan berikut yang sesuai dengan kondisi negara RIS adalah....

Pembahasan Soal:

KMB yang digelar pada 23 Agustus hingga 2 November 1949 di Den Haag, Belanda tersebut berlangsung alot. Hasilnya terbentuk RIS dan Belanda mengakui kedaulatan kepada Indonesia kapada RIS tanpa syarat apa pun. Penyerahan kekuasaan formal dari Kerajaan Belanda kepada RIS pada 27 Desember 1949 di Jakarta yang diwakiliki Sri Sultan Hamengku Buwono IX selaku pejabat RIS. Dikutip situs Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Presiden RIS Soekarno kemudian membentuk kabinet pertamanya. Perdana Menteri merangkap menteri luar negeri RIS adalah Moh Hatta. RIS terdiri ada beberapa negara bagian dan itu dibentuk oleh Belenda, seperti Indonesia Timur, Sumatera Timur, Madura, Pasundan, Sumatera Selatan, dan Jawa Timur. Konstitusi RIS diubah menjadi Undang-Undang Dasar Sementara Republik Indonesia (yang selanjutnya dikenal sebagai UUDS 1950) berdasarkan UU RIS Nomor 7 Tahun 1950.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Pemangku jabatan presiden Republik Indonesia pada masa RIS adalah....

Pembahasan Soal:

Setelah perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB) 27 Desember 1949, Mr. Assaat diamanatkan menjadi Pelaksana Tugas Presiden Republik Indonesia di Yogyakarta hingga 15 Agustus 1950. Dengan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, jabatannya sebagai Penjabat Presiden RI pada Agustus 1950 selesai, demikian juga jabatannya selaku ketua KNIP dan Badan Pekerjanya. Sebab pada bulan Agustus 1950, negara-negara bagian RIS melebur diri dalam Negara Kesatuan RI.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Penyebab terjadinya ketidakstabilan politik setelah Pemilu 1 tahun 1955 adalah...

Pembahasan Soal:

Pada Pemilu Konstituante tahun 1955, yang menggunakan hak pilihnya adalah sekitar 89,33% dari daftar pemilih tetap. Surat suara sah sebesar 87,77% alias lebih besar sedikit ketimbang Pemilu parlemen sebesar 87,65%. Total penduduk Indonesia berdasarkan statistik Panitia Pemilihan Indonesia tahun 1955 ada 77.987.879 (77 juta). Sebanyak 45,6% populasi hidup di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pemilu Parlemen memperebutkan 257 kursi di DPR, diikuti 36 partai politik, 34 organisasi, dan 48 calon perorangan. Pemilu Konstituante memperebutkan 514 kursi, diikuti 39 partai politik, 23 organisasi dan 29 perorangan. Pemilu ini memunculkan empat besar partai pemenang, yakni juara pertama PNI, disusul Masyumi, Nahdlatul Ulama (NU), dan PKI.

Jadi, jawabannya adalah D.

0

Roboguru

Mengapa Belanda mengakui kedaulatan Indonesia dalam bentuk federasi?

Pembahasan Soal:

Dalam perundingan yang dikenal dengan nama De Ronde Tafel Conferentie (RTC), kemudian orang Indonesia menyebutnya Konferensi Meja Bundar (KMB) itu, Belanda sepakat melepas cengkeraman kekuasaannya atas Indonesia, mengakui kedaulatan Indonesia dalam bentuk negara federasi. Kesepakatan KMB ini ditandatangani pada 27 Desember 1949. KMB bermula dari tersudutnya posisi Belanda di kancah politik internasional akibat Agresi Militer II pada 18 Desember 1948 yang mereka nyatakan sebagai 'aksi polisionil' atau ‘pemulihan keamanan’. Dalam sehari saja, Belanda berhasil menduduki ibu kota Republik Indonesia, Yogyakarta, dan menangkap para pemimpin Republik, di antaranya Sukarno, Hatta, Agus Salim, serta seluruh jajaran kabinet yang berada di tempat. Penangkapan pemimpin Republik merupakan keuntungan besar bagi Indonesia. Meski secara militer Indonesia tidak punya kekuatan seimbang dibandingkan Belanda, peristiwa ini menjadi titik balik keberpihakan dunia kepada Indonesia. Atas desakan ini Belanda akhirnya mengakui kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada bulan Desember 1949 dan antara RIS dan Kerajaan Belanda akan diadakan hubungan Uni Indonesia-Belanda yang akan diketuai Ratu Belanda. 

Dengan demikian, alasan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia dalam bentuk federasi karena dilakukannya perjanjian Konferensi Meja Bundar sehingga status Indonesia menjadi Republik Indonesia Serikat.

 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved